Steven Spielberg cenderung menghindari untuk mengarahkan film bergenre komedi langsung. Tapi, bukan berarti film-film yang ia buat  tidak lucu.

Steven Spielberg saat ini sedang bersiap menerima gebrakan Oscar dan beberapa ulasan terbaiknya sepanjang masa untuk drama dewasanya yang berjudul The Fabelmans. Sejak lelucon Perang Dunia II 1941 menjadi bom kritis dan komersial pertama dalam karirnya, Spielberg cenderung menghindari untuk mengarahkan film bergenre komedi langsung. Tapi, bukan berarti film-film yang ia buat tidak lucu.

Meski tidak bergenre komedi, namun Spielberg selalu membumbui film atau serinya dengan humor. Dari Catch Me If You Can hingga satu kalimat sindiran di film Indiana Jones dan humor kering Coen bersaudara dari Bridge of Spies, Spielberg telah memimpin banyak film lucu sepanjang karirnya. Nah, berikut ini 10 film terlucu yang pernah dibuat oleh Spielberg menurut ScreenRant (25/11).

10. The Adventures Of Tintin (2011)

Spielberg menguji kreativitasnya pada animasi bergerak dengan menghidupkan cerita klasik Hergé di The Adventures of Tintin. Film ini mengisahkan dinamika “pasangan aneh” antara Tintin dan Kapten Haddock yang dibalut dengan aksi dan humor. Film ini juga menampilkan duo detektif kikuk Thomson dan Thompson, yang diperankan oleh Nick Frost dan Simon Pegg.

9. The BFG (2016)

Adaptasi anggaran besar Spielberg dari The BFG mungkin tidak menjadi hit besar ketika dirilis. Ini berfokus pada raksasa yang diusir oleh raksasa lain dan berteman dengan sesama orang luar, anak yatim piatu. Seperti kisah Roald Dahl lainnya, kisah fantasi ringan ini diceritakan dengan humor yang tinggi. Berkat penggambaran hangat Mark Rylance, raksasa tituler itu sangat dicintai.

8. Raiders Of The Lost Ark (1981)

Mahakarya yang memperkenalkan Indiana Jones kepada dunia ini disebut-sebut sebagai salah satu karya terbaik dalam genre aksi-petualangan. Raiders of the Lost Ark memiliki banyak aksi menakjubkan dan urutan petualangan yang diedit dengan cermat, tetapi juga dibumbui komedi. Indy memiliki banyak momen lucu di antara set-piece aksi lama Raiders.

7. The Terminal (2004)

Spielberg membuat drama mengharukan The Terminal yang dibintangi Tom Hanks sebagai turis yang harus tinggal di Bandara John F. Kennedy, ketika perang saudara pecah di negaranya sendiri dan ditolak masuk ke Amerika Serikat. Meskipun memiliki nada film yang dramatis, namun Spielberg tidak lupa membumbui humor unik pada karyanya ini.

6. 1941 (1979)

Satu-satunya komedi langsung dalam karir Spielberg adalah 1941. Ini sama sekali tidak seburuk reputasinya seperti penyutradaraan pertamanya. Lelucon komedi kelam ini berfokus pada reaksi panik Los Angelenos terhadap serangan di Pearl Harbor.

5. Indiana Jones And The Temple Of Doom (1984)

Dengan penjahat kultus dan pengorbanan ritual yang mengerikan, prekuel Indiana Jones And The Temple Of Doom terkenal sebagai petualangan paling gelap dan paling mengerikan di waralaba. 

Namun, masih ada humor khas dari seri ini berkat kepekaan komedi Spielberg. Contohnya, prasmanan makan malam yang menyajikan otak monyet, set-piece liar seperti melarikan diri dari kecelakaan pesawat di perahu, dan sidekick muda yang tidak sengaja membuat jebakan dengan bersandar di dinding.

4. Bridge of Spies (2015)

Ini merupakan film thriller Perang Dingin yang menceritakan kisah nyata seorang pengacara Amerika yang membela mata-mata Soviet dengan menyamar dan menengahi pertukaran tahanan. Film ini penuh dengan ketegangan, tetapi juga menggunakan komedi untuk membuat kemistri karakter lebih nyata.

3. Jurassic Park (1993)

Spielberg memecahkan rekor film terlaris yang pernah dibuat untuk ketiga kalinya lewat film Jurassic Park. Secara garis besar, Jurassic Park adalah film monster yang intens. Tetapi memiliki banyak momen komedi.

2. Indiana Jones And The Last Crusade (1989)

Petualangan Indiana Jones ketiga bisa dibilang yang paling lucu di seluruh seri. Indiana Jones and the Last Crusade menampilkan Indy (Harrison Ford) berpasangan dengan ayahnya, sesama petualang yang diperankan oleh Sean Connery. Spielberg menciptakan penjajaran histeris antara bahaya yang mengancam jiwa di tangan Nazi dan pertengkaran terus-menerus antara ayah dan anak yang terasing yang mencoba bergaul sepanjang perjalanan.

1. Catch Me If You Can (2002)

Catch Me If You Can adalah kisah kucing dan tikus lucu yang dibintangi Leonardo DiCaprio sebagai penipu muda dan Tom Hanks sebagai agen FBI. Setelah kegagalan box office tahun 1941, Catch Me If You Can adalah proyek terdekatnya yang berbau komedi dan dengan mudah menjadi film terlucu Spielberg.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.