Terbaik.co.id-Tidak terasa saat ini telah tiba bulan Oktober 2022. Salah satunya merupakan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Jumat, 28 Oktober 2022. Hari tersebut sangat berarti untuk bangsa Indonesia lantaran sejarah Sumpah Pemuda begitu krusial untuk perjuangan merebut kemerdekaan.

Hari tersebut sangat berarti untuk bangsa Indonesia lantaran sejarah Sumpah Pemuda begitu krusial untuk perjuangan merebut kemerdekaan.

Tidak heran, bila tiap tahunnya senantiasa banyak kegiatan buat memeringati Sumpah Pemuda.

Mulai dari pembacaan puisi Sumpah Pemuda sampai aktivitas lomba membuat bacaan pidato sumpah pemuda antar sekolah.

Kalian semua pasti sedang mencari referensi pidato tentang sumpah pemuda kan?

Berikut sebagian contoh pidato Sumpah Pemuda yang singkat,padat dan jelas :

BACA JUGA : TUGAS SEKERTARIS OSIS

Contoh Pidato Sumpah Pemuda Singkat

1. Tentang Pidato Sumpah Pemuda Mengundang Semangat

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Yang awal saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT sebab sudah membagikan nikmat dan karunia- Nya yang begitu banyak. Tidak lupa pula untuk senantiasa bershalawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW Suri tauladan umat.

Hadirin sekaligus yang saya hormati,

Untuk mengenang kembali hari Sumpah Pemuda marilah kita merenungkan diri, Apakah kita telah berkontribusi dengan baik buat negeri ini? Apakah kita mempunyai semangat kebangsaan yang besar? Apakah negeri ini telah sangat kuat dan kokoh?

Hadirin sekaligus, selaku pemuda pemudi bangsa dan yang mempunyai jiwa muda telah sepatutnya kita bersatu membangkitkan bangsa.

Perihal ini cocok dengan filosofi Sumpah Pemuda yang ialah perjuangan dari para pemuda demi persatuan Indonesia.

Tetapi sayangnya, para pemudi serta pemuda Indonesia kurang mempunyai jiwa pejuang serta rasa nasionalisme dan patriotisme.

Perihal ini bisa dibuktikan dari banyaknya permasalahan kenakalan serta kriminal yang dicoba oleh para pemuda, sementara itu para pemuda ini mempunyai kedudukan yang berarti untuk bangsa serta negeri.

Sahabat seperjuangan, alangkah baiknya kita menjajaki jejak pemuda terdahulu yang membela negeri Indonesia mati- matian. Mereka rela mempertaruhkan waktu, tenaga, benak apalagi nyawanya demi kemerdekaan.

Walaupun dikala ini negeri Indonesia telah merdeka, Tetapi perjuangan tidak boleh menyudahi. Kita butuh gencarkan kembali semangat anak muda buat membangun negeri Indonesia jadi lebih baik lagi.

Mulai dari saat ini, kita wajib dapat memilah area serta pergaulan yang positif supaya tidak terjerumus dengan aktivitas yang negatif serta mengganggu diri. Dan mulai membangun kedekatan dengan orang- orang yang bawa pengaruh baik.

Demikian pidato yang aku bawakan hari ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Teks Pidato Sumpah Pemuda Tentang ikrar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Saudara- saudaraku sebangsa serta setanah air, yang berbahagia.

Dengan memanjatkan puja serta puji syukur kehadirat Allah SWT sebab pada pagi hari ini, kita dapat berkumpul di tempat ini untuk memeringati Hari Sumpah Pemuda.

Saudara- saudara sebangsa serta setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Pagi ini tepatnya pada 28 Oktober 2020, segenap susunan bangsa Indonesia memeringati Hari Sumpah Pemuda. Bertepatan pada tersebut memiliki makna terutama dalam sejarah bangsa, sebab generasi muda mengadakan kongres II di Jakarta untuk mengikrarkan sumpah sakti yang mengikat persatuan serta kesatuan bangsa. Ada pula isi sumpah para pemuda tersebut yakni.

Kami putra putri bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia.
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia.

Seperti itu ikrar Sumpah Pemuda, yang sudah diketahui oleh seluruh susunan bangsa Indonesia. Dengan memeringati Hari Sumpah Pemuda, yang terutama untuk kita seluruh merupakan hendaknya kita menjadi pemuda yang aktif dalam turut berpartisipasi dalam pembangunan pada masa saat ini ini.

Saudara- saudara sebangsa serta setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Demikian pidato saya dalam peringatan hari Sumpah Pemuda, mudah- mudahan generasi muda terus menjadi semangat dalam melakukan bermacam kegiatan yang positif. Kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar- besarnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

BACA JUGA : PBVSI ADALAH INDUK ORGANISASI DARI CABANG OLAHRAGA

3. Pidato Sumpah Pemuda Tentang Memaknai Perjuangan

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh, salam sejahtera untuk kita semua.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan sebab sudah diberikan kita peluang kali ini bisa berkumpul di lapangan sekolah ini untuk memeringati hari Sumpah Pemuda.

Terima kasih untuk sahabat serta para karyawan yang sudah membantu menyelenggarakan kegiatan ini sehingga kegiatan ini berlangsung.

Kerap kita dengar kalau bertepatan pada 28 Oktober itu merupakan Hari Sumpah Pemuda namun apakah kita ketahui arti Hari Sumpah Pemuda.

Bertepatan pada 28 Oktober di sebut Hari Sumpah Pemuda sebab sebagian tahun yang silam Negeri kita masih dijajah, yang setelah itu para pemuda Indonesia bersatu untuk melawan penjajah.

Bersatunya para pemuda di Indonesia ini membuat para penjajah menyangka perihal ini selaku ancaman sehingga terjalin lah perang antara para pemuda dengan penjajah.

Pada peristiwa tersebut sudah banyak mempertaruhkan banyak nyawa para penerus bangsa kita serta para pahlawan yang berjuang untuk memerdekakan Negeri kita.

Tumpah darah mereka tidak menjadi sia sia, karena mereka Negeri kita bisa menjadi merdeka semacam saat ini. Tidak terdapat penjajah lagi di Negeri kita.

Kesan saya sendiri Negeri kita masih belum merdeka disebabkan Negeri kita masih dilanda kebodohan ataupun bisa kita simpulkan kalau Negeri kita masih rendah tingkatan pendidikannya.

Oleh sebab itu, kita selaku penerus bangsa yang baik wajib tingkatkan mutu belajar serta turut membantu orang- orang yang kesulitan dalam permasalahan pembelajaran dengan metode mengajar ataupun menyumbangkan novel kepada yang tidak sanggup membelinya.

Sekian dari saya yang bisa saya ucapkan apabila terdapat perkata yang tidak enak dihati, saya ucapkan maaf yang sebesar besarnya. Terima kasih atas atensi penuh yang diberikan sahabat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Semoga bermanfaat untuk kalian.

BACA JUGA :
CONTOH KATA KONJUNGSI KUALITAS
PENGELUARAN JERMAN
CONTOH KULTUM SINGKAT TENTANG KEBAIKAN