Beijing: Sejumlah pelancong mulai berdatangan ke Tiongkok via jalur darat dan laut dari Hong Kong pada Minggu, 8 Januari 2023. Banyak dari mereka ingin segera bertemu keluarga masing-masing, yang kini dapat terwujud setelah Tiongkok membuka perbatasannya dengan Hong Kong setelah tiga tahun ditutup akibat pandemi Covid-19.
 
Daratan utama Tiongkok akhirnya membuka perbatasan dan mencabut persyaratan karantina bagi semua orang yang datang dari Hong Kong. Pencabutan ini merupakan bagian akhir dari kebijakan “Nol-Covid” yang sempat membuat Tiongkok benar-benar tertutup dari dunia luar.
 
Tiongkok mencabut kebijakan “Nol-Covid” bulan lalu, setelah terjadinya gelombang unjuk rasa yang mengecam berbagai pembatasan Covid-19. Pencabutan kebijakan disambut gembira, walau memicu lonjakan kasus harian Covid-19, terutama di kalangan orang lanjut usia.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya sangat senang. Saya sudah lama tidak bertemu orang tua saya,” kata seorang warga Hong Kong bernama Teresa Chow, sesaat sebelum ia dan sejumlah pelancong lain hendak menyeberang ke Tiongkok dari titik perbatasan Lok Ma Chau.
 
“Orang tua saya sedang tidak sehat, dan saya tidak bisa menjenguk mereka sebelumnya. Saya sangat senang bisa pulang dan bertemu mereka,” ungkapnya, melansir dari laman The Telegraph Online.
 
Para investor berharap pembukaan kembali perbatasan Tiongkok pada akhirnya dapat menghidupkan kembali perekonomian Negeri Tirai Bambu yang sempat mengalami pertumbuhan terendah dalam hampir setengah abad.
 
Pembukaan perbatasan Tiongkok dan Hong Kong dilakukan setelah dimulainya “chun yun,” istilah untuk periode mudik Tahun Baru Imlek pada Sabtu kemarin.
 
Mudik Imlek kali ini menjadi yang pertama dilakukan di Tiongkok tanpa pembatasan perjalanan sejak era pandemi 2020.
 
Jumat kemarin, Kementerian Transportasi Tiongkok memperkirakan ada lebih dari 2 miliar orang yang akan melakukan mudik Imlek dalam 40 hari ke depan.
 
Sebagian warga antusias menyambut musim mudik Imlek tahun ini, walau ada juga sejumlah orang yang memilih untuk tidak pulang kampung.
 
Baca:  Mudik Imlek Tiongkok Dimulai di Tengah Bayang-Bayang Covid-19
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 

(WIL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.