Ilustrasi bisnis online. Foto: Elements Envato

GenPI.co – Di era digital ini, strategi-strategi marketing baru mulai bermunculan untuk membuat bisnis bertahan dan naik kelas.

Seiring dengan banyaknya inovasi cara berjualan, strategi marketing 4P pun perlu bertransformasi menjadi 4C yaitu Co-Creation, Currency, Communal Activities, Conversation.

Marketing 4C sebenarnya berfokus pada manfaat produk untuk kebutuhan konsumen dengan memberikan pengalaman langsung.

BACA JUGA:  Bangkrut Karena Judi Online, Arfin dan Istri Bangkit, Omzet Bisnis Rp 300 Juta

Digital Marketing Enthusiasts Nurdin Hoerrudin bersama Ninja Xpress kini mengajak kamu untuk lebih memahami marketing 4C dan penerapannya untuk bisnis biar jualan makin laris. 

1. Co-Creation: Membuat Produk dengan Melibatkan Konsumen

Strategi marketing 4P memfokuskan pada pelaku usaha untuk menciptakan produk yang terbaik, sedangkan 4C mendorong kita untuk menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen (co-creation).

BACA JUGA:  Tinggalkan Gaji Besar di BUMN, Raka Bisnis Keripik Kentang, Hasilnya Gede

Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui keinginan konsumen sehingga dapat membantu pengembangan produk dan juga pengembangan strategi positioning produk.

Berdasarkan riset Revees and Knell, konsumen akan lebih suka atau tertarik apabila mereka bisa memiliki produk yang mereka rancang/desain sendiri.

2. Currency: Melihat Kondisi Konsumen dalam Menentukan Harga

BACA JUGA:  Diejek Karena Miskin, Lulu Laila Bisnis Donat Kekinian, Banjir Cuan

Agar persaingan antar usaha lebih ketat, Anda pasti akan menetapkan harga yang kompetitif di pasar. Namun pada marketing 4C, Anda perlu mempertimbangkan kondisi finansial konsumen dan kondisi mata uang yang dimana produk Anda diperjualbelikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.