3 menit

Terdapat contoh teks diskusi tentang pendidikan untuk keperluan tugas, rapat OSIS, rapat organisasi, dan lain-lain. Cari tahu selengkapnya di artikel ini!

Sebagian orang mungkin pernah melakukan diskusi di sekolah maupun luar sekolah.

Umumnya, diskusi melibatkan dua orang atau lebih untuk membahas topik tertentu.

Dengan melakukan diskusi, kamu bisa memecahkan suatu persoalan.

Namun, sebelum berdiskusi, ada baiknya kamu menyiapkan lebih dulu teks diskusi singkat.

Teks diskusi adalah jenis tulisan yang berisi paparan dari suatu permasalahan, pendapat, dan kesimpulan dari topik yang sedang dibahas.

Kali ini Berita 99.co Indonesia akan menyuguhkan contoh teks diskusi tentang pendidikans singkat.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa contoh teks diskusi tentang pendidikan beserta strukturnya!

5 Contoh Teks Diskusi tentang Pendidikan Singkat Beserta Strukturnya

1. Contoh Teks Diskusi tentang Eskul Sekolah

Isu

Saat ini instansi pendidikan tidak hanya memberikan fasilitas untuk mengembangkan kemampuan kognitif saja. Pasalnya, di sekolahan terdapat kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh seluruh siswa.

Kegiatan ekstrakurikuler diadakan di luar jam pelajaran dan para siswa dapat memilih kegiatan yang mereka inginkan.

Argumen

Sebagian pihak tidak mendukung dengan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Alasannya, kegiatan pembelajaran di sekolahan sudah penuh waktu dari pagi hingga sore sehingga belajar merasa lelah.

Kegiatan ekstrakurikuler hanya memberikan beban tambahan bagi belajar sehingga tidak ada waktu untuk istirahat.

Meskipun demikian, sebagian orang lainnya setuju dengan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler.

Bagaimanapun juga, siswa tidak hanya membutuhkan pengetahuan saja, melainkan harus mengembangkan bakat dan minat mereka. Baik kemampuan akademik maupun non akademik perlu diseimbangkan.

Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler juga menjadi salah satu wadah untuk refreshing bagi pelajar setelah mengikuti kegiatan pembelajaran selama seharian.

Kesimpulan

Dari beberapa pendapat tersebut, dapat diambil garis tengah bahwa kegiatan ekstrakurikuler pasti diadakan oleh setiap instansi pendidikan.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan dan tujuan. Para siswa boleh memilih untuk ikut atau tidak dalam kegiatan tersebut.

Namun, alangkah baiknya, siswa memanfaatkan wadah ini untuk mengeksplorasi diri mereka sehingga memiliki kualitas yang bagus, baik sisi akademik maupun non akademik.

**Sumber: deckarenas.com

2. Contoh Teks Diskusi tentang Sekolah Full Day

Sumber: mapel.id

3. Teks Diskusi tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Isu

Tidak diragukan lagi media sosial sekarang menjadi bagian dari gaya hidup di era informasi. Kita dapat melakukan berbagai hal menggunakan media sosial, baik positif maupun negatif.

Namun secara umum, jejaring sosial digunakan untuk memenuhi kebutuhan sosial orang, yaitu untuk berkomunikasi dengan orang lain, baik dengan orang terdekat maupun dengan orang dari belahan dunia lain.

Karena kebutuhan sosial ini, banyak orang sekarang memiliki akun media sosial sebagai sarana komunikasi.

Argumen

Salah satu lingkaran yang juga sering menggunakan jejaring sosial adalah siswa. Ini masih diskusi, mengingat banyak manfaat menggunakan media sosial di kalangan siswa, seperti meningkatkan kreativitas dan membantu proses pembelajaran.

Namun di sisi lain, media sosial juga memiliki dampak negatif, yang salah satunya sering digunakan sebagai sarana bullying atau melecehkan siswa lain.

Tentu saja, kita sering mendengar atau melihat di media bahwa ada sekelompok siswa yang menganiaya teman-teman mereka. Pelecehan terjadi tidak hanya di sekolah, tetapi juga di dunia maya.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, dampak bullying di dunia maya dapat menyebabkan cedera yang jauh lebih serius.

Lebih buruk lagi, ini dapat menyebabkan siswa yang menjadi korban pelecehan melakukan bunuh diri karena mereka tidak tahan dengan apa yang telah mereka alami.

Kesimpulan

Untuk mengatasi ini, orang tua lebih baik memberi anak-anak mereka pemahaman yang mendalam tentang apa itu media sosial, serta aspek positif dan negatif mereka.

Selain itu, tidak ada yang salah dengan kenyataan bahwa orang tua juga pengikut di jejaring sosial yang dimiliki oleh anak-anak mereka.

Ini dimaksudkan untuk mengendalikan kegiatan anak-anak mereka. Memberikan pemahaman yang baik dan kontrol yang terukur, bagaimana orang tua yang nyata memberikan perlindungan bagi anak-anak mereka.

Diharapkan semua pihak dapat bersama-sama mencegah dampak negatif dari jejaring sosial. Sebuah sekolah dapat menetapkan peraturan yang melarang kegiatan sekolah apa pun yang dapat mengakibatkan pelecehan.

Orang tua juga dapat terus memperhatikan anak-anak mereka sehingga mereka dapat menggunakan jejaring sosial dengan bijak dan tidak jatuh ke dalam hal-hal negatif.

**Sumber: majalahpendidikan.com

4. Contoh Teks Diskusi tentang Budaya

contoh teks diskusi tentang pendidikan singkat

Sumber:https: tambahpinter.com

5. Contoh Teks Diskusi tentang Pembelajaran Jarak Jauh

Isu

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah membahas tentang proses pembelajaran secara daring.

Proses pembelajaran secara daring ini akan dilakukan sebagai bentuk pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi internet.

Kemudian, setelah berjalan beberapa waktu pihak Kemendikbud pun mulai mempertimbangkan pertemuan tatap muka di sekolah-sekolah.

Pemerintah pun kemudian memberikan wewenang kepada pemerintah daerah, sekolah, dan orang tua siswa terkait pembelajaran tatap muka.

Jika semua sepakat maka pembelajaran jarak jauh akan dihentikan dan pembelajaran tatap muka pun kembali dilanjutkan. Namun tetap ada syarat dan harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Argumen

Keputusan untuk menggelar pembelajaran jarak jauh ketika Covid-19 melanda dirasa sudah menjadi opsi yang tepat.

Tentu saja dalam rangka untuk menekan penyebaran virus corona secara lebih luas lagi terutama dikalangan anak-anak.

Selain itu, keputusan untuk menghentikan pembelajaran jarak jauh dan menggantinya dengan tatap muka juga sudah tepat.

Mengingat bahwa sudah dua semester para siswa menerima pembelajaran secara online. Proses pembelajaran online dinilai kurang efektif dan bahkan memberatkan para siswa dengan banyaknya tugas online yang dibebankan guru dan sekolah.

Pertemuan tatap muka 100% dirasa masih belum tepat mengingat angka infeksi terbilang masih tinggi. Terlebih sekarang ini ada banyak varian virus yang bisa menyerang banyak orang tak terkecuali anak-anak.

Meskipun wilayah sudah masuk ke zona hijau, namun hal tersebut tidak menjamin penyebaran virus akan terhenti.

Kesimpulan

Pemerintah melalui Kemendikbud mengizinkan digelarnya pembelajaran tatap muka dengan beberapa syarat.

Mengingat banyaknya tugas yang diterima selama pembelajaran online, sudah seharusnya jika Kemendikbud merumuskan kurikulum atau panduan pembelajaran jarak jauh agar bisa menjadi acuan setiap sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan secara daring.

**Sumber: sahabatnesia.com

***

Itulah kumpulan contoh teks pendidikan singkat yang bisa kamu pelajari, Property People.

Jangan lewatkan artikel terbaru yang tayang di Berita.99.co.

Ikuti dan pantengin terus Google News Berita 99.co Indonesia untuk mendapatkan kabar properti terkini.

Sedang mencari rumah impian di Depok?

Bisa jadi Cimanggis Golf Estate adalah opsi terbaik buat kamu.

Dapatkan beragam pilihan lainnya, hanya di www.99.co/id dan Rumah123.com.

Kami selalu #AdaBuatKamu menemukan properti terbaik di Indonesia.

Artikel ini bersumber dari berita.99.co.