Asuransi kesehatan untuk lansia sebaiknya sudah mulai kamu pikirkan untuk menjamin kesehatan orang tua. Apalagi, seiring pertambahan usia orang tua, fisik mereka pun sudah tidak seperti dulu dan risiko kesehatan akan semakin meningkat. 

Sebagai informasi, asuransi kesehatan lansia ini bisa menanggung nasabah yang berusia 60 hingga 99 tahun.

Berbeda dengan asuransi kesehatan untuk anak muda, umumnya asuransi kesehatan untuk orang tua/lansia memiliki premi yang lebih mahal, karena risiko penyakit yang diderita juga biasanya lebih tinggi dan beragam.

Meski secara rata-rata preminya lebih tinggi, tetapi kamu bisa menemukan produk asuransi kesehatan lansia dengan premi murah di Lifepal, lho! Hemat hingga 25%!

Tips memilih asuransi kesehatan untuk lansia

Agar tidak salah pilih asuransi kesehatan untuk ayah dan ibumu, ini dia beberapa tips memilih asuransi kesehatan untuk lansia usia di atas 50 tahun. 

1. Menanggung pre-existing condition

Sebaiknya pilih juga asuransi lansia yang bisa menanggung riwayat penyakit yang diderita sebelum menandatangani polis. Sebab, tidak semua asuransi menanggung penyakit atau cedera yang sudah ada sebelum mendaftar asuransi.

Contohnya, orang tuamu memiliki riwayat penyakit jantung sebelum menggunakan asuransi. Jika asuransi yang kamu pilih menanggung pre-existing condition maka pihak asuransi bisa menanggungnya.

Adanya tanggungan pre-existing condition ini sangat penting apalagi untuk orangtua yang mengidap penyakit seperti diabetes melitus, autoimun, stroke, kanker, kista, hingga jantung. 

2. Pilih asuransi kesehatan orang tua yang menanggung hingga seumur hidup

Cari juga plan yang bisa melindungi orangtua hingga usia 99 tahun atau seumur hidup. Atau, bisa juga mencari polis asuransi yang bisa menanggung setidaknya mengikuti usia harapan hidup Indonesia yakni 74 tahun.

3. Uang pertanggungan asuransi sebanding dengan biaya rumah sakit

Sebelum memilih plan, pastikan jika uang pertanggungan yang diterima sebanding dengan biaya rumah sakit, mulai dari pengeluaran untuk rawat inap, biaya dokter spesialis, obat-obatan, hingga untuk cek di laboratorium. 

Mengingat biaya rawat inap untuk lansia biasanya lebih mahal, sebaiknya cari juga asuransi yang memberikan manfaat rawat inap maksimum.

Contoh asuransi untuk lansia Prudential bisa menanggung manfaat kesehatan ke seluruh dunia kecuali Amerika Serikat. 

4. Memberikan manfaat asuransi jiwa sekaligus

Akan lebih baik jika asuransi kesehatan untuk orang tua juga sekaligus mencakup asuransi jiwa. Baik kamu membeli sepaket alias dalam bentuk rider atau terpisah. Sehingga, di masa tuanya orangtua akan terjamin untuk kesehatan dan juga finansialnya.

Asuransi jiwa ini biasanya berguna sebagai warisan atau biaya pemakaman.

5. Menanggung risiko penyakit kritis untuk lansia

Bisa dibilang lansia memiliki risiko terkena penyakit kritis seperti jantung, diabetes, hingga stroke yang lebih tinggi. Maka dari itu, pilihlah asuransi kesehatan untuk lansia yang bisa menanggung risiko penyakit kritis tersebut. Sebab, biasanya perawatan untuk penyakit kritis membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit.

Dengan manfaat ini, orangtuamu bisa terjamin mulai dari diagnosis pertama hingga perawatan nantinya. Lumayanlah untuk menambah kekurangan dari biaya dari asuransi kesehatan yang sudah dimiliki orangtua kamu.

6. Lakukan medical check up sebelum membeli asuransi kesehatan lansia

Sebelum memilih asuransi kesehatan untuk orangtuamu, sebaiknya lakukan dulu medical check up. Hal ini bermanfaat untuk mengetahui ada risiko penyakit yang mungkin saja bisa diderita orangtua, sehingga saat memilih plan asuransi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan risiko penyakit yang diderita.

Selain itu, beberapa asuransi memang mengharuskan calon nasabah lansia untuk medical check-up.

Rekomendasi asuransi kesehatan untuk lansia

Berikut beberapa rekomendasi asuransi kesehatan untuk lansia murah yang bisa jadi pilihan

1. Cigna Proteksi Sehat Optima

Maksimal usia masuk untuk asuransi ini hingga 59 tahun dan polis dapat diperpanjang hingga 75 tahun. Preminya mulai Rp375 ribu per bulan.

Keunggulan dari asuransi ini adalah adanya layanan ambulans lokal dan layanan bantuan domestik jika dalam perjalanan di wilayah Indonesia, minimal 150 KM dari tempat tinggal.

2. Cigna Family Care Optima

Asuransi ini cocok bagi kamu yang membutuhkan polis asuransi keluarga. Maksimal usia masuknya hingga 60 tahun dan polis dapat diperpanjang hingga 75 tahun.

Premi untuk 2 usia lanjut dan 3 remaja mulai dari Rp795 ribu hingga Rp2,5 juta per bulan. Keunggulan dari asuransi ini adalah adanya manfaat pengembalian premi 30 persen di tahun ke-5.

3. AXA Mandiri SmartCare Executive

Pilihan asuransi lain yang juga bisa untuk keluarga. Polis dapat diperpanjang hingga usia 70 tahun.

Besaran premi mulai dari Rp170 ribu per bulan atau sekitar Rp5,6 juta hingga Rp17,4 juta per tahun.

4. Manulife MiUltimate HealthCare

Asuransi satu ini juga sangat cocok untuk lansia karena usia masuknya hingga 70 tahun. Polisnya juga dapat diperpanjang hingga usia 110 tahun.

Asuransi ini tidak hanya memberikan pertanggungan di rumah sakit rekanan di Indonesia, tapi juga di Malaysia.

5. Prudential PRUPrime HealthCare, salah satu asuransi kesehatan untuk lansia

Asuransi ini bersifat sebagai polis tambahan (rider). Maksimal usia masuknya hingga 65 tahun dan polis dapat diperpanjang hingga 85 tahun.

Limit manfaat tahunan hingga Rp1,5 miliar dan terdapat manfaat pengembalian premi hingga 50% dari batas manfaat tahunan awal.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya asuransi kesehatan untuk orang tua Prudential menjangkau hingga seluruh negara kecuali Amerika Serikat.

6. AIA Premier Hospital & Surgical Plus

Pilihan tepat untuk kamu yang membutuhkan asuransi unit link. Usia masuknya hingga 65 tahun dan polis dapat diperpanjang hingga 88 tahun.

Asuransi ini bersifat sebagai polis tambahan (rider) dari polis dasar AIA ProLink Assurance.

7. Allianz Syariah Allisya Care, asuransi kesehatan untuk lansia syariah

Pilihan untuk kamu yang mencari asuransi kesehatan orang tua syariah. Asuransi ini bersifat sebagai manfaat tambahan atau rider

Usia masuk hingga 70 tahun dan tersedia 8 plan dari harga kamar Rp100 ribu per malam hingga Rp1 juta per malam.

8. Prudential PRUPrima HealthCare Plus Syariah

Asuransi ini bersifat sebagai manfaat tambahan atau rider. Usia masuk hingga 65 tahun dan polis dapat diperpanjang hingga 99 tahun.

Besaran nilai pertanggungan asuransi disesuaikan dengan tagihan rumah sakit (as charged) dengan limit sesuai plan yang dipilih.

Metode klaim nontunai atau cashless dari asuransi ini dapat digunakan di wilayah Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Manfaat lainnya adalah adanya pengembalian premi 50 persen setiap 3 tahun.

Tips dari Lifepal! Memilih asuransi kesehatan untuk lansia memang harus dilakukan dengan lebih cermat karena ada banyak kondisi yang mungkin berbeda dengan orang yang usianya lebih muda.

Perlu diketahui juga bahwa meskipun ada asuransi yang menanggung pre-existing condition, tapi ini sangat jarang dan biasanya preminya lebih mahal.

Maka dari itu, jangan menunggu penyakit datang sebelum memiliki asuransi kesehatan.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum akhirnya memilih asuransi. Informasi selanjutnya mengenai berbagai produk asuransi, sila kunjungi Lifepal!

Jagalah selalu kesehatan tubuh, sebab biaya pengobatan kamu tidaklah murah. Oleh karena itu, mari mulai melakukan gaya hidup sehat. Selain itu, kamu pun tetap harus menjaminnya dengan memiliki asuransi kesehatan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi kesehatan terbaik:

Berapa uang pertanggungan asuransi kamu?

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Apa manfaat memiliki asuransi mobil?

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

 

Pertanyaan seputar asuransi kesehatan untuk lansia

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.