Power window merupakan jendela otomatis yang bisa dibuka dan ditutup pada mobil. Komponen power window terdiri atas beberapa bagian.

Meskipun bersifat otomatis, tapi power window sebenarnya juga menggunakan tuas. Hanya saja, tuas dihubungkan ke poros motor listrik yang menaikkan atau menurunkan kaca jendela ketika diaktifkan. 

Lantas, apa saja komponen yang ada di power window dan cara kerjanya? Nah, untuk mengetahui lebih jauh soal ini, simak tulisan ini sampai selesai!

Komponen sistem power window

Sebenarnya, jumlah komponen pada setiap power window mobil berbeda. Tapi, umumnya ada 7 komponen yang paling sering ditemukan, yaitu:

1. Aki atau baterai

Aki atau baterai menjadi sumber arus listrik yang mendorong power window agar bisa berfungsi. Adanya gangguan pada aki akan menyebabkan jendela pun jadi tidak bisa dibuka ataupun ditutup.

2. Sekering

Sekering dipasang sebagai pengendali arus listrik. Dengan adanya sekering, arus listrik yang disalurkan tidak akan terlalu besar dan sesuai dengan kebutuhan jendela mobil.

Sebab, arus listrik yang terlalu besar bisa memicu kabel jendela yang terbakar, membuat kerusakan pada komponen jendela mobil.

3. Sakelar

Sakelar adalah tuas yang digunakan untuk mengaktifkan ataupun mematikan arus listrik penunjang kaca jendela mobil.

Sakelar inilah yang akan digunakan oleh pengendara secara langsung untuk membuka ataupun menutup kembali kaca mobil.

4. Kabel penghubung

Dalam hal ini, kabel penghubung yang dimaksud adalah perantara untuk mengalirkan arus listrik dari aki sebagai sumber menuju motor listrik.

5. Motor power window

Motor power window adalah mesin penggerak yang bekerja dengan mengubah energi listrik dari aki menjadi energi gerak. Energi gerak inilah yang mendorong agar jendela kaca mobil bisa dibuka dan ditutup.

6. Transfer gear

Transfer gear merupakan komponen yang terdiri atas rangkaian mekanikal. Komponen ini bekerja dengan menyalurkan gerakan putar dari motor power window ke pulley.

7. Glass holder

Glass holder adalah kerangka pada jendela mobil yang berperan sebagai penyangga kaca jendela. Kerangka ini akan menahan kaca agar bisa terpasang dengan baik, tidak bergerak dan tidak jatuh.

Saat sakelar jendela ditekan, maka glass holder akan tertarik dan membuka, sehingga kaca mobil bisa dinaikkan dan diturunkan.

Apa itu power window?

Power window adalah rangkaian mesin yang menggerakkan kaca jendela mobil. Rangkaian mesin ini terdiri dari sistem kelistrikan mobil dan juga teknologi penggerak.

Mesin penggerak kaca dan juga kaca jendela mobil termasuk sebagai bagian dari power window. Secara garis besar, keberadaan mesin ini bertujuan agar jendela mobil bisa dibuka dan ditutup sebagai sirkulasi udara.

Manfaat sistem power window mobil

Digunakannya power window pada mobil memiliki sejumlah manfaat. Manfaat utamanya adalah memberikan kenyamanan bagi pengemudi untuk bisa berkendara sambil merasakan udara dari luar dengan membuka jendela.

Selain itu, jendela yang bisa dibuka dan ditutup dengan mudah juga akan memudahkan pengemudi jika harus membayar parkir atau berkomunikasi dengan orang di luar mobil.

Terkadang, kaca jendela mobil juga bisa dibuka untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih baik di dalam kabin mobil. 

Cara memperbaiki power window mobil macet

Cara memperbaiki power window macet perlu disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Cara memperbaiki saklar power window

Saklar pada jendela otomatis memiliki cara kerja yang kompleks karena satu saklar memiliki tiga perintah. Ketiga perintah tersebut, yaitu window down, window up, dan window off

Dalam sekali perjalanan saja, pengemudi atau penumpang mobil bisa menurunkan atau menaikkan kaca mobil berulang kali. Hal ini bisa mempengaruhi kinerjanya. 

Terlalu sering menggunakan jendela otomatis membuatnya rentan rusak alias jendela tidak bisa naik atau turun. Cara memperbaikinya adalah dengan mengganti saklar yang rusak.

Cara memperbaiki jika motor penggerak yang aus

Mobil yang menggunakan elektrik power pasti mengandalkan motor listrik  sebagai penggerak utama. Motor listrik ini juga rentan rusak, khususnya karena brush atau sikat motor. 

Sikat ini berfungsi menyalurkan arus listrik dari sumber asalnya menuju rotor motor yang berputar. Rotor yang selalu berputar akan bergesekan dengan brush. 

Hal ini yang pada akhirnya mengikis sikat motor. Kemudian, brush akan menjadi aus dan penyaluran arus listrik tidak bisa dilakukan dengan baik. Akibatnya, motor akan macet dan kaca tidak bisa digerakkan. 

Apabila power window mati hanya pada satu pintu di sisi penumpang, kalian bisa mencoba mengendalikannya dari sisi pengemudi. Jika tidak bergerak, motor ini mengalami kemacetan.

Jika jendela di sisi penumpang macet dan hanya bisa dikendalikan dari saklar di sisi pengemudi, ini berarti saklarnya yang mengalami kerusakan. 

Cara memperbaiki jendela yang macet ini adalah dengan mengganti brush yang aus. Jika kesulitan mencari komponen ini, kalian biasanya akan disarankan mengganti satu set power window di bengkel.

Cara memperbaiki jika rel kaca mobil terlalu kotor

Para pencinta otomotif pasti tahu bahwa rel kaca mobil sebenarnya rentan terkena kotoran berupa debu atau cairan. 

Hal ini dapat menimbulkan beberapa kendala, seperti mengganggu pergerakan kaca mobil atau menimbulkan bunyi yang tidak nyaman saat kaca jendela naik atau turun. 

Jika kalian menemukan masalah ini pada jendela otomatis mobil, jangan membiarkannya terlalu lama. 

Cara menghilangkan jamur kaca mobil ataupun kotoran dan debu bisa dengan menyemprotkan spray silikon ke sela-sela rel kaca guna membersihkan kotoran.

Gambar power window

Pentingnya asuransi mobil 

Saat berencana membeli kendaraan pribadi baik itu baru maupun bekas, jangan lupa asuransikan mobil kamu. Penting banget bagi pemilik kendaraan untuk memiliki asuransi mobil. 

Namun, asuransi mobil seperti apakah yang cocok menjadi pilihan? Pada dasarnya, ada dua jenis asuransi mobil.

Jenis yang pertama adalah asuransi mobil all risk, yaitu asuransi yang menanggung segala macam risiko kerugian, mulai dari kerugian besar maupun kecil, serta risiko kehilangan akibat pencurian.

Selain itu, ada juga jenis asuransi mobil TLO atau Total Loss Only yang secara khusus menanggung kerugian besar dengan nilai lebih dari 75 persen harga kendaraan pada saat itu.

Untuk menentukan mana jenis asuransi yang tepat untukmu, coba ikuti kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini.

Pertanyaan seputar power window

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.