Dari berbagai macam jenis asuransi yang ada, salah satu yang perlu dimiliki adalah asuransi kehamilan. Sesuai namanya, produk asuransi ini akan menanggung biaya kesehatan seputar persalinan.

Tidak semua perusahaan asuransi punya produk asuransi melahirkan. Ada juga yang menjadikan manfaat persalinan sebagai manfaat tambahan alias rider asuransi.

Pengertian asuransi kehamilan

Asuransi kehamilan merupakan jaminan perluasan dari asuransi kesehatan yang diberikan kepada nasabah perempuan.

Asuransi yang disebut juga sebagai asuransi melahirkan ini pada dasarnya memberikan jaminan atas biaya melahirkan normal dan melahirkan dengan tindakan medis atau operasi caesar.

Sebagian asuransi melahirkan turut menanggung komplikasi melahirkan dan gangguan melahirkan tertentu sesuai ketentuan di dalam polis asuransi.

Sebenarnya tidak hanya bagi perempuan, laki-laki pada umumnya juga mendapatkan proteksi berupa asuransi kesehatan yang memberikan jaminan proteksi kepada pasangan dan anak-anaknya.

Nah, di dalam polis asuransi tersebut, tercantum beberapa manfaat dari asuransi kesehatan, salah satunya menanggung biaya persalinan dan risiko penyakit yang terjadi saat melahirkan.

Rekomendasi asuransi kehamilan dan melahirkan terbaik

Di Indonesia, berbagai macam perusahaan asuransi menghadirkan produk asuransi persalinan. Berikut ini beberapa rekomendasinya.

1. Asuransi kehamilan Allianz SmartHealth Maxi Violet

Pada dasarnya, produk Smart Health Maxi Violet adalah produk asuransi kesehatan Allianz dengan perlindungan untuk ibu melahirkan.

Produk asuransi ini memberikan manfaat untuk melahirkan normal, tambahan untuk proses persalinan abnormal, pembedahan, risiko keguguran, dan penanganan medis sebelum atau sesudah melahirkan.

Nasabah memiliki masa tunggu selama 280 hari sebelum bisa memanfaatkan perlindungan. Artinya, perusahaan asuransi baru bisa menjamin tagihan nasabah pada 280 hari setelah berlakunya polis asuransi.

Mengenai sistem jaminan pembayarannya, asuransi melahirkan Allianz ini bisa menggunakan dua sistem, yaitu pembayaran cashless dan reimbursement.

Terkait pengecualian dalam asuransi melahirkan, poin-poin ini wajib dipahami.

  • Wanita di bawah 16 tahun atau lebih dari 45 tahun.
  • Tertanggung telah hamil sebelum masa berlakunya pertanggungan tambahan kehamilan, persalinan, dan nifas.
  • Perawatan medis karena gangguan kehamilan, seperti muntah parah semasa hamil, keracunan kehamilan dengan kejang-kejang, atau komplikasi kehamilan lainnya.
  • Perawatan yang berhubungan dengan aborsi ilegal, sterilisasi, pemeriksaan kesuburan, dan perawatan yang berkaitan dengan kemandulan.
  • Perawatan yang berkaitan dengan komplikasi pascakelahiran.

2. Asuransi kehamilan Manulife MiUltimate HealthCare (MiUHC)

Produk asuransi kesehatan MiUltimate HealthCare dari asuransi kehamilan Manulife memberikan perlindungan proses persalinan dan kelahiran.

Termasuk perlindungan untuk melahirkan normal, proses kelahiran dengan bantuan tindakan medis, komplikasi kehamilan, dan melahirkan dengan pembedahan.

Layanan ini diberikan dengan sistem cashless sehingga kita cukup menunjukkan kartu asuransi saja. Namun, penting dicatat bahwa kamu tidak bisa hanya mengambil asuransi melahirkan saja. 

Kamu harus menjadi nasabah asuransi kesehatan dahulu sebagaimana proteksi dari asuransi melahirkan adalah manfaat tambahan atau rider.

Ketentuan usia masuk manfaat melahirkan adalah 20-43 tahun dengan masa pertanggungan sampai tertanggung berusia 45 tahun (usia terakhir saat perpanjangan adalah 44 tahun).

3. Asuransi kehamilan Prudential PruMy Child

PruMy Child adalah asuransi kehamilan Prudential jenis unit link. Produk ini memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Perlindungan jiwa atas calon bayi dan ibu selama masa kehamilan.
  • Komplikasi yang terjadi pada ibu dalam masa kehamilan atau sesudah melahirkan.
  • Manfaat perawatan di inkubator/Intensive Care Unit (ICU)/High Dependency Unit (HDU) untuk bayi.
  • Perlindungan atas kelainan bawaan pada anak.
  • Pertanggungan jiwa atas anak jika meninggal dunia atau menderita cacat total dan tetap.

Berbeda dengan asuransi Manulife dan Allianz yang menanggung biaya hanya sampai proses melahirkan, PRUMy Child memberikan perlindungan atas biaya selama kehamilan, melahirkan, dan sampai bayi berusia 20 minggu.

Masa pertanggungan ibu berakhir saat melahirkan selesai, kecuali untuk komplikasi kehamilan/kelahiran adalah sampai dengan 30 hari sejak bayi dilahirkan.

Sedangkan, masa pertanggungan bayi adalah sejak 20 minggu dalam kandungan sampai dengan usia 99 tahun untuk asuransi melahirkan Prudential yang satu ini.

4. Mandiri Inhealth – Indemnity

Pilihan asuransi Inhealth untuk melahirkan dari Mandiri ini diperuntukkan khusus untuk tertanggung karyawan perusahaan.

Asuransi kehamilan yang satu ini juga bersifat rider atau manfaat tambahan dari asuransi kesehatan. Manfaat yang diberikan meliputi:

  • Pertanggungan biaya perawatan kehamilan.
  • Pertanggungan biaya perawatan melahirkan.
  • Pertanggungan biaya perawatan setelah melahirkan.
  • Pertanggungan biaya atas risiko keguguran.

Salah satu keunggulan dari Mandiri Inhealth adalah biaya yang ditanggung mengikuti tagihan rumah sakit atau as charged. Untuk limitnya sendiri mencapai Rp30 juta.

5. Asuransi kehamilan Mandiri AXA General Insurance (MAGI) – International Exclusive

International Exclusive merupakan polis asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh MAGI. Untuk manfaat kehamilan bisa ditambahkan sebagai rider.

Asuransi kehamilan dan asuransi melahirkan AXA Mandiri ini merupakan rider atau manfaat tambahan dari asuransi kesehatan. Kamu hanya tinggal menambahkan premi dari premi dasar yang dibayarkan.

Manfaat yang diberikan meliputi:

  • Pertanggungan komplikasi sebelum dan sesudah melahirkan.
  • Pertanggungan biaya perawatan bayi di bawah 16 minggu.
  • Pertanggungan biaya melahirkan normal atau caesar.
  • Pertanggungan biaya vaksinasi anak.

Pertanggungan untuk biaya vaksin ini jadi salah satu keunggulan polis ini karena masih jarang sekali asuransi melahirkan yang menanggung biaya vaksin.

Itulah lima perusahaan asuransi melahirkan yang bisa jadi pilihan. Proteksi kandungan dari sebelum hingga sesudah melahirkan perlu dilakukan sedini mungkin.

Manfaat asuransi kehamilan

Tidak dapat kita pungkiri, proses persalinan memiliki risiko sangat besar, baik untuk ibu maupun bayi. Asuransi persalinan bisa membantu menanggung biaya yang berkaitan dengan persalinan.

Mulai dari biaya penanganan medis, risiko penyakit, dan kendala medis lainnya yang terjadi selama proses persalinan akan dialihkan kepada perusahaan asuransi.

Berbagai biaya seperti biaya persalinan normal akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Termasuk biaya operasi caesar, biaya keguguran, biaya NICU (Neonatal Intensive Care Unit).

Jika bayi membutuhkan penanganan khusus dan dibutuhkan biaya pemeriksaan untuk mencegah risiko komplikasi, perusahaan asuransi juga akan menanggungnya. 

Selain itu, masih ada beberapa manfaat lain jika kita memiliki asuransi melahirkan, yaitu:

1. Meringankan biaya sebelum dan sesudah melahirkan

Tidak hanya menanggung biaya saat proses persalinan, asuransi melahirkan juga akan menanggung biaya sebelum dan sesudah melahirkan.

Semua biaya yang timbul karena adanya pemeriksaan kehamilan akan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi. Hal ini tentu akan sangat meringankan ibu hamil.

2. Mendapatkan fasilitas memadai

Pihak asuransi biasanya akan menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang proses persalinan. Jenis fasilitas yang didapatkan tergantung dari kelas-kelas persalinan.

Semakin tinggi kelas persalinan, maka semakin banyak fasilitas tambahan yang bisa kita nikmati.

3. Mengurangi risiko

Berkat memiliki asuransi melahirkan, baik ibu hamil maupun keluarga, tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya persalinan. Sebagian biaya tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Dengan demikian, risiko yang mungkin terjadi seperti komplikasi melahirkan bagi ibu dan bayi dapat diminimalkan karena bisa mendapatkan akses kepada penanganan medis yang tepat tanpa harus memikirkan biaya yang mahal.

Apakah melahirkan ditanggung BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan memberikan manfaat pelayanan kebidanan dan neonatal (perlindungan setelah melahirkan). Perlindungan tersebut mencakup beberapa hal berikut.

  • Menjamin dan melindungi proses kehamilan sebelum persalinan (antenatal care/ANC).
  • Tindakan medis persalinan.
  • Pemeriksaan setelah persalinan (postnatal care/PNC).
  • Penanganan perdarahan pasca keguguran.
  • Pelayanan KB pasca persalinan.
  • Komplikasi pada saat kehamilan, persalinan, nifas, dan KB pasca persalinan.

Pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama tempat terdaftar yang tertera di kartu identitas peserta BPJS Kesehatan atau jaringannya.

Pemeriksaan ANC dan PNC dilakukan di tempat yang sama, kecuali dalam keadaan darurat.

Tujuannya untuk keteraturan pencatatan partograf, monitoring perkembangan kehamilan dan memudahkan administrasi klaim kepada BPJS Kesehatan.

Namun, jika terjadi kelainan pada bayi, BPJS Kesehatan tidak bisa menanggung biaya yang ditimbulkan. Maka, kita harus mendaftarkan bayi secara terpisah untuk mendapatkan manfaat BPJS Kesehatan.

Pendaftaran bisa dilakukan sejak bayi di dalam kandungan dan dibuktikan dengan pemeriksaan dokter bahwa sudah ada bukti denyut jantung.

Tips dari Lifepal! Produk asuransi kehamilan bermacam-macam. Salah satu yang patut untuk dipertimbangkan adalah asuransi melahirkan tanpa masa tunggu.

Produk asuransi jenis ini memungkinkan kamu untuk melakukan klaim saat melahirkan meskipun asuransi tersebut belum lama dimiliki.

Asuransi persalinan tanpa masa tunggu cocok digunakan apabila kamu dan pasangan sedang dalam keadaan mendesak dan memerlukan proteksi sesegera mungkin.

Pertanyaan seputar asuransi kehamilan

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.