Kantor Pusat BCA (Foto: Istimewa)

Mengawali tahun 2023, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berhasil dianugerahi 3 sertifikat global yakni ISO 20000:1-2018 terkait service management system of data center dan IT operation management; Threat, Vulnerability and Risk Assessment (TVRA) untuk data center; dan Certified World Class Help Desk dari Global Contact Center World Awards 2022 (GCCWA). Raihan sertifikat ini menandai kepercayaan nasabah kepada perseroan atas kualitas proses layanan yang bermutu dan sebagai bank yang selalu hadir (always on).

“Kami bangga bahwa di awal tahun 2023 ini BCA berhasil mendapatkan sekaligus 3 pengakuan bertaraf internasional baik untuk perbankan, data center, IT Operation Management maupun help desk. Hal ini merupakan perwujudan komitmen kami untuk terus meningkatkan kapasitas sistem teknologi informasi demi memberikan layanan terbaik bagi nasabah dan perusahaan anak, seiring dengan kebutuhan mereka yang semakin kompleks juga. Kami berterima kasih atas kerja keras seluruh tim, karena telah mendukung BCA mendapat pengakuan internasional tersebut,” ungkap Senior EVP IT BCA, David Formula.

BCA menyadari perlunya meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas proses di IT System Operation BCA sesuai dengan standar internasional demi memberikan layanan terbaik bagi nasabah melalui ISO 20000:1-2018, sertifikat yang mengatur standar sistem manajemen layanan (service management system) yang mendukung perusahaan mengelola sistem layanannya sesuai standar internasional.  BCA menggandeng PT BSI Group Indonesia sebagai auditor untuk menilai kinerja proses manajemen layanan di operasional IT BCA. 

Proses audit telah berlangsung sejak Juli 2022 dan dilakukan dalam beberapa tahap mulai dari penilaian dokumen hingga observasi langsung. Setelah melalui berbagai proses tersebut, dinyatakan bahwa sistem manajemen, dokumentasi layanan, dan data center BCA berhasil memenuhi standard ISO 20000-1:2018. 

Sebagai salah satu perusahaan perbankan terbesar di Indonesia, BCA juga menyadari layanan digital telah sebuah menjadi standar baru bagi operasional perbankan. Karenanya, Data Center menjadi komponen vital yang membutuhkan perlakuan dan pengamanan khusus demi menyediakan layanan jaringan dan internet banking yang aman dan andal bagi nasabah.

Di awal tahun 2023 ini, Data Center milik BCA melakukan penilaian keamanan fisik dan data yang diakui secara internasional melalui Threat, Vulnerability and Risk Assessment (TVRA). TVRA merupakan standar identifikasi risiko dan ancaman pada aset-aset yang bersifat sangat krusial seperti infrastruktur IT yang dikeluarkan oleh Monetary Authority of Singapore (MAS). 

Dalam proses assessment-nya, BCA menggandeng AIP Risk Consulting Pte. Ltd. Singapore untuk melakukan penilaian keamanan terhadap dua data center BCA, dengan proses analisis dan observasi dilakukan pada Agustus hingga Desember 2022. Hasilnya, ditemukan bahwa BCA telah merancang dan mengaplikasikan sistem keamanan yang memadai di Data Center dan bangunannya, seperti CCTV system, Access Control system, Fire system, Power system, dan sebagainya. Dengan demikian laporan langkah mitigasi dan sertifikat penyelesaian (Certification of Completion) menyatakan bahwa BCA telah melaksanakan TVRA dan menjadi salah satu bank pertama yang menjalani TVRA.

“BCA berhasil merancang dan mengaplikasikan sistem keamanan yang andal dan memadai di data center serta bangunannya. Data center BCA tercatat sebagai satu dari sedikit data center milik bank di Indonesia yang sudah menjalani TVRA,” jelas Isaach Choong dari AIP Risk Consulting Pte. Ltd.

Komitmen BCA dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya tidak hanya dimatangkan di bagian hulu dengan adanya sertifikasi ISO 20000:1-2018 dan TVRA, tetapi juga di hilir, yakni dengan kesuksesan Help Desk BCA mendapatkan Certified World Class Help Desk dari Global Contact Center World Awards 2022 (GCCWA) karena prestasi dan konsistensinya mempertahankan medali emas di ajang tersebut selama tiga tahun berturut-turut. GCCWA merupakan ajang kompetisi yang mempertemukan praktisi contact center dari berbagai negara di dunia, dengan salah satu kategorinya melombakan help desk. 
Penghargaan dan dua sertifikasi ini menandakan bahwa komitmen BCA untuk senantiasa menjadi yang terbaik melayani nasabah sudah berada di level tertinggi internasional. Kendati demikian, BCA bertekad untuk terus meningkatkan kualitas layanan demi memenuhi kebutuhan nasabah.


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.