Benarkah Makan Nuget Berbahaya bagi Kesehatan? Berikut Penjelasannya (Foto: elements envato)

GenPI.co – Nuget merupakan salah satu makanan olahan atau ultraproses yang perlu dibatasi konsumsinya karena memiliki beberapa dampak berbahaya untuk kesehatan.

Tak dimungkiri, bahwa nuget kemasan biasanya memiliki kandungan natrium tinggi. Inilah yang membuat rasanya begitu gurih, sehingga membuat orang ketagihan.

The American Journal of Medicine (2013) menyebutkan, bahwa nuget justru merupakan salah satu makanan olahan yang harus dihindari karena berkontribusi pada meningkatnya kasus obesitas di Amerika.

BACA JUGA:  5 Manfaat Garam untuk Wajah dan Kulit, Bisa Bikin Kamu Glowing

Hasil penelitian dari jurnal tersebut mengungkapkan nuget yang dijual di pasaran rendah gizi, dalam 2 porsi nuget (192 gram), komposisi gizinya meliputi: 58-59 persen lemak, 24-25 persen karbohidrat, dan
18-19 persen protein.

Berikut 4 bahaya terlalu sering makan nuget untuk kesehatan seperti dilansir pada Rabu (25/1/2023):

1. Kekurangan nutrisi

BACA JUGA:  Manfaat Makan Daun Bawang untuk Kesehatan, Bikin Kolesterol Ambrol dan Jantung Sehat

Perlu diingat, bahwa nuget tidak bisa menggantikan makanan utuh (whole food) karena memiliki kandungan protein sangat rendah, sehingga tidak bisa mengganti sumber protein seperti daging ayam.

Oleh sebab itu, makan terlalu banyak nuget justru akan membuat seseorang tidak mendapatkan asupan zat gizi yang bervariasi. Padahal, protein berperan penting bagi regenerasi sel dan fungsi organ.

2. Menyebabkan obesitas

BACA JUGA:  Manfaat 5 Buah ini Bikin Kulit Glowing, Rugi Kalau Tak Suka

Nuget merupakan salah satu makanan olahan yang umumnya mengandung lemak dan karbohidrat tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.