Benarkah Mengisap Vape Lebih Aman Dibanding Rokok Tembakau? Dokter Spesialis Bongkar ini. (Foto: Iqbal Afrian/GenPI.co)

GenPI.co – Dokter Spesialis Paru Dr. Erlina Burhan, SpP(K) membeberkan dampak buruk rokok elektrik alias vape yang mengandung nikotin dan bahan karsinogen lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Dr. Erlina Burhan dalam keterangannya secara virtual kepada awak media pada Sabtu (14/1/2023).

Menurut Dr. Erlina Burhan bahwa rokok elektrik bisa menimbulkan dampak buruk pada tubuh, seperti halnya bahaya rokok konvensional (rokok tembakau).

BACA JUGA:  Manfaat Kacang Hijau Bikin Kolesterol Ambrol, Hipertensi Bisa Terkendali

“Perokok vape dan orang sekitarnya tetap terekspos dengan nikotin dan zat kimia bersifat karsinogenik dan ini tentu saja zat-zat ini bisa mengiritasi menimbulkan radang, sesak,” kata Dr. Erlina Burhan.

Dr. Erlina Burhan membeberkan, bahwa nikotin dikatakan dapat menyebabkan adiksi, sementara zat lain dalam vape berupa propylene glikol dan gliserin dapat mengiritasi saluran napas dan paru.

BACA JUGA:  Manfaat Makan Jagung Menakjubkan, Bikin Mata Kinclong dan Jantung Sehat

Selain itu, bahan-bahan lainnya heavymetals bisa menginflamasi paru, jantung, merusak sel dan bersifat karsinogen, kemudian formaldehide, aldehyde, particulate matter (PM), nitrosamin, serta silikat dengan dampak serupa pada tubuh.

“Rokok elektrik mengandung bahan toksik seperti rokok konvensional. Produk ini terbukti toksik terhadap saluran napas dan paru sehingga tidak dapat dikatakan aman,” tegas Dr. Erlina Burhan.

BACA JUGA:  Manfaat Makan Kerang Hijau Ternyata Dahsyat, Bikin Jantung Sehat

Namun, karena kadarnya yang lebih rendah dari rokok konvensional, seringkali membuat orang-orang berasumsi produk ini memiliki tingkat toksisitas lebih rendah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.