Merdeka.com – Bagi beberapa orang, talenta dalam baking dan mengolah makanan bisa jadi warisan dari orang-orang terdekat. Misalnya saja pengalaman masa kecil sering membantu ibu atau nenek di dapur yang ternyata bisa mengembangkan passion dalam bidang kuliner. Pengalaman ini juga yang ternyata menginspirasi Caroline Natalia dalam mengembangkan usaha kulinernya, Cherlin Cake & Bakery di Semarang.

Berbekal resep roti warisan sang oma, Caroline ingin menghadirkan menu-menu yang membangkitkan nostalgia. Intip cerita menariknya, yuk!

Konsisten Baking Sejak Tahun 2015

©Cherlin Cake & Bakery

Ketika diwawancarai oleh tim ManisdanSedap.com, Caroline bercerita bahwa usahanya ini sudah dimulai sejak tahun 2015. Pengalaman masa kecil membantu sang oma dalam membuat kue dan snack membuatnya terinspirasi untuk menyajikannya kepada keluarga.

“Setelah menikah untuk mengisi waktu luang, saya sering membuat kue dengan resep Oma untuk disuguhkan ke keluarga. Akhirnya saya menyalurkan hobi saya dengan menerima pesanan supaya bisa menyajikan kudapan semasa kecil untuk keluarga dan anak-anak. Berbekal dari resep-resep yang diajarkan oleh Oma, Saya terus berinovasi membuat menu-menu yang bisa membangkitkan nostalgia dengan cita rasa tempo doeloe,” ungkap Caroline.

Cherlin Cake & Bakery menjadi nama yang dipilih untuk usaha kuliner tersebut. Ternyata, nama ini berasal dari gabungan nama Caroline, suami, dan anak-anak, lho.

Berbagai Menu Andalan untuk Pencinta Sweet dan Savoury

Cherlin Cake & Bakery terus berinovasi menciptakan menu-menu pre order andalan yang bisa dinikmati oleh para pencintanya, baik itu yang bercita rasa sweet maupun savoury. Caroline sendiri yang mengembangkan varian menunya agar bisa dinikmati dalam berbagai momen.

“Cherlin Cake & Bakery mengembangkan menu PO yang bisa dijadikan bekal untuk sekolah maupun bekerja, hampers untuk kerabat di momen spesial, atau yang ingin menjadikan menu PO Cherlin sebagai oleh-oleh khas Semarang juga bisa,” ceritanya.

Secara umum, ada beberapa jenis menu pre order yang bisa dinikmati dari resep-resep andalan khas Cherlin Cake & Bakery, antara lain:

1. Savoury

berbekal resep oma cherlin cake amp bakery hadirkan cita rasa bangkitkan nostalgia

©Cherlin Cake & Bakery

Di kategori ini, Cherlin memiliki menu andalan Premium Golden Bun yang merupakan roti pertama di Semarang yang menggunakan telur asin sebagai filling. Roti Golden Bun memiliki 2 varian rasa yaitu Golden Bun Sweet Chicken dan Golden Bun Chicken Charsiu. Menu ini diakui sang ownder sebagai Best Seller untuk dibawa oleh-oleh ke luar kota.

2. Sweet

berbekal resep oma cherlin cake amp bakery hadirkan cita rasa bangkitkan nostalgia

©Cherlin Cake & Bakery

Sementara itu di kategori sweet atau manis, Cherlin menyajikan Pie Fruit Cocktail sebagai menu andalan. Kudapan yang satu ini merupakan kombinasi kulit pie lembut dengan sweet vla ditambah topping buah segar.

3. Healthy

berbekal resep oma cherlin cake amp bakery hadirkan cita rasa bangkitkan nostalgia

©Cherlin Cake & Bakery

Nggak hanya menyajikan menu manis dan gurih, ada juga produk dalam kategori Healthy yang menunjang diet sehat. Cherlin menyajikan Vegan Multigrain Toast yang jadi healthy bread pertama di Semarang. Kombinasi roti tawar gandum dengan berbagai biji-bijian yang kaya manfaat dan cranberries yang memberikan rasa manis serta asam cocok buat yang sedang menjaga pola makan demi kesehatan.

Ingin mencicipi roti dengan cita rasa nostalgia yang dihadirkan oleh Cherlin? Caroline mengaku untuk pemesanan nggak ada minimal order. Roti dari Cherlin juga bisa dikirim ke luar kota, namun terbatas di antar ibu kota saja karena masalah ekspedisi yang masih terbatas.
“Ketahanan roti kami rata-rata 3-4 hari karena tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali,” jelas Caroline.

Tantangan dan Harapan di Masa Depan

Nggak ada bisnis yang berjalan mulus tanpa mengalami hambatan. Caroline pun menemukan tantangannya selama menjalani usaha kuliner tersebut selama 7 tahun terakhir. Salah satunya adalah soal harga bahan baku yang terus melonjak.

“Di situasi sekarang dengan kondisi harga bahan baku yang terus meroket menjadikan Cherlin harus mencari cara supaya bisa tetap mempertahankan Kualitas dan Cita Rasa yang tetap sama supaya bisa dijangkau semua kalangan,” ungkapnya.

Caroline pun berharap agar Cherlin Cake & Bakery yang dirintisnya ini bisa lebih berkembang dan dikenal masyarakat luas, serta bisa jadi salah satu icon oleh-oleh Semarang. Dalam upaya mengembangkan bisnisnya agar semakin dikenal masyarakat luas, Cherlin Cake & Bakery didukung oleh ManisdanSedap.com, platform kuliner yang menjadi bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network.

ManisdanSedap.com nggak hanya hadir untuk memanjakan para pencinta kuliner yang ingin melakukan pre order makanan favorit mereka saja. Tapi juga menjadi ‘etalase’ online para seller UMKM lokal, sehingga meningkatkan promosi produk jualan mereka secara gratis.

Untuk melakukan pemesanan juga gampang banget karena dilengkapi dengan tombol pemesanan yang tinggal diklik langsung saja. Nantinya kamu akan langsung terhubung ke nomor WhatsApp sang seller untuk melakukan proses order. Pemesanan dan transaksi dilakukan di luar platform, jadi makin mudah kan!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

[wri]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.