SURYA.CO.ID – Berita Persebaya hari ini populer edisi Sabtu (14/1/2023), di antaranya mengulas soal alasan izin laga Persebaya Surabaya vs Persikabo tak keluar.

Diketahui, laga perdana Persebaya Surabaya di putaran kedua Liga 1 2022-2023 yang dijadwalkan pada hari ini (14/1/2023) di Stadion Joko Samudro, Gresik, batal digelar karena tak memperoleh izin dari Polda Jatim.

Menurut info, laga Persebaya vs Persikabo tidak diizinkan digelar karena masa pengurusan izin disebut tidak sesuai Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 10 tahun 2022, dengan masa waktu pengurusan izin minimal 14 hari. 

Sementara saat ini, Persebaya Surabaya memilih fokus pada laga lawan Persita Tangerang, Rabu (18/1/2023) mendatang.

Ini lantaran Persebaya memiliki peluang besar untuk meraih tren positif pada laga pekan ke-19 Liga 1 2022-2023 itu. 

Sebab, tim asuhan pelatih Aji Santoso itu, menambah kekuatan setelah dua pemain andalan mereka yakni Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan kembali bergabung.

Berikut berita Persebaya hari ini populer selengkapnya.

Penjelasan Polda Jatim

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo menjelaskan, pembahasan mengenai perizinan tersebut sudah disampaikan dalam rapat koordinasi (Rakor) dengan semua pihak yang terlibat dalam pertandingan tersebut. 

Rakor yang dimaksud oleh Slamet, berlangsung di Ruang Rapat Utama Gedung Tri Brata Mapolda Jatim, Rabu (11/1/2023), dan dihadiri oleh pihak PSSI Asprov Jatim, PT LIB, perwakilan manajemen tim yang bertanding, dan polres lokasi pertandingan digelar. 

“Liga 1 kami sudah melaksanakan rapat koordinasi, tentunya kita dari kepolisian bersama-sama dengan seluruh panitia penyelenggara PSSI dan semuanya bersama itu ada yang namanya kita menjalankan olahraga itu harus memenuhi ketentuan yang ada dalam Perpol Nomor 10 tahun 2022,” ujarnya pada awak media di Sidoarjo, Jumat (13/1/2023). 

Melalui perpol tersebut, Slamet mengajak, semua pihak stakeholder dalam pelaksanaan pertandingan sepak bola untuk bertanggung jawab dalam mempersiapkan segala sesuatu secara matang dan lengkap. 

“Kami dari kepolisian mengajak mereka semuanya yang terlibat di dalam persepakbolaan untuk bersama-sama bertanggung jawab terhadap apa yang harus disiapkan ketika kita menyelenggarakan pertandingan,” pungkas Slamet. 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto menerangkan, Polri sedang gencar-gencarnya untuk menerapkan Perpol nomor 10 tahun 2022.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.