Dewan Komisioner DSC & Ronald Walla (Foto: Dok PT Wismilak Inti Makmur)

Rangkaian acara Diplomat Success Challenge (DSC) telah merampungkan rangkaian programnya di tahun 2022. Ekosistem dan kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia yang telah eksis sejak tahun 2010 ini, kembali menjadi ‘rumah’ bagi para challengers yang berhasil mendapatkan hibah modal usaha.

Selain para penerima hibah modal usaha, penghargaan istimewa sebagai Most Potential Business disandang oleh Yodan Tunggul Pranata dari Troya Academic Platform dan Muhammad Fikri dari Rumah Ice Cream Indonesia.

Para finalis DSC 2022 akan mendapatkan kesempatan pendampingan bisnis dari DSC selama 2 tahun ke depan, serta secara resmi bergabung dengan jejaring wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN).

Ronald Walla, Direktur Utama PT Wismilak Inti Makmur Tbk mengungkapkan rasar syukur di tahun penyelenggaraan ke-13 ini DSC semakin menunjukkan eksistensinya, tidak hanya sebagai sebuah inkubator kewirausahaan, namun menjadi ekosistem wirausaha yang terintegrasi dan dapat menjadi benchmark bagi pertumbuhan ekonomi negara yang kita cintai ini.

Sejak awal dibukanya pendaftaran pada tanggal 8 Juni 2022 hingga ditutup pada 19 September 2022, secara total DSC meraih total 23.657 pendaftar. Dalam gelaran DSC beberapa tahun ke belakang, kategori bisnis Makanan & Minuman (F&B) terus mendominasi. Bahkan di tahun ini, DSC 2022 menerima sebanyak lebih dari 40% bisnis F&B, yang berarti bahwa kategori bisnis ini masih menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin berwirausaha.

Surjanto Yasaputera, Ketua Dewan Komisioner dan Founding Father DSC menyebutkan, di tahun 2022 ini, DSC menyaksikan banyak produk F&B yang inovatif serta kreatif. Terbukti dari 8 finalis DSC 2022, tidak kurang dari 5 finalis merupakan kategori bisnis F&B, baik dalam kemasan maupun format restoran. Tidak hanya dari sisi inovasi dan kreativitas, beberapa produk para challengers tahun ini juga membawa solusi akan permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Manfaat ini lah yang ingin terus kami hadirkan melalui DSC, melalui kiprah para challengers tiap tahunnya.

Penghargaan Best of the Best DSC 2022 juga jatuh pada kategori bisnis F&B, yaitu Oterra yang dibesut oleh Ria Ellysa. Oterra merupakan produk ready-to-drink meal atau minuman pengganti makanan yang berbahan dasar superfood nabati ramah lingkungan.

Menurut Coach DSC 2022 Andanu Prasetyo yang juga CEO Maka Group dan Pendiri Toko Kopi Tuku, banyak pengusaha baru yang memulai debut bisnisnya lewat kategori F&B mungkin dikarenakan secara model bisnis lebih mudah membayangkan proses end-to-end-nya.

“Karena kemudahan ini, persaingan di dunia F&B pun akan terus menantang. Namun, yakinlah dengan semakin banyaknya pemain, akan semakin besar pula market size bisnis ini. Maka dari itu, temukan diferensiasi produk. Bangun brand dan narasi yang kuat. Jangan takut mencari peluang dari bisnis F&B”, ujar Andanu pada konferensi pers Diplomat Success Challenge di Jakarta (24/01/2023).

Halaman Selanjutnya

Sementara, Ria Ellya, CEO &…


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.