Riky Boy H. Permata, Direktur Ultra Voucher

Berawal dari kecintaan terhadap dunia teknologi informatika dan selalu ingin menciptakan sesuatu dengan membuat inovasi, solusi, hingga aplikasi baru, Riky Boy H. Permata bersama dengan Hady Kuswanto memutuskan untuk menciptakan aplikasi voucher digital di 2017.

Sebelumnya di tahun 2014, usaha voucher yang dijalankan masih bersifat konvensional dan demi menjawab kebutuhan dari suara konsumen dengan menemukan permasalahan dalam menyimpan voucher fisik yang mudah rusak, hilang, bahkan tidak menyadari perihal masa berlaku voucher, lantas permasalahan-permasalahan tersebut membuat Hady dan Riky tergerak untuk menciptakan aplikasi Ultra Voucher. 

PT Trimegah Karya Pratama Tbk atau Ultra Voucher merupakan perusahaan teknologi di bidang manufaktur dan distribusi voucher belanja dengan menghadirkan voucher atau kupon belanja baik secara fisik dan digital. Melalui aplikasi Ultra Voucher yang saat ini tersedia di platform Android dan IOS serta Ultra Voucher Gift Card atau UVGC, segala kemudahan dan keuntungan akan didapatkan oleh konsumen baik untuk keperluan perorangan hingga perusahaan. 

Pada awal beralihnya Ultra Voucher ke dunia digital tahun 2017, perusahaan itu hanya memiliki 5 merchant saja yang berkolaborasi untuk tersedia pada aplikasi. Melihat hal tersebut, tak lantas membuatnya berhenti begitu saja dan terus berbenah untuk membuat usaha dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para merchant.

“Dengan terus berinovasi untuk membuat aplikasi kami lebih baik, akhirnya dapat menarik minat merchant lainnya untuk berkolaborasi dan saat ini tercatat sudah lebih dari 500 merchant dan lebih dari 40.000 outlet yang bekerjasama dengan kami di seluruh Indonesia. Hal ini juga didasari atas beragamnya inovasi dan solusi yang kami miliki sesuai dengan kebutuhan dari para merchant (perusahaan),” ujar Riky kepada SWA Online melalui Google Meet (07/02/2022).

Riky memiliki impian untuk dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh pengguna aplikasi atau teknologi yang ia ciptakan dan kembangkan. Bahkan dalam pengembangannya, ia juga melihat potensi teknologi Ultra Voucher dapat diimplementasikan untuk membantu perusahaan lainnya. 

Dalam mengembangkan aplikasi Ultra Voucher seperti sekarang, dia selalu menerapkan spiritcontinuously improve, always develop and always improve untuk selalu menciptakan inovasi dan solusi yang memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk para konsumen, brand,  ataupun merchant. Hal ini diwujudkan dengan bentuk kolaborasi seperti membuat fitur-fitur baru, kanal pembayaran yang aman dan beragam, rekam jejak pelaporan penggunaan voucher yang terintegrasi dan praktis, tata cara penggunaan voucher yang mudah, dan saat ini mulai gencar untuk menawarkan Software as a Service dengan bentuk catalog service.

Tantangan tentunya ada, namun tantangan tersebut justru menjadi acuan perusahaan dalam berinovasi untuk terus memberikan kemudahan, menambah fitur dan menambah jumlah merchant. Kemudahan juga tidak hanya diberikan untuk pelanggan namun juga untuk merchant dengan penggunaan solusi yang lebih seamless.

“Kami sudah pernah merasakan ditolak oleh merchant ketika awal mendirikan perusahaan ini, namun berkat kegigihan, hingga sekarang kami bisa menggaet banyak brands dan merchant serta memberikan berbagai macam solusi tambahan untuk mereka. Faktanya, tercatat dalam pertumbuhan bisnis kami yang terus mengalami peningkatan yang signifikan. Tahun 2021 ketika pandemi kami berhasil untuk melakukan listing di IDX dan menjadi perusahaan terbuka. Kami pun berhasil significantly grow sebesar 261% dari tahun 2020 hingga tahun 2022,” ujar Riky.

Halaman Selanjutnya

Dengan kinerja tersebut dan keberhasilan…


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.