Fitur keyless pada mobil kini cukup diminati karena lebih praktis, aman, dan juga modern. Jika mobilmu adalah keluaran lama, kamu bisa kok memodifikasinya dengan ganti kunci mobil jadi keyless

Keyless pada mobil merupakan fitur canggih di mana pengemudi tidak lagi menggunakan kunci mobil manual untuk menyalakan mesin mobil. Kamu bisa menghidupkan mobil hanya dengan menekan tombol atau remote yang tersedia. 

Di pasaran, sudah banyak tersedia produk aftermarket untuk keyless ini dan bisa digunakan untuk semua merk mobil. 

Untuk penggantian kunci mobil manual ke keyless, baiknya kamu menggunakan jasa pasang keyless mobil. Pasalnya, penggantian ini cukup rumit dan membutuhkan keahlian yang mumpuni.

Untuk informasi lengkap terkait cara ganti kunci mobil jadi keyless dan biayanya, kamu bisa simak di artikel ini, ya!

Cara ganti kunci mobil jadi keyless

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, untuk mengganti kunci mobil jadi keyless tidaklah mudah dan cukup rumit. Namun, jika kamu ingin mengetahui step-stepnya, berikut ini informasinya untuk kamu. 

  • Langkah pertama yakni harus melepas cover stir yang terdapat di lubang kunci serta melepas cover di samping kanan stir.
  • Setelah itu, nantinya kunci mobil manual akan dilepas. 
  • Kemudian, kabel soket akan disambungkan ke soket lainnya.
  • Pasang modul cover i-smart pada bagian tombol start dan stop engine.
  • Kemudian pasang lagi modul cover tanpa lubang kunci.

Jika sudah, maka kamu bisa langsung menyalakan mobil dengan menekan tombol start dan stop engine

Agar fitur ini bekerja dengan baik, pastikan kamu memilih tempat pasang keyless mobil yang terpercaya dan ahli, ya. 

Biaya ganti kunci keyless mobil

Biaya ganti kunci keyless mobil ini tentunya bervariasi. Hal ini bergantung pada jenis mobil dan mereknya. 

Untuk mobil keluaran Jepang seperti mobil Honda Brio, Toyota Avanza hingga Honda Mobilio, biaya ganti kunci keyless mobil biasanya di bawah Rp1 juta. Sedangkan untuk mobil keluaran Eropa, biayanya bisa lebih dari Rp5 jutaan. 

Untuk mobil mewah seperti mobil Ferrari hingga Lamborghini, biayanya cukup fantastis, yakni mencapai Rp10 jutaan. 

Ada beberapa faktor yang membuat biaya ganti kunci keyless mobil ini mahal. Salah satunya adalah pemasangannya yang kompleks. 

Apalagi pada keyless mobil, terdapat chip yang harus dipasang agar bisa bekerja dengan maksimal dan terhubung dengan teknologi modern. 

Dengan adanya chip, keyless mobil ini juga tidak mudah diduplikasi, jadi akan lebih aman.

Tips agar keyless tidak mudah dibobol

Meskipun keyless pada mobil sudah disertai dengan chip dan keamanan yang tinggi, namun tidak menutup kemungkinan mobil kamu dibobol oleh maling. 

Biasanya, para pencuri ini meretas sistem yang ada pada keyless mobil dengan perangkat yang dirakit atau dijual bebas secara online. 

Berikut ini beberapa tips yang harus kamu lakukan agar keyless tetap aman dan tidak dibobol.

1. Menambah kunci pengaman tambahan

Tips pertama agar mobil aman dari pembobolan adalah dengan menambahkan kunci pengaman tambahan seperti kunci setir dan kunci pedal.

Jadi, ketika mobil kamu berhasil dibobol, para pencuri tetap kesulitan membawa kabur mobil karena bagian setir maupun pedal terkunci. 

2. Menggunakan kantong faraday

Beberapa ahli juga menyarankan untuk menggunakan kantong faraday, yakni kantong yang dilapisi dengan wire mesh di mana mampu menghalangi sinyal yang digunakan untuk meretas keyless mobil. 

Letakkan kantong faraday ini di beberapa tempat, seperti di pintu depan rumah, atau di tempat yang cukup jauh dari pintu garasi. Dengan begini, pencuri akan kesulitan untuk memindai sinyal pada keyless mobil. 

Tips dari Lifepal! Mengganti kunci manual mobil jadi keyless merupakan pilihan yang tepat karena lebih praktis dan juga aman. 

Biaya ganti kunci keyless mobil ini tentunya bervariasi. Hal ini bergantung pada jenis mobil dan mereknya. 

Untuk mobil keluaran Jepang seperti mobil Honda Brio, Toyota Avanza hingga Honda Mobilio, biaya ganti kunci keyless mobil biasanya di bawah Rp1 juta. Sedangkan untuk mobil keluaran Eropa, biayanya bisa lebih dari Rp5 jutaan. 

Untuk mobil mewah seperti mobil Ferrari hingga Lamborghini, biayanya cukup fantastis, yakni mencapai Rp10 jutaan. 

Namun, tetap saja kita harus waspada karena pada kenyataannya keyless pada mobil juga bisa dibobol oleh orang lain. 

Pastikan kamu melakukan beberapa tips di atas agar mobil kamu bisa tetap aman, ya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Kenapa kita perlu asuransi mobil?

Meskipun sudah dilengkapi dengan keyless mobil, risiko mobil dicuri tetap saja bisa terjadi. Tentunya kamu tidak ingin mengalami kerugian, bukan? Oleh sebab itu penting untuk memiliki proteksi finansial seperti asuransi mobil. 

Asuransi mobil akan memberikan jaminan ganti rugi untuk berbagai risiko, mulai dari servis mobil kerusakan ringan, kerusakan berat, hingga risiko pencurian mobil. 

Dengan asuransi mobil, finansial kamu akan lebih aman. Kamu juga tidak lagi pusing memikirkan biaya servis mobil yang harus kamu bayarkan.

Kamu bisa memilih asuransi mobil yang cocok, yakni asuransi All Risk dan asuransi TLO. Asuransi All Risk akan menanggung segala jenis kerusakan, sedangkan asuransi TLO hanya akan menanggung kerusakan berat yang nilainya mencapai lebih dari 75% harga mobil.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Cek rekomendasi asuransi mobil terbaik di Lifepal! Preminya mulai dari Rp89 ribuan.

Pertanyaan seputar ganti kunci mobil jadi keyless

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.