Oli mesin mobil perlu diganti secara berkala. Kalau kamu punya mobil Innova, kamu harus tahu seperti apa cara ganti oli mobil Innova sendiri di rumah.

Biasanya, pemilik mobil bisa mengganti oli di bengkel saat melakukan servis berkala. Tapi, kamu juga bisa mengganti oli sendiri di rumah tanpa perlu membawanya ke bengkel.

Cara ganti oli mobil Innova

Pada dasarnya, cara mengganti oli di setiap jenis mobil tak jauh berbeda, begitu pula dengan penggantian oli mobil Innova. Berikut ini cara ganti oli mobil Innova yang bisa dicoba di rumah.

1. Sediakan oli baru

Untuk mengganti oli lama, kamu tentu harus mempersiapkan oli baru. Oli baru bisa dibeli di toko sparepart maupun secara online.

Pilihlah oli dari merek yang tepercaya dan sesuai dengan spesifikasi mesin mobilmu. Selain oli baru, jangan lupa juga untuk mempersiapkan alat pendukung seperti filter oli, dongkrak, kain lap, dan wadah oli bekas.

2. Tunggu sampai mesin mobil dingin

Jangan melakukan penggantian oli dalam keadaan mobil panas. Tunggu sampai mesin mobil sudah dimatikan cukup lama dan kondisi mesin sudah tidak lagi dingin.

Hal ini penting untuk mencegah mobil terkena komponen mesin yang masih panas. Panas dari mesin mobil bisa membahayakan kulit.

3. Dongkrak mobil

Cara ganti oli mobil Innova berikutnya adalah mendongkrak mobil. Gunakan dongkrak yang sudah disiapkan. Mobil perlu didongkrak karena lubang pembuangan oli terletak di bagian bawah mobil.

Jika sudah didongkrak, letakkan wadah untuk menampung oli bekas tepat di bawah lubang pembuangan oli. Lubang ini dikenal juga dengan sebutan karter oli.

Sebaiknya gunakan wadah bermulut besar agar oli bekas bisa ditampung dengan maksimal tanpa keluar dari wadah.

4. Buang oli lama

Dengan posisi wadah berada di bawah lubang oli, saatnya untuk membuka tutup lubang pembuangan oli tersebut. Tutup lubang bisa dibuka dengan menggunakan pembuka baut atau kunci pas.

Setelah tutup dibuka, oli lama akan keluar dan ditampung ke wadah yang sudah disiapkan. Tunggu sampai semua oli sudah terkuras habis.

5. Tuang oli mesin baru

Cara ganti oli mobil Innova yang terakhir adalah memasukkan oli mesin baru. Jika semua oli lama sudah dikuras dan tak tersisa lagi, kamu bisa menutup kembali lubang pembuangan oli.

Setelah itu, dari bagian kap mesin mobil, buka tutup oli dan tuangkan oli baru. Ingat, pastikan lubang pembuangan oli sudah ditutup sebelum kamu menuang oli baru.

Jika sudah, kamu bisa menutup kembali lubang oli di bagian atas mobil dan mesin mobil pun sudah siap untuk digunakan.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

Berapa lama ganti oli mobil Innova?

Setiap mobil memiliki performa dan spesifikasi yang berbeda. Untuk mobil Innova, waktu ganti olinya tak jauh berbeda dengan mobil roda empat lainnya yang digunakan di wilayah perkotaan.

Disarankan untuk ganti oli mobil Innova setiap jarak tempuh kelipatan 10.000 km. Biasanya, saat mobil Innova digunakan untuk berkendara di wilayah perkotaan, jarak tersebut ditempuh dalam waktu 6-12 bulan.

Kalau kamu melakukan servis berkala secara rutin, oli akan diganti secara otomatis oleh teknisi bengkel sebagai bagian dari rangkaian servis berkala di bengkel resmi.

Tanda-tanda oli mobil perlu diganti

Selain menggunakan jarak tempuh sebagai acuan, kamu juga bisa mengenali tanda-tanda oli yang bermasalah dan perlu segera diganti. Berikut ini beberapa tanda oli mobil Innova perlu diganti.

1. Terdengar suara kasar saat mesin dinyalakan

Tanda pertama adalah terdengar adanya suara kasar ketika mesin mobil dinyalakan. Secara khusus, suara kasar ini akan terdengar saat mobil dinyalakan setelah dimatikan dalam waktu lama.

Penyebab munculnya suara kasar dan berisik ini disebabkan oleh ketidakmampuan oli untuk melumasi komponen mesin yang saling bergesekan.

Padahal, jika oli bekerja dengan baik sebagai pelumas, gesekan pada mesin tidak akan terasa kasar dan tidak akan menimbulkan bunyi berisik.

2. Lampu indikator menyala

Lampu indikator bisa ditemukan pada bagian dasbor mobil. Salah satu ikon pada lampu ini adalah ikon indikator oli mesin. 

Indikator oli mesin akan menyala pada dasbor jika ada masalah pada oli mobilmu. Bentuk ikonnya berupa gambar tetesan air berwarna kuning.

Perlu diketahui bahwa lampu ini tidak akan memberi tahu apa penyebab dari menyalanya lampu indiaktor oli mesin. Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti masalah pada oli mesin.

Namun, di antara beberapa kemungkinan penyebab lampu tersebut menyala, salah satu penyebab umumnya adalah masalah pada sistem pelumas mobil alias oli mesin mobil.

3. Mesin mobil terasa kasar

Ciri lainnya yang menjadi penanda bahwa oli perlu segera diganti adalah mesin mobil yang terasa kasar. Mesin terasa kasar karena oli tidak mampu melumasi mesin mobil dengan baik.

Mesin terasa kasar ditandai dengan mesin yang tidak terasa lancar ketika dikendarai. Akan terasa adanya getaran parah pada mesin yang menjadi tanda bahwa oli perlu segera diganti.

4. Akselerasi mesin menurun

Saat oli tidak mampu melumasi mesin dengan baik, hubungan antara satu komponen mesin dengan komponen mesin lainnya akan terasa lebih berat.

Salah satu komponen yang terdampak adalah komponen yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga yang menggerakkan roda. 

Mesin yang tidak terlumasi dengan baik akan bekerja lebih keras untuk menggerakkan komponen, sehingga berdampak pada akselerasi yang menurun.

Berikan perlindungan terbaik untuk keuanganmu dengan asuransi mobil TLO. Asuransi mobil TLO memberikan ganti rugi kerusakan mobil di atas 75 persen dan kehilangan akibat pencurian. Dapatkan asuransi TLO terbaik di Lifepal.

Tips dari Lifepal! Jika sudah merasakan adanya tanda-tanda masalah pada oli mesin, sebaiknya segera ganti oli mesin.

Kamu bisa menerapkan cara ganti oli mobil Innova sendiri di rumah, atau bisa juga membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan servis ganti oli dari teknisi.

Kalau kamu rutin melakukan servis berkala, pihak bengkel resmi akan secara otomatis memberikan layanan penggantian oli sesuai jarak yang sudah ditempuh oleh mobil.

Gunakan perlindungan dari asuransi mobil

Berkendara di jalanan bukannya tanpa resiko, kejadian seperti tabrakan atau terserempet pengendara lain bisa terjadi kapanpun. Tentunya, selain keselamatan kerugian finansial juga tidak bisa dihindari. 

Karena itu, kamu perlu memberikan perlindungan finansial dengan asuransi mobil yang dapat mengcover biaya perbaikan akibat kecelakaan. Asuransi mobil dapat memberikan penggantian biaya servis di bengkel akibat kerusakan kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar cara ganti oli mobil Innova

Mobil Innova disarankan untuk rutin melakukan penggantian oli setiap sudah menempuh jarak kelipatan 10.000 km. Mobil yang dikendarai di wilayah perkotaan biasanya akan mencapai jarak tersebut setelah digunakan selama 6-12 bulan.
Asuransi mobil memberikan manfaat perlindungan berupa penggantian biaya servis di bengkel akibat kecelakaan maupun bencana alam. Jadi, kamu akan terhindari dari risiko finansial yang besar akibat mahalnya biaya perbaikan mobil di bengkel.

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.