Kehadiran iklan yang muncul terlalu sering pada ponsel terkadang cukup mengesalkan. Berikut beberapa cara untuk menghilangkan iklan tersebut.

Bagi sebagian orang, kehadiran iklan yang muncul pada ponsel terkadang cukup mengesalkan. Sebab, iklan yang muncul terlalu sering pasti akan mengganggu aktivitas kala kita memakai ponsel. Selain mengesalkan, adanya iklan di ponsel seringkali membuat loading ponsel terlalu lama. Itu karena ponsel akan menjadi berat sehingga harus bekerja dengan lebih keras. Jika sudah begini, maka satu-satunya cara adalah dengan menghilangkan iklan.

Sebenarnya cara untuk menghilangkan iklan juga tidak sulit, dan masih tergolong aman untuk Anda lakukan sendiri.

 

Cara Menghilangkan Iklan di ponsel dengan Aman!

Iklan yang muncul di ponsel sebenarnya suatu hal yang sangat wajar. Akan tetapi, akan sangat mengganggu apabila iklan tersebut muncul secara terus-menerus. Apalagi tidak jarang iklan akan muncul di pop-up.

Hal itu pasti akan sangat mengganggu dan meresahkan. Jika Anda diamkan begitu saja, maka bisa jadi akan mendatangkan masalah. Sebab, iklan di ponsel juga bisa saja mengandung malware.

Malware tersebut akan mengancam keamanan ponsel. Hal ini bisa saja membuat ponsel menjadi lemot dan data-data di dalamnya dicuri. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan beberapa hal ini sebagai cara menghilangkan iklan di ponsel.

 

Menggunakan Pengaturan Browser Google Chrome

Google Chrome adalah salah satu mesin pencari yang memiliki cukup banyak pengguna di seluruh dunia. Apabila Anda menggunakan browser ini, maka bisa menghilangkan iklan dengan pengaturan yang ada di dalamnya.

Sayangnya masih banyak orang yang tidak menyadari hal tersebut. Terdapat dua cara untuk mengatasi iklan di Google Chrome, yaitu sebagai berikut:

Cara Pertama

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Google Chrome.
  • Klik menu titik tiga yang berada di lokasi bagian kanan atas layar.
  • Kemudian buka ‘Settings’ dan carilah opsi ‘Pop up dan redirects’.
  • Klik dan pilih toggle, hingga tampilan berubah jadi abu-abu, yang menandakan bahwa iklan pop-up sudah terblokir.

Cara Kedua

Untuk cara menghilangkan iklan di ponsel dengan Google Chrome kedua ini berguna jika Anda mendapat iklan dari Chrome ketika tengah mengunjungi situs tertentu. Jika begitu, maka Anda bisa menghapus riwayat pencarian dengan cara berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Chrome dan klik logo titik tiga di atas layar.
  • Gulirkan ke bawah hingga menemukan menu ‘History’.
  • Setelah itu klik dan hapus data penjelajahan.

 

Memanfaatkan Security Settings

Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan iklan adalah dengan memanfaatkan fitur Security Settings yang ada di dalam ponsel.

Umumnya beberapa iklan yang muncul di ponsel dapat memasukkan virus atau malware dari aplikasi berbahaya. Bahkan banyak dari mereka yang menipu pengguna untuk menginstal aplikasi tersebut. Untuk mencegah hal itu, maka Anda bisa memanfaatkan Security Settings di pengaturan ponsel.

Jadi, Anda tidak akan bisa mengunduh aplikasi lain di luar Play Store melalui menu Security Settings ini. Dengan begitu, Security Settings bisa menjadi salah satu cara menghilangkan iklan di ponsel dengan sangat mudah.

 

Matikan Jaringan Seluler atau WiFi

Selanjutnya Anda mungkin bisa melakukan cara menghilangkan iklan di ponsel dengan paling mudah ini, yaitu mematikan jaringan seluler dan juga WiFi. Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan iklan dari aplikasi yang tetap bisa digunakan meski tidak terhubung ke jaringan internet.

Karena sebenarnya iklan dalam sebuah aplikasi akan masuk jika perangkat terhubung dengan internet. Maka saat internet mati, aplikasi tidak dapat memproses atau mengunduh materi iklan terlebih dahulu.

Anda cukup mengatur ponsel menjadi mode pesawat karena akan secara otomatis mematikan jaringan seluler dan WiFi. Dengan begitu, maka iklan tidak akan muncul satupun di dalam aplikasi tersebut maupun pop-up yang mengganggu.

 

Menggunakan Aplikasi UC Browser

Selain Chrome, Anda juga bisa menggunakan IC Browser untuk berselancar di internet dengan lebih aman. UC Browser ini bahkan lebih cepat daripada Chrome karena memiliki Engine U4. Dengan UC Browser, maka mengunduh file hingga menonton video bisa lebih cepat.

Menariknya lagi, UC Browser memiliki fitur Ad Block yang berguna menjadi cara menghilangkan iklan di ponsel yang sangat mengganggu. Begini cara menggunakannya:

  • Bukalah aplikasi UC Browser di dalam ponsel.
  • Klik tanda garis atau titik tiga di layar dan pilih menu ‘Settings’.
  • Jika sudah, maka klik “site settings”, lalu pilih menu ‘Pop-up and redirect’ dan kemudian ‘Toggle’.
  • Ketika tampilan sudah berubah menjadi abu-abu, maka artinya UC Browser sudah memblokir notifikasi dari situs tertentu.

 

Menggunakan Aplikasi Adguard

Cara menghilangkan iklan di ponsel selanjutnya dengan memanfaatkan aplikasi yang ada. Adguard merupakan sebuah aplikasi yang dapat melindungi ponsel Android Anda dari iklan yang berbahaya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa melakukan pemindaian untuk semua aplikasi yang terinstal di ponsel untuk melihat apakah mengandung bahaya atau tidak. Adguard memiliki interface yang sangat modern.

  • Desain Adguard tergolong simpel sehingga mudah untuk dipahami. Untuk menggunakannya pun juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah di bawah ini:
  • Download dan instal terlebih dahulu aplikasi Adguard di Google Play Store.
  • Jika sudah, buka aplikasi dan klik ikon power untuk memulai Adguard, yaitu fitur blokir iklan.
  • Ceklis semua konfigurasi yang muncul di dalam aplikasi.

Jika sudah, maka iklan di ponsel akan secara otomatis terblokir. Sebenarnya aplikasi Adguard ini tersedia secara gratis. Akan tetapi, Anda bisa mendapatkan kontrol penuh apabila menggunakan versi berbayar dari Adguard.

 

Menggunakan Aplikasi AdClear

Selanjutnya ini masih menjadi cara menghilangkan iklan di ponsel dengan aplikasi. Kali ini rekomendasi yang bisa Anda gunakan adalah AdClear.

Sesuai dengan namanya, AdClear berfungsi untuk membersihkan iklan dari ponsel secara keseluruhan. Aplikasi ini memiliki fitur memblokir iklan yang sangat menarik. Sehingga, Anda tidak akan terganggu iklan saat menggunakan browser atau aplikasi lain.

Cara menggunakan aplikasi AdClear adalah sebagai berikut:

  • Unduh dan instal aplikasi AdClear melalui Google Play Store.
  • Buk aplikasi AdClear untuk melihat menunya.
  • Setelah itu, segera konfigurasikan AdClear dengan browser yang akan Anda gunakan.

Iklan-iklan di dalam browser yang terkonfigurasi dengan aplikasi AdClear ini tidak akan memunculkan iklan yang akan mengganggu Anda lagi.

 

Membayar Biaya Langganan

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan iklan adalah membayar biaya langganan. Beberapa aplikasi menyediakan versi premium mereka yang benar-benar bebas dari iklan.

Apabila Anda tidak berlangganan, maka iklan akan terus-menerus muncul di dalam aplikasi. Untuk itu, Anda bisa menerima penawaran developer yang memberikan opsi membayar biaya langganan. Setelah berlangganan, sudah pasti Anda tidak akan lagi menemukan iklan di dalamnya. Sehingga, Anda akan lebih nyaman dalam menggunakan aplikasi tersebut dalam waktu yang lama.

Itu adalah beberapa cara menghilangkan iklan di ponsel versi kawangadget.com ya teman. Cara tersebut sangat mudah dan tidak memiliki risiko tinggi, sehingga Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa bantuan orang lain. Anda bisa memilih cara yang paling menarik dan mudah untuk dicoba.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.