Penyerang tim nasional Prancis Karim Benzema absen dari laga Piala Dunia di Qatar setelah mengalami cedera otot saat latihan, kata federasi sepak bola Prancis pada Sabtu (19/11).

Pemenang Ballon d’Or, yang mengalami masalah otot, itu terpaksa meninggalkan sesi latihan squad Prancis –yang dikenal dengan sebutan Les Bleus — pada Sabtu (19/11) pagi.

“Saya sangat sedih untuk Karim yang menjadikan Piala Dunia ini sebagai tujuan utama. Meskipun ini merupakan pukulan baru untuk tim Prancis, saya percaya pada grup saya. Kami akan melakukan segalanya untuk menghadapi tantangan besar yang menanti kami,” kata pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps, dalam sebuah pernyataan.

Benzema memiliki musim yang luar biasa bersama Real Madrid pada musim lalu. Ia berhasil merobek gawang lawan sebanyak 44 gol dalam 46 pertandingan di semua kompetisi saat ia membantu membawa mereka meraih gelar ganda LaLiga dan Liga Champions.

Penyerang Real Madrid asal Prancis Karim Benzema menerima penghargaan Ballon d’Or dalam upacara penghargaan Ballon d’Or France Football 2022 di Theatre du Chatelet di Paris pada 17 Oktober 2022. (Foto: AFP/Frank Fife)

Benzema adalah pencetak gol terbanyak Prancis di Piala Dunia 2014, tetapi bukan bagian dari kemenangan Les Bleus di ajang laga sepak bola bergengsi itu pada edisi 2018. Ia baru kembali ke tim Prancis pada tahun lalu setelah absen selama enam tahun.

Sejak kembali ke timnas, Benzema telah mencetak 10 gol dalam 16 penampilan.

“Saya tidak pernah menyerah dalam hidup saya, tetapi malam ini saya harus memikirkan tim, seperti yang selalu saya lakukan,” tulis Benzema dalam sebuah unggahan di instagram yang menggunakan bahasa Prancis.

Deschamps Putuskan Tak Gantikan Posisi Benzema

Sementara itu Deschamps memutuskan untuk tidak mengganti posisi Benzema yang cedera dalam squadnya. Keputusan tersebut membuat Les Bleus bermain hanya dengan 25 pemain dalam misinya mempertahankan gelar juara dunia.

Ditanya pada Minggu (20/11) oleh TeleFoot apakah dia akan menggantikan pemenang Ballon d’Or di skuadnya, Deschamps mengatakan “Tidak.”

“Ini adalah grup yang berkualitas,” tambahnya. “Dalam segala hal yang mereka lakukan, baik di dalam maupun di luar lapangan, mereka bersatu. Saya percaya pada mereka,” tukasnya.

Benzema adalah pemain Prancis kedua yang cedera dalam sesi latihan. Sebelumnya pemain depan Christopher Nkunku juga mengalami cedera, dan posisinya digantikan oleh Randal Kolo Muani.

Gelandang berpengaruh Paul Pogba dan N’Golo Kante absen dari turnamen karena cedera sebelum Deschamps menunjuk skuadnya.

Prancis akan membuka turnamen Piala Dunia dengan melawan Australia pada Selasa (22/11) dan juga melawan Tunisia dan Denmark di Grup D. [ah]

Artikel ini bersumber dari www.voaindonesia.com.