Merdeka.com – Klaim Bharada E dan Bripka RR bebas dari penahanan beredar di media sosial. Salah satu pengguna Facebook, Teratai Jingga mengunggah video tersebut dengan judul “Bharada E dan Bripka RR Bebas, Bersama Petinggi Polri Richard – Ricky Rizal Saksikan Sambo Dihukum.”

Video yang diunggah 18 November 2022 itu telah ditonton lebih dari 8,1 juta kali, mendapat 33 ribu suka, hingga 2 ribu komentar. Bahkan, salah satu warganet memberikan komentar sebagai berikut.

Benarkah sudah bebas barada. E . .kalo benar ikut seneng . . Liat wajah polosny banyak orang iba . Apalagi Pak pengacaranya sabar membimbingnya.

©Facebook

Benarkah Bharada E atau Richard Eliezer dan Bripka Ricky Rizal bebas dari tahanan?

Penelusuran

Diketahui sidang Bharada E maupun Ferdy Sambo sempat ditunda selama sepekan. Sidang Ferdy Sambo yang awalnya digelar 14 November harus diundur dan dilaksanakan 21 November 2022.

“Diundur jadi pekan depan sidangnya,” ucap Syarief Sulaeman Nahdi, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Minggu (13/11), seperti dikutip dari merdeka.com.

Penundaan ini disebut akan digunakan untuk evaluasi proses persidangan dan pengamanan selama sidang berlangsung.

Sementara itu, narator dalam video tampak membacakan artikel yang dikeluarkan selebtek.suara.com berjudul “Dinilai Sebagai Cerminan Masyarakat, Bharada E kini Dinobatkan Menjadi Idola”. Dalam tulisan tersebut, seorang pakar hukum, Hibnu Nugroho dinilai menyudutkan Bharada E saat sidang.

Hibnu Nugroho menyebut Bharada E tidak semudah itu lolos dari hukuman berat karena telah terbukti melakukan penembakan bertubi-tubi. Meski begitu, Hibnu Nugroho mengatakan motif keterpaksaan dalam melakukan penembakan dapat menjadi faktor yang meringankan hukuman Bharada E.

“Faktor yang meringankan antara lain ada motif keterpaksaan untuk melakukan suatu penembakan. Tapi keterpaksaan ini, kalau kita lihat, kenapa penembakannya tidak hanya sekali tetapi lebih dari satu kali? Ini yang mungkin agak sedikit memberatkan nantinya terhadap Bharada E,” ujar Hibnu.

Sebagai informasi, sidang Bharada E, Kuat Ma’ruf, dan Ricky Rizal atas kasus dugaan pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J kembali digelar pada hari ini, Senin (21/11). Sidang kali ini menghadirkan 10 anggota Polres Jakarta Selatan sebagai saksi.

Sementara itu, sidang Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi akan digelar pada Selasa (22/11). Sidang masih mendengarkan keterangan saksi.

Kesimpulan

Klaim Bharada E dan Bripka RR bebas adalah hoaks. Hingga saat ini, Senin (21/11) keduanya masih menjalani persidangan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.facebook.com/watch/?v=1785107235180497&ref=sharing
https://www.merdeka.com/peristiwa/sidang-ditunda-kuasa-hukum-bharada-e-punya-waktu-perdalam-materi.html
https://news.detik.com/berita/d-6417006/10-polisi-bakal-bersaksi-di-sidang-kuat-maruf-dan-bharada-e-hari-ini
https://selebtek.suara.com/read/2022/10/27/085036/dinilai-sebagai-cerminan-masyarakat-bharada-e-kini-dinobatkan-menjadi-idola

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.