Penyakit GERD bisa menurunkan kualitas tidur penderitanya. Foto: envato elements

GenPI.co – Kondisi cemas yang sering dialami penderita asam lambung rupanya harus segera ditangani lantaran bisa berbahaya. Dalam dunia medis, hal ini disebut pula dengan GERD anxiety disorder.

Dilansir dari Medical News Today, GERD anxiety disorder adalah kondisi rasa cemas yang hadir bersamaan dengan timbulnya GERD.

Kecemasan yang hadir pada diri seseorang dianggap akan lebih sensitif gejala-gejala GERD, terlebih bagi orang yang memiliki riwayat sakit GERD.

BACA JUGA:  Pengidap GERD Wajib Tahu, Soda Kue Bikin Asam Lambung Ambrol

Gastroesphaegal reflux disease (GERD) merupakan kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan, saluran yang menghubungkan mulut dengan perut.

Kondisi ini terjadi karena katup di ujung kerongkongan tidak menutup dengan benar ketika makanan tiba di lambung. Sehingga asam mengalir naik melalui kerongkongan.

BACA JUGA:  Asam Lambung Sering Kambuh, Penderita GERD Konsumsi 3 Bahan Alami

Ketika asam lambung naik, akan muncul gejala seperti perut nyeri atau sendawa yang terasa asam. Rasa nyeri tersebut bisa semakin memburuk saat seseorang merasa cemas dan akan lebih sensitif terhadap rasa sakit.

Penderita yang mengalami GERD anxiety disorder akan mengalami gejala yang berbeda-beda. Namun, ada beberapa gejala umum yang biasa dialami penderita, seperti sensasi rasa nyeri atau seperti ada benjolan di kerongkongan.

BACA JUGA:  Hal Ini Jadi Penyebab GERD pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Selain itu, ada beberapa GERD anxiety disorder lainnya, di antaranya nyeri di dada, kesulitan menelan makanan, keluarnya sedikit cairan atau makanan ketika bersendawa, merasa gelisah dan gugup, kesulitan mengendalikan pikiran, detak jantung meningkat hingga sesak napas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.