Sama seperti perusahaan asuransi lainnya, polis dari Manulife berisi data-data penting. Seperti apa contoh polis asuransi Manulife? Dan apa saja isinya?

Polis asuransi sendiri adalah perjanjian asuransi antara perusahaan asuransi dan nasabah asuransi. Oleh karena itu, nasabah asuransi seharusnya mengetahui isi yang termuat dalam dokumen polis asuransi.

Polis inilah yang akan menjadi acuan saat nasabah ingin mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi. Selain itu, polis juga melindungi perusahaan asuransi apabila nasabah menuntut hak di luar perjanjian.

Contoh polis asuransi Manulife 

Di dalam polis asuransi Manulife, tertera informasi mengenai ketentuan polis, hak dan kewajiban nasabah serta perusahaan asuransi, serta istilah-istilah seputar asuransi tersebut.

Secara garis besar, di dalam polis dari Manulife akan tertera beberapa ketentuan seperti berikut ini: 

  • Jangka waktu berlakunya pertanggungan asuransi
  • Risiko-risiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi
  • Manfaat apa saja yang diperjanjikan
  • Cara pembayaran, tenggang waktu jatuh tempo, dan periode yang diakui sebagai saat penerimaan premi
  • Kurs dan mata uang yang digunakan apabila klaim atau pembayaran premi dilakukan tidak menggunakan rupiah
  • Kebijakan dan konsekuensi apabila pembayaran premi melewati jatuh tempo
  • Perhitungan dividen dan nilai tunai jika diperlukan
  • Klausula yang digunakan ketika perusahaan, peserta, pemegang polis, atau tertanggung ingin menghentikan pertanggungan, termasuk didalamnya mengenai sebab-sebab dan syarat
  • Tata cara pengajuan klaim, bukti pendukung, dan syarat-syaratnya
  • Langkah-langkah pembayaran dan penyelesaian klaim
  • Klausula mengenai penyelesaian sengketa, memuat yurisdiksi dan mekanisme di dalam maupun di luar pengadilan

Cara cek polis asuransi Manulife

Jika kamu adalah nasabah asuransi Manulife, ada baiknya kamu tahu cara cek polisnya. Memang dianjurkan untuk mengecek polis secara rutin. Tujuannya untuk memperbarui data serta melihat informasi saldo.

Mengetahui besaran saldo asuransi membantu nasabah menjadi lebih tenang dan siap. Nasabah juga bisa memprediksi kekuatan finansial dirinya untuk mengatasi kondisi-kondisi di masa depan.

Untuk nasabah asuransi unit link Manulife, nilai saldo asuransi unit link akan sangat fluktuatif karena saldo tersebut berfungsi sebagai investasi yang bergantung pada kondisi pasar terkini. 

Ada dua cara cek polis asuransi Manulife, bisa dengan cara online maupun offline. Berikut ini penjelasan mengenai cara cek saldo Manulife tersebut.

Cara cek polis asuransi Manulife online

Untuk mengecek secara online, ada tiga cara yang bisa kamu lakukan, yaitu lewat situs, aplikasi, atau melalui email.

1. MiAccount via situs web

  • Masuk ke website Manulife dengan alamat
  • Kemudian pilihlah “MiAccount” di laman tersebut.
  • Pilih “Individual” bagi nasabah yang punya polis individu.
  • Lalu pilih “Life”, Health & Accident”.
  • Jika belum punya akun sebelumnya, kamu harus mendaftar dahulu untuk bisa mengakses MiAccount.
  • Kalau sudah punya akun, kamu bisa login untuk mendapatkan informasi lengkap tentang polis  asuransi. Informasi yang tersedia mulai dari nilai polis, hingga status klaim asuransi.

2. MiAccount di aplikasi

Untuk memiliki dan mengakses aplikasi MiAccount dari Manulife ternyata cukup mudah. Aplikasi ini juga sudah bisa beroperasi pada smartphone Android atau iOS.

  • Buka Apple App Store atau Google Play Store
  • Kemudian carilah aplikasi “MiAccount” dengan mengetik namanya pada kolom pencarian.
  • Setelah itu install aplikasi MiAccount.
  • Jika sudah terinstall, coba akses aplikasi tersebut.
  • Pilihlah ikon individu jika kamu nasabah individu, kemudian pilih Life, Health & Accident.
  • Kalau belum pernah mendaftar di MiAccount, kamu perlu mendaftar dulu.

3. Cara cek polis Manulife via email

Kamu bisa mengirimkan email yang ditujukan untuk Customer Service Manulife. Untuk nasabah polis individu dan DPLK (Pensiun)/Group Saving bisa mengirimkan email ke alamat [email protected]

Sedangkan untuk nasabah nasabah GLH (Group Life and Health) bisa mengirimkan email ke alamat [email protected]

Isilah subjek email dengan “Cek Saldo Asuransi Manulife”. Selain itu, kamu harus melampirkan scan polis dan KTP.

4. Cara cek polis Manulife lewat website resmi

Selain melalui aplikasi MiAccount, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap yang kamu butuhkan dari PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia lewat website resmi yang disediakan.

Bukalah laman website resmi Manulife di alamat

Cara cek polis asuransi Manulife offline

Cara cek polis via online memang lebih praktis dan mudah. Namun terkadang banyak dari nasabah Manulife yang lebih nyaman untuk melakukan pengecekan contoh polis asuransi Manulife dengan cara offline

Apakah kamu salah satunya? Jika iya, berikut ini beberapa panduan pengecekan polis secara offline.

1. Cek polis lewat agen asuransi atau staf marketing

Berikut adalah panduan yang bisa kamu ikuti untuk mengecek polis asuransi Manulife melalui staf marketing atau agen asuransi:

  • Hubungi agen asuransi atau staf marketing asuransi Manulife yang dulu membantu membuka polis asuransi.
  • Sampaikan maksud kamu untuk mengecek polis asuransi kamu.
  • Tunggulah kabar darinya untuk informasi yang kamu butuhkan.

2. Cek polis asuransi via kantor

Cara lain untuk mengecek polis asuransi Manulife secara offline adalah dengan mendatangi kantor asuransi Manulife. Namun pastikan untuk membawa dokumen persyaratan berupa:

  • Fotokopi KTP
  • Nomor rekening
  • Buku polis
  • Dokumen lainnya

Dokumen tersebut bisa dibawa saat mendatangi kantor Manulife. Adapun alamat kantornya ada di Gedung Sampoerna Strategic Square, Ground floor – North Tower, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 45-46 Jakarta Selatan 12930.

3. Cek polis asuransi Manulife lewat call center

Hubungi call center Manulife Care di nomor (021) 2555 7777. Kemudian jelaskan kebutuhan kamu untuk mengecek polis asuransi dan saldonya.

Daftar produk asuransi Manulife

Sebenarnya, ada banyak sekali produk yang disediakan oleh Manulife. Produk tersebut terdiri dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan lain sebagainya.

Sebagai gambaran mengenai asuransi Manulife, berikut ini beberapa daftar produknya.

1. MiUltimate HealthCare

Dari namanya, kamu tentu tahu bahwa produk yang satu ini merupakan produk asuransi kesehatan Manulife. Polis ini memberikan jaminan atas perawatan di rumah sakit yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan. 

Produk ini juga menanggung risiko penyakit kritis. Masa pertanggungannya cukup panjang, sampai nasabah berusia 110 tahun dengan tanggungan anak hingga usia 25 tahun. 

2. Manulife Essential Assurance

Produk yang satu ini merupakan polis asuransi jiwa dari Manulife. Manulife Essential Assurance memberikan perlindungan jiwa seumur hidup bagi nasabah hingga usia tertanggung mencapai 99 tahun.

Nasabah bisa memilih sendiri masa pembayarannya mulai dari 5-20 tahun. Tersedia juga manfaat tambahan berupa risiko meninggal akibat kecelakaan.

3. MiCredit Assurance-Balance (MiCA Balance)

MiCredit Assurance-Balance (MiCA Balance) merupakan produk asuransi jiwa dengan perlindungan khusus, yaitu perlindungan finansial dari tagihan kartu kredit.

Secara khusus, MiCredit Assurance-Balance (MiCA Balance) merupakan hasil dari kerja sama Manulife dengan bank DBS Indonesia, sehingga cocok digunakan oleh pengguna kartu kredit DBS.

4. Manulife Prime Assurance

Produk yang satu ini merupakan produk asuransi jiwa unit link yang mengombinasikan manfaat asuransi dengan investasi. 

Produk ini menyediakan tiga proteksi sekaligus dalam satu polis. Selain manfaat asuransi dan perlindungan jiwa, Manulife Prime Assurance juga memberikan perlindungan kesehatan.

5. MiGolden Retirement

Produk MiGolden Retirement merupakan jenis asuransi dwiguna yang bisa digunakan sebagai persiapan dana pensiun di masa depan.

Manfaatnya bisa didapatkan saat nasabah mencapai usia pensiun normal, yaitu minimal 40 tahun. Tapi, manfaatnya bisa dipercepat hingga 10 tahun lebih cepat dari usia pensiun normal.

Daftar di atas hanyalah sedikit dari sekian banyaknya polis asuransi Manulife. Cari tahu lebih banyak tentang asuransi Manulife di Lifepal.

Tips dari Lifepal! Jika kamu adalah nasabah asuransi Manulife, ada baiknya kamu tahu cara cek polis asuransi Manulife. 

Memang kita sebaiknya mengecek polis asuransi secara rutin. Kenapa? Pertama untuk memperbarui data, dan kedua adalah melihat informasi saldo.

Bagi nasabah asuransi unit link Manulife, akan sangat penting untuk selalu mengecek saldo asuransi. 

Sebab nilai saldo asuransi unit link akan sangat fluktuatif, karena saldo tersebut berfungsi sebagai investasi yang bergantung pada kondisi pasar terkini. 

Kenapa harus siapkan dana darurat?

Dana darurat adalah sejumlah dana yang perlu kamu siapkan dalam anggaran. Dana ini nantinya dapat kamu pakai untuk menghadapi berbagai kondisi yang tidak diinginkan dalam keseharian.

Jadi dana ini hanya akan digunakan untuk keperluan darurat, yang tidak bisa teratasi dengan anggaran lainnya. Oleh karena itu, siapkan juga dana darurat untuk keamanan finansialmu.

Sudah tahu berapa nominal dana darurat yang perlu dipersiapkan? Coba hitung dulu dengan kalkulator dana darurat dari Lifepal berikut ini.

FAQ seputar contoh polis asuransi Manulife

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.