2 menit

Sedang ditugaskan membuat teks tanggapan kritis tapi enggak tahu cara pembuatannya? Yuk, lihat saja informasi lengkap beserta contoh teks tanggapan kritis pada artikel ini.

Berpikir kritis adalah salah satu kemapuanan yang wajib dimiliki oleh semua orang.

Pasalnya, kemampuan ini sangat diperlukan dalam meningkatkan kepemimpinan di organisasi hingga sekolah.

Dengan begitu, tak heran bila kurikulum pendidikan bahasa Indonesia di sekolah memasukkan materi teks tanggapan kritis agar bisa melatih pelajar dalam meningkatkan berpikir tanggap atas suatu pendapat.

Teks tanggapan kritis adalah salah satu jenis teks yang isinya berupa kritikan yang bersifat keras terhadap suatu pendapat yang dinilai salah.

Nah, kali ini Berita 99.co Indonesia telah menghimpun kumpulan contoh teks tanggapan kritis yang bisa kamu simak dalam uraian di bawah ini.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Terbaik

Berikut ini contoh tanggapan kritis beserta struktur teks yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Sekolah

Evaluasi

Kamu yang baru saja lulus SMP mungkin akan mengalami kegalauan dalam memilih sekolah lanjutan antara SMK atau SMA. Setiap pilihan pasti akan ada konsekuensinya. Namun, menentukan pendidikan setelah SMP tentu perlu berdasarkan beberapa faktor yang cukup penting.

Deksripsi Teks

Melanjutkan ke SMA tentu memudahkan kamu untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Hal tersebut juga di sesuaikan dengan jurusan yang diambil ketika SMA. Misalnya ketika SMA kamu mengambil jurusan IPA, maka pilihan perguruan tinggi berkaitan dengan ilmu sains.

Sementara untuk SMK, setelah lulus kamu bisa langsung bekerja sesuai dengan jurusan yang kamu pilih. Ketika pelajaran, di SMA lebih menekankan pada teori, sedangkan untuk SMK lebih fokus pada kegiatan praktik dibandingkan teori.

Lulusan SMK juga bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, tapi jurusan yang bisa dipilih cukup terbatas dan disesuaikan dengan bidang yang diambil sewaktu SMK.

Penegasan Ulang

Dari banyaknya pertimbangan itu, kita bisa menyimpulkan bahwa lulusan SMK bisa langsung bekerja, tapi bisa juga untuk berkuliah. Jika ingin kuliah, jurusan yang bisa diambil terbatas dan biasanya disesuaikan dengan jurusan sewaktu SMK. Sementara lulusan SMA, dapat memilih jurusan kuliah yang cakupannya lebih luas, asalkan sesuai dengan jurusan sewaktu SMA.

2. Contoh Teks Tanggapan Kritis tentang Investasi Bodong

Evaluasi:

Dewasa ini, telah banyak tersebar investasi bodong di Indonesia. Bahkan ada juga influencer kaya yang merekomendasikan investasi bodong ke pengikutnya. Adapun cara influencer menyebarkan informasi tentang investasi bodong itu dengan cara memamerkan harta kekayaannya. Ya, mereka menyebut bahwa hasil kekayaannya berasal dari menanam saham hingga Bitcoin.

Hingga akhirnya, terkuak sudah salah satu dari mereka yang mempromosikan salah satu aplikasi investasi bodong.  Sosok influencer tersebut ditangkap polisi dan disita seluruh asetnya karena dianggap telah membohongi banyak masyarakat.

Deskripsi:

Jadi, influencer tersebut merupakan seorang affiliator yang mempromosikan platform investasi bodong lewat beberapa tren viral, salah satunya pamer harta kekayaan. Hal itu terbukti dapat menyerap berbagai orang yang ingin tergabung kedalam aset bodongnya.  Alih-alih ingin untung dan kaya seperti para influencer, masyarakat yang mengikuti mereka malah jadi jatuh miskin akibat merugi.

Penegasan Ulang

Maka, terdapat berbagai kritik dan pesan untuk para masyarakat bahwa jangan tergiur dengan ucapan orang menginginkan kekayaan tanpa usaha. Pasalnya, hal itu dinilai mustahil karena pada hakikatnya kerja keras  akan membuahkan hasil yang setimpal dengan perjuanganmu. Dengan demikian, tentu tidak ada orang yang cepat kaya dengan cara instan.

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Simak informasi menarik lainnya di Google News dan Berita 99.co.

Kunjungi 99.co/id dan rumah123.com untuk menemukan hunian impianmu dari sekarang.

Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti, karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Kunjungi dari sekarang dan temukan hunian favoritmu, salah satunya Griya Megah Land!

Artikel ini bersumber dari berita.99.co.