SURYA.CO.ID, KOTA MOJOKERTO – Kota Mojokerto terpilih menjadi tempat tujuan ke-10 penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). Rencananya, puncak kegiatan PRS bertajuk ‘Pede Memimpin Perubahan’ ini akan dilaksanakan di Lapangan Raden Wijaya Surodinawan, Mojokerto, pada 25-27 November 2020.

Gelaran PRS dari bank pelat merah ini bertujuan mengajak seluruh pelaku UMKM lebih percaya diri, berani berinovasi dan berbisnis demi perubahan positif bagi perekonomian Indonesia. Sekaligus dapat meningkatkan UMKM unggulan asli Kota Mojokerto. Kegiatan ini semakin semarak dengan adanya bazaar UMKM, workshop, games dan hiburan dari musisi ibu kota.

Direktur Bisnis Mikro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK, Supari mengatakan PRS 2022 ini merupakan salah satu upaya untuk mengedukasi digitalisasi finansial dan peningkatan literasi keuangan dalam pemberdayaan UMKM melalui layanan keuangan.

“BRI lewat Pesta Rakyat Simpedes 2022 untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, pemberdayaan UMKM dan menumbuhkan pelaku UMKM, sekaligus memberikan layanan yang utuh pada seluruh nasabah,” jelas Supari melalui keterangan tertulis, Kamis (24/11/2022).

Adapun rangkaian PRS di Kota Mojokerto meliputi Grebek Pasar dengan sasaran 10 pasar tradisional, pada 20-24 November mulai pukul 07.30 hingga pukul 14.00 WIB. Grebek Pasar itu sebagai bentuk dukungan BRI untuk mengenalkan produk perbankan (Peningkatan Inklusi Keuangan) dan mendorong penggunaan uang digital serta menggunakan pembayaran Cashless.

Sedangkan, sasaran lokasi Grebek Pasar yakni Pasar Mojoagung, Pasar Tanjung Anyar, Pasar Pon Jejer, Pasar Gedangan, Pasar Larangan, Pasar Porong, Pasar Krian, Pasar Prambon, Pasar Peterongan, Pasar Ploso dan Pasar Citra Niaga.

“PRS akan menyapa masyarakat dengan menghadirkan layanan keuangan, kesehatan, pesta kuliner dan workshop UMKM kreatif bisnis, acara juga panggung hiburan yang diisi oleh penyanyi dan sederet komika Tanah Air,” ucap Supari.

Puncak acara PRS mengusung konsep enam pilar utama di antaranya Pasar, Pojok X’sis, Peduli, Pawai, Panen, dan Panggung. Kemudian, sebanyak 150 booth UMKM unggulan, Pojok X’sis area selfie atau photobooth, e-sport community, taman bermain Simpedes, dan Simpedes games bagi pengunjung.

Pemeriksaan kesehatan gratis dan pengunjung bisa mendonorkan darah saat event berlangsung. Pengunjung laki-laki mulai usia 10 tahun ke atas dapat memotong rambut sebesar Rp.1,- menggunakan QR BRIMO.

Artis ibu kota turut meramaikan PSR di Kota Mojokerto meliputi Padi Reborn, Nella Kharisma, Rizky Febian, D’masiv, Happy Asmara, Dewi Persik dan hiburan artis lokal Angger Aditya dan Rastamanies.

Para pengunjung dapat masuk ke area PRS dengan melakukan scan PeduliLindungi, mengunduh aplikasi BRIMO dan melakukan scan QRIS sebesar Rp.1,- di ticket box yang telah disediakan. Tak hanya itu, PRS di Mojokerto dapat disaksikan secara live di Kompas TV, pada Sabtu 26 November mulai pukul 08:30–10:30 WIB dan 15:00-17:00 WIB. *****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.