NUSADAILY.COM – JERMAN – Seorang diplomat Jerman, Uwe Herbert Hahn dianggap bertanggung jawab atas kematian suaminya. Menurut informasi SPIEGEL, seorang perwira tinggi konsuler Jerman kini kembali ke negara asalnya. Sekarang LKA Berlin sedang menyelidiki.

– Advertisement –

Diplomat Jerman, yang ditangkap di Brasil pada awal Agustus karena pembunuhan, telah kembali ke Jerman.

Melansir Spiegel.de, pria berusia 60 tahun itu mendarat pada Senin pagi dalam penerbangan terjadwal di Frankfurt.

Pria itu secara mengejutkan bebas setelah beberapa minggu ditahan karena kantor kejaksaan tidak menyerahkan dokumen yang diperlukan untuk dakwaan terhadap Jerman.

Setelah dibebaskan, diplomat Jerman di Rio de Janeiro itu rupanya langsung menuju bandara dan naik jet Lufthansa ke Frankfurt, karena tidak ada larangan keluar yang diberlakukan padanya.

Pria itu ditangkap karena dicurigai membunuh suaminya yang berkebangsaan Belgia pada 5 Agustus. Diplomat itu sendiri telah menyatakan bahwa suaminya telah jatuh dari balkon apartemen. Itu terjadi setelah perselisihan dan ia  sedang di bawah pengaruh alkohol dan obat-obatan.

Polisi, bagaimanapun, meragukan versi tersebut karena jejak darah ditemukan di apartemen, yang mengindikasikan perkelahian. Seorang koroner kemudian menemukan berbagai luka di tubuh dan percaya korban dibunuh oleh trauma benda tumpul.

Bagaimana kelanjutan kasus ini tidak jelas. Di Jerman, komisi pembunuhan keempat dari Kantor Polisi Kriminal Negara Berlin akan mengambil alih penyelidikan.

Baca juga: Populasi Serigala di Austria Berlipat Ganda

Penyidik ​​kini mengajukan permohonan bantuan hukum ke Brasil melalui lembaga peradilan guna mendapatkan hasil penelitian dari kepolisian setempat.

Diplomat Senior

Tersangka adalah Kanselir di Konsulat Jenderal di Brasil dan dengan demikian, ia salah satu diplomat berpangkat tinggi di perwakilan negara itu. Dia harus dipindahkan ke pos baru di Haiti dalam beberapa bulan mendatang.

Ia berkata kepada polisi bahwa hal itulah yang menjadi penyebab pertengkaran sengit di antara dirinya dan suaminya.

Kantor Luar Negeri tidak ingin mengatakan sesuatu yang spesifik tentang kepulangannya tersebut ke Jerman.

Seorang juru bicara mengatakan mereka telah melakukan kontak dengan pihak berwenang setempat dalam beberapa pekan terakhir dan mengetahui bahwa orang Jerman itu telah dibebaskan dari tahanan. Untuk alasan perlindungan privasi, bagaimanapun, ia tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut.

Baca juga: Orang Tak Dikenal Bakar Akomodasi Pengungsi di Leipzig

Kasus ini menjadi berita utama di Brasil dan Jerman. Sebagian karena otoritas investigasi setempat mengumumkan sebagian besar penyelidikan itu kepada publik. Termasuk foto-foto dari apartemen kedua pria itu. Bahkan sebagian dari video interogasi diplomat itu juga dipublikasikan di media sosial. (jrm3/lna)


Artikel ini bersumber dari nusadaily.com.