Memakai high heels atau alas kaki hak tinggi memiliki risiko terjadinya varises. Foto: envato elements

GenPI.co – Memakai high heels atau alas kaki hak tinggi memiliki risiko terjadinya varises. Pasalnya, posisi kaki saat memakai hak tinggi membuat ada tekanan tinggi di bagian betis dan membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar.

Spesialis bedah vaskular dr. Febiansyah Kartadinata Rachim, Sp. B, Subsp. BVE (K) menyarankan untuk sering mengistirahatkan kaki.

“Istirahatkan kaki, lalu lemaskan dan putar-putar, digoyang-goyang, sesekali harus relaksasi agar betis dan kaki tidak tegang,” kata Febiansyah di Jakarta, Senin (21/11/2022).

BACA JUGA:  Sepatu Ajaib Bernama Moonwalker, Meningkatkan Kecepatan berjalan Hingga 250 Persen

Penanganan awal untuk varises adalah elevasi kaki, mengangkat kaki secukupnya agar berada di atas jantung. Kamu bisa mengganjal kaki dengan bantal agar darah dari kaki bisa mengalir lebih lancar ke jantung.

Hindari berdiri terlalu lama atau duduk terlalu lama. Seseorang yang ingin menghindari varises juga harus berolahraga, terutama menguatkan otot kaki, menjaga berat badan, serta menjaga kaki dari trauma seperti benturan dan luka.

BACA JUGA:  Ini 5 Langkah Pilih Sepatu Olahraga yang Baik, Jangan Sampai Salah!

Kebersihan dan kelembapan kaki juga perlu dijaga. Sebab, varises bisa membuat luka pada kaki menjadi sulit sembuh. Pakailah alas kaki yang nyaman yang tidak mengganggu sirkulasi darah.

Dia juga menyarankan untuk tidak menyilangkan kaki ketika duduk dan melakukan peregangan kaki secara rutin.

BACA JUGA:  Rekomendasi Sepatu Adidas YZY 700 MNVN Analog, Ringan dan Nyaman Dipakai

Kiat lain untuk mencegah varises adalah menghindari penggunaan celana ketat dan bijak dalam menggunakan alas kaki dengan hak tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.