PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar SYNRGY Accelerator yang kelima kalinya. SYNRGY Accelerator angkatan kelima ini telah berlangsung sejak Juni 2022 dengan pendaftaran program yang masih terbuka hingga saat ini.

Setiap tahun, BCA SYNRGY Accelerator menggelar Demo Day yang diikuti oleh para peserta startup untuk melakukan pitching atau presentasi tentang inovasi bisnis yang akan mereka tampilkan. Demo Day tahun ini diadakan pada 24 November 2022 secara hybrid dengan venue berlokasi di SYNRGY Coworking Space, Manhattan Square, Jakarta.

Sebelum melakukan pitching, seluruh peserta mengikuti talkshow bersama EVP Application Management BCA Thomas Lahey, EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn, dan SVP Digital Innovation Solution BCA Adi Prasetyo.

“Dengan melihat antusiasme serta semangat juang yang dimiliki para founders dalam memberikan solusi berbasis teknologi untuk memecahkan berbagai permasalahan yang dialami masyarakat, memotivasi BCA untuk menyelenggarakan program ini agar para peserta tidak hanya dapat mengepakkan sayapnya di kancah nasional tetapi juga internasional. Selain itu pertumbuhan startup di seluruh Indonesia akan turut berdampak bagi pertumbuhan ekonomi digital,” kata Thomas Lahey dikutip dari keterangan resminya, Jumat (25/11).

Startup Pitching Session pada sesi kedua diikuti oleh startup yang bergerak di bidang Omnichannel, Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence, E-commerce, Augmented Reality, dan sebagainya, di antaranya AiSensum, Braga Technologies, Cubeacon, Delman.io, Jejak.in, Octagon Studio, dan Selleri.

“Tidak hanya mendapatkan pembekalan wawasan yang disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing startup, BCA akan senantiasa merangkul dan membina para peserta startup yang lulus dari program BCA SYNRGY Accelerator dengan harapan terjalinnya hubungan dalam jangka panjang supaya tetap berkolaborasi untuk maju dan berkembang bersama,” kata Adi Prasetyo.

Sebagai informasi, SYNRGY Accelerator telah berjalan selama lima batch dengan meluluskan 72 startup dari 600+ startup yang mendaftar ke dalam program, serta berhasil melahirkan lebih dari 10 kolaborasi bisnis baik dengan BCA, BCA Grup maupun dengan partner. Para peserta startup turut mendapatkan berbagai pembekalan melalui kegiatan 1:1 mentoring, workshop, community event, business matching, networking session antarstartup maupun dengan korporasi, serta sharing session dengan para pakar ahli di bidangnya untuk mendapatkan kesempatan penanaman modal, kolaborasi, dan eksposur. Kurikulum pembelajaran yang didapatkan turut disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing startup.

Diadakan sejak 2019, BCA SYNRGY Accelerator terus konsisten dalam mendukung dan mendorong pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia. Program BCA SYNRGY Accelerator sebagai wadah kolaborasi antara komunitas startup menjadi salah satu bentuk komitmen nyata BCA untuk mengembangkan ekosistem startup karya anak bangsa agar terus maju melangkah dan menjadi motor perekonomian bangsa Indonesia.


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.