Pesawat Emirates sedang mengangkasa (Foto: Emirates)

Emirates telah berhasil menyelesaikan IATA Operational Safety Audit (IOSA) terbarunya dengan zero finding atau dengan skor sempurna yang jarang terjadi di industri mengingat kompleksitas operasi maskapai penerbangan. 

Program IATA Operational Safety Audit (IOSA) adalah sistem evaluasi yang diakui dan diterima secara internasional yang dirancang untuk menilai manajemen operasional dan sistem kontrol sebuah maskapai penerbangan. Semua anggota IATA terdaftar di IOSA dan harus tetap terdaftar untuk mempertahankan keanggotaan IATA mereka.

Sir Tim Clark, Presiden Emirates Airline, menyatakan, keselamatan adalah salah satu aspek utama dan Emirates terus berinvestasi untuk memastikan bahwa seluruh operasi memenuhi standar keselamatan yang paling tinggi sejak hari pertama beroperasi.

“Tuntasnya audit IOSA terhadap Emirates dengan hasil zero finding adalah pencapaian penting, terutama terkait peningkatan operasional yang cepat setelah pandemi, dan jaringan global Emirates,” ujarnya.

Semua ini, menurut Sir Tim Clark adalah hasil kerja keras tim internal dan mitra eksternal yang berkontribusi pada keamanan setiap operasi Emirates bagi ribuan penumpang dan distribusi kargo di seluruh dunia setiap harinya. “Kami akan terus bekerja keras dan berkontribusi untuk memastikan industri penerbangan yang aman dan berkelanjutan,” dia menambahkan.

Lebih dari 1000 standar dan praktik yang direkomendasikan ditinjau selama lima hari oleh International Air Transport Association (IATA) – organisasi audit yang terakreditasi. Audit ini bertujuan untuk menentukan seberapa baik sistem manajemen operasional Emirates dalam mematuhi IOSA Standard and Recommended Practices (ISARP).

Dengan laporan audit ini, Emirates telah menunjukkan tingginya standar sistem dan proses maskapai untuk memastikan praktik operasional yang aman dan kelayakan udara armada modern Boeing 777 dan Airbus A380.

Sir Tim Clark  menegaskan, Emirates mengedepankan keselamatan di seluruh organisasi di semua tingkatan. Kebijakan keselamatan operasional maskapai secara konsisten ditinjau dan disesuaikan dengan standar tertinggi ketika ada revisi peraturan atau pengenalan pesawat baru. Tim Compliance Monitoring Emirates terus mengaudit sistem dan praktik maskapai di seluruh jaringannya berdasarkan standar IOSA untuk mengidentifikasi dan mengatasi ketidaksesuaian. Senior Executives Emirates juga diberikan pengarahan dalam tinjauan manajemen reguler tentang status kepatuhan maskapai untuk mempertahankan tingkat keselamatan dan keamanan dalam industri dinamis ini.


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.