SURYA.CO.ID, SURABAYA – Antusias luar biasa ditunjukkan sekolah-sekolah di Jawa Timur untuk ikut berpartisipasi pada gelaran musim perdana Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 – East Java Qualifiers, yang berlangsung di Lapangan Atletik THOR, Surabaya, 4 hingga 6 November.

Tercatat total sebanyak 4.076 pelajar tingkat SD, SMP, hingga SMA dan sederajat yang datang dari 373 sekolah di Jawa Timur. Ikut ambil bagian pada kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air ini.

Ribuan peserta itu bukan hanya berasal dari sekolah-sekolah di Surabaya saja.

Tak sedikit peserta yang datang dari luar Kota Pahlawan. Seperti dari Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pamekasan, Blitar, Malang, Tulungagung hingga Bojonegoro.

Jumlah peserta sebanyak itu menjadikan pelakanaan Energen Champion SAC Indonesia 2022 kualifikasi Jawa Timur mencatatkan rekor jumlah peserta terbanyak.

Dibandingkan empat wilayah qualifiers sebelumnya yang telah sukses terselenggara sejak akhir September lalu.

Yakni Bali-Nusa Tenggara Qualifiers di Mataram dengan jumlah 3.898 peserta, lalu DI Yogyakarta Qualifiers yang diikuti 3.123 peserta, disusul Papua Qualifiers di Mimika dengan 2.500 peserta, serta Kalimantan Qualifiers di Banjarmasin dengan 2.200 peserta.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur Pulung Chausar, serta Ketua Umum KONI Jawa Timur Muhammad Nabil yang hadir pada hari pembukaan, dibuat geleng-geleng dengan tingginya animo tersebut.

Acara opening yang digelar pada Jumat (4/11/2022) ditandai dengan menekan buzzer. Bersama Founder & CEO DBL Indonesia Azrul Ananda, Ketua Umum PASI Jatim Prof. Dr. Nurhasan., M.Kes, Ketua Harian PASI Jatim Catur Supriyono, Kadisbudparpora Dra. Wiwiek Widayati, Marketing Communication Department PT. MPM Distributor Yahya Suprastyo, Group Regional Sales Manager PT. Mayora Indah Tbk Yudi Kurniawan, Brand Manager PT. Darya Varian Laboratoria Tbk dan Wakil Konsulat Jenderal Australia, Anthony Clark turut memeriahkan acara pembukaan ini.

Pulung Chausar mengaku takjub dengan antusiasme peserta yang hadir di Lapangan Atletik THOR Surabaya.

Tak lupa, ia juga berterima kasih kepada para orang tua, guru dan sekolah yang telah mendukung penuh siswa-siswinya untuk ikut berpartisipasi pada kompetisi atletik pelajar terbesar tersebut.

“Kami berharap kegiatan ini bisa rutin diselenggarakan tiap tahunnya,” harap Pulung.

Sementara itu, Azrul Ananda kembali menggaungkan semangat berkompetisi dalam cabang olahraga atletik.

Azrul menyebut kompetisi atletik pelajar seperti Energen Champion SAC Indonesia ini potensinya bisa lebih besar daripada basket. Karena atletik merupakan induknya semua cabang olahraga.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.