Dalam acara Creator Week 2022, Meta sekaligus mengumumkan sejumlah fitur baru yang dihadirkan untuk Reels Instagram maupun Facebook di Android dan iOS. 

Meta baru saja menggelar acara Creator Week 2022 baru-baru ini di Bali, menghadirkan 120 kreator dari seluruh Asia Pasifik. Dalam acara tersebut, perusahaan sekaligus mengumumkan sejumlah fitur baru yang dihadirkan untuk Reels Instagram maupun Facebook di Android dan iOS. 

“Kami berharap fitur-fitur ini dapat membantu kreator menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan potensi monetisasi konten mereka di Facebook dan Instagram,” kata Ivana Kirkbride, Direktur Pemasaran Produk untuk Kreator di Meta. 

  • Integrasi Instagram Reels dengan aplikasi pihak ketiga

Instagram menyadari bahwa kreator tidak melulu mengedit dan membuat video langsung di Reels. Mereka kerap melakukan hal itu melalui aplikasi pihak ketiga, baru setelah itu membagikannya dengan membuka aplikasi Instagram.

Namun dengan pembaruan ini, pengguna dapat membagikan langsung video dari aplikasi pihak ketiga ke Instagram Reels, sebagaimana pengguna ingin mengirim ke Story ataupun Feed. Perusahaan mencontohkan hal ini bisa dilakukan pada aplikasi-aplikasi populer seperti Smule.

Fitur ini sama dengan fitur Collabs yang sudah ada di Instagram. Kreator dapat menandai pengguna lain untuk membagikan konten di Feed mereka secara bersamaan. Menurut Meta, fitur ini terbukti dapat meningkatkan jumlah Views.

Ini merupakan halaman baru di Facebook yang didedikasikan untuk menampilkan konten-konten trending. Dengan ini, kreator mendapatkan cara baru untuk mencari inspirasi mengenai hal apa yang sedang populer sehingga dapat menarik audiens lebih luas.

Meta juga memberikan cara baru kepada penggemar untuk berinteraksi dengan kreator favoritnya melalui kontennya. Fans kini dapat memberikan Reaction di Facebook Reels.

  • Facebook Reels Branded Content

Meta resmi memperluas ketersediaan fitur Branded Content dari Instagram ke Facebook. Layaknya di Instagram, pengguna Facebook Reels bisa menandai atau tagging sebuah merek yang menjadi partner dari kerjasama mereka, atau yang lebih dikenal dengan paid partnership.

Mode Profesional

  • Mode Profesional Facebook

Mode Profesional adalah pilihan pengaturan profil baru di Facebook yang didesain khusus untuk kreator. Melalui mode Profesional, kreator yang memenuhi syarat dapat menghasilkan uang secara langsung dari Facebook melalui fitur seperti Stars dan pendapatan iklan. Mereka juga dapat mengakses laporan analitik, materi-materi edukasi, dan masih banyak lagi.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.