yang memungkinkan pengguna membuat komunitas untuk menyatukan obrolan grup terkait.

Fitur Komunitas ini sejatinya telah diumumkan CEO Meta Mark Zuckerberg pada awal tahun, dengan tujuan untuk menyatukan beberapa grup terkait dalam satu “payung”. Fitur serupa disebut sedang dikerjakan pula untuk Instagram dan Facebook.

Fitur baru ini akan tersedia untuk semua pengguna WhatsApp dalam beberapa bulan ke depan. Pengguna akan dapat mengatur obrolan grup yang lebih kecil dalam komunitas untuk mendiskusikan hal-hal yang penting dan beralih di antara obrolan dengan mudah.

Menurut laporan Engadget, WhatsApp akan menawarkan kepada admin “alat baru yang kuat” untuk mengelola komunitas, seperti kemampuan untuk menyiarkan pengumuman kepada semua anggota dan dapat memilih grup mana yang akan disertakan.

BACA JUGA:

WhatsApp menyarankan bahwa fitur Komunitas ini cocok untuk berbagai kelompok, mulai dari lingkungan rumah, sekolah, kantor, dan lain-lain. Satu komunitas di WhatsApp bisa menampung hingga 50 grup sekaligus dan Grup Pengumuman bisa diisi hingga 5.000 anggota.

Untuk menggunakan fitur Komunitas, pengguna dapat mengetuk tab Komunitas di bagian atas aplikasi (untuk Android) atau bagian bawah layar (untuk iOS) untuk memulai. Setalah itu pengguna akan dapat memulai komunitas dari awal atau menambahkan grup yang ada ke dalamnya.

Fitur Komunitas ini terlihat seperti Grup Facebook dan juga memiliki kemiripan dengan platform Nextdoor dan Discord, namun dengan perlindungan enkripsi end to end.

Selain fitur Komunitas, WhatsApp juga diketahui akan merilis beberapa fitur baru, termasuk kirim file hingga 2GB, polling dalam chat grup, panggilan video hingga 32 orang, dan menambah kapasitas grup hingga 1.024 orang.

Meski anggota grup dan Komunitas akan membuat percakapan jadi semakin luas, namun WhatsApp menekankan bahwa semua percakapan di platform tetap aman dan tidak bisa diintip oleh siapapun.

BACA JUGA:

Untuk diketahui, saat ini pengguna WhatsApp di dunia disebut mencapai lebih dari dua miliar per hari. Instagram memiliki dua miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Pengguna WhatsApp di dunia, menurut klaim Meta, secara total pengguna menyentuh  3,71 miliar di seluruh dunia. Namun, hitungan itu dihitung secara bulanan. [FY/IF]

Artikel ini bersumber dari telset.id.