Gaya Hidup

5 Tips Ampuh Mengobati Mata Bengkak Akibat Kurang Tidur

5 Tips Ampuh Mengobati Mata Bengkak Akibat Kurang Tidur

Terbaik.Co.id – Mata adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia dan mrupakan organ terkuat di dalam tubuh peringkat kedua setelah otak. Mata juga dapat menyaring debu dan memiliki 1 juta komponen berbeda-beda yang berada di dalamnya.

Hal inilah yang membuat mata mampu mengidentifikasi berbagai macam warna dan bentuk berjuta-juta objek.

Seringkali kita mengalami mata yang bengkak akibat dari kurangnya tidur, karena insomnia atau kadang karena menangis.

5 Tips Ampuh Mengobati Mata Bengkak Akibat Kurang Tidur

Namun, banyak juga yang belum mengetahui cara mengatasi mata bengkak tersebut. Padahal banyak cara mudah yang dapat dilakukan hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah.

Berikut bahan-bahan di rumah yang dapat mengatasi mata bengkak akibat kurang tidur dan menangis.

Mentimun dingin

Selain untuk menyegarkan ketika disantap, ternyata mentimun juga memiliki manfaat untuk mengurangi pembengkakan di area mata manusia. Mentimun yang memiliki efek dingin jika ditempelkan pada kulit.

Apalagi jika dipakai dalam keadaan dingin, efeknya dapat menyegarkan kulit dan mencegah penumpukan cairan di sekitar kantung mata.

Efek dingin dari timun tersebut juga dapat meringankan pembengkakan layaknya kompres air dingin. Mentimun yang kaya akan antioksidan dapat meringankan pembengkakan dan lingkaran hitam di mata.

Tipsnya sangat mudah, potong-potonglah mentimun yang sudah dingin lalu taruh d iatas mata sekitar 10-20 menit.

Kantong teh

Sama seperti mentimun, kantong teh yang telah didinginkan tersebut juga dapat mengurangi pembengkakan di area sekitar mata dan kantong teh yang dingin tersebut dapat menyempitkan pembuluh darah sekitar mata.

Kantong teh yang dingin sebaiknya ditaruh dahulu di lemari es lalu di celupkan atau di rendam air dingin setelah itu diletakkan di mata karena teh kantong tersebut mengandung antioksidan dan kafein yang mampu untuk menurunkan pembengkakan.

Pijat

Selain menggunakan buah mentimun atau kantong teh, dapat juga memijat menggunakan tangan yang sudah diolesi dengan krim, minyak atau pun air dingin. Pijat-pijat lembut di area mata sekitar 5-15 menit secara perlahan lahan hingga mempercepat penyerapan.

Posisi tidur kepala lebih tinggi dari tubuh

Posisi kepala yang lebih tinggi dari tubuh tersebut dapat mengurangi tekanan. Sebaiknya posisi tersebut bisa diakali dengan memberi ganjalan seperti bantal di bawah kepala. Agar bisa lebih tinggi, bantal yang digunakan bisa lebih dari satu atau sekitar tiga bantal agar kepala posisinya lebih tinggi dari tubuh.

Pijit akupresur

Akupresur merupakan bagian dari akupuntur. Tips-cara tersebut pun bisa dilakukan dengan mudah seorang diri, dengan cara kaki dipangku dan dipijat sekitaran empat jari dari mata kaki, tepat di belakang tulang betis. Pijit dengan gerakan memutar sekitar 4-5 detik sampai terasa ngilu.

Rasa ngilu tersebut menandakan lokasinya tepat. Reaksinya di mata kaki dan telapak kaki tersebut untuk merileksasi jadi lebih nyaman. Bisa dilakukan seminggu dua atau tiga kali. Kira-kira satu kali terapi dilakukan selama 15-20 menit secara berulang.anan darah.

Ada pula hal yang bisa dilakukan agar tidur kita bisa terjaga atau menghindari insomnia sehingga tidak terjadinya pembengkakan mata.

“Jika kita ingin tidurnya tidak terganggu, kita harus mempunyai gaya hidup yang sehat. Sebaiknya hindari dan sebelum tidur jangan minum alkohol. 1-2 jam sebelum tidur hendaknya sudah makan dan sudah minum,” kata Kemas Abdurrohim, dr., SpAk(K), MARS, M.Kes Dokter Spes Akupuntur dalam Program Hidup Sehat tvOne, baru-baru ini.

“Kemudian, suasana cahaya dan kamar jangan terlalu terang yang nantinya menyebabkan keluarnya hormon melatonin. Apalagi jika kita masih menatap layar HP,” tambahnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top