Gaya Hidup

Aturan dan Cara Ajak Bayi Berenang yang Benar

Aturan dan Cara Ajak Bayi Berenang yang Benar

TERBAIK.CO.ID – Seperti hanya pijat, bayi bisa diajak berenang setiap hari. Hal tersebut bagus sebagai stimulus motorik dan sensorik si bayi. Spesialis Anak dr Dian Pratamastuti SpA menyarankan orang tua untuk memahami beberapa aturan aman untuk menuntun bayi berenang.

Saat berenang, suhu air yang baik diberikan untuk si kecil adalah sekitar 32-34 derajat celcius. Suhu tersebut sama dengan suhu tubuh bayi sendiri. Berapa lama bayi boleh dibiarkan dalam air? Sekitar 20-30 menit. Bila bayi sudah terlihat kedinginan, kulitnya mengeriput, artinya harus segera mengangkatnya.

Aturan dan Cara Ajak Bayi Berenang yang Benar

Setelah usia bayi lebih dari satu tahun, orang tua bisa mengajaknya berenang di kolam renang umum. Pada usia ini, fungsi berenang sudah berbeda. Bila sebelum usia satu tahun fungsi berenang lebih pada merangsang motorik dan sensorik bayi, maka pada tahap ini fungsi berenang lebih pada personal sosial bayi yang akan berubah menjadi balita tersebut.

’’Pada usia satu tahun keatas, bayi sudah bisa bicara dan berdiri, mendekati sempurna,’’ imbuh alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI) tersebut.

Menurut Dian, banyak balita yang berusia 2 tahun sudah bisa berenang. Walaupun hanya dengan gaya meluncur, tapi sudah paham teknik dasar berenang. Sebenarnya yang lebih penting bukan supaya anak tersebut jago berenang.

Namun bagaimana proses belajar gerakan-gerakan renang. Dia harus ditemani oleh orang tua. Memang lebih baik orang tua-nya sendiri yang mengajari berenang. Hal tersebut melibatkan kerjasama, membangun relasi yang lebih erat antara orang tua dan anak.

Selain itu, dengan belajar gerakan renang, energi mereka akan terkuras. Sehingga bisa meningkatkan nafsu makan dan membuat tidurnya lebih nyenyak. Dian mengatakan, banyak orang dewasa yang tidak bisa berenang, bahkan takut untuk memulai belajar renang.

Hal itu bisa dikarenakan salah stimulus sejak kecil. Jadi pengenalan air sejak bayi berusia bulanan, sangat baik untuk tumbuh kembang anak kedepannya. ’’Saat tumbuh besar, anak tidak akan phobia terhadap air,’’ ucapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top