Harga obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran atau untuk mengatasi infeksi di pasaran cukup beragam. Hal ini sesuai dengan merek, jenis, kandungan, hingga manfaatnya.

Ketika telinga mengalami infeksi, biasanya akan menimbulkan gejala-gejala tertentu, seperti nyeri pada telinga, gatal, dan demam. Jenis obat tetes pun ada beberapa macam, antara lain:

  • Kandungan antibiotik untuk menangani infeksi akibat bakteri.
  • Ada kandungan steroid untuk meredakan pembengkakan pada telinga dan rasa nyeri.
  • Kandungan antijamur untuk menangani infeksi jamur dalam telinga.

Meski memliki kandungan yang berbeda, ada beberapa obat sakit telinga yang sudah mengandung beberapa jenis obat sebagai kombinasi pereda nyeri dan penghilang bakteri atau jamur.

Untuk lengkapnya, mari kita cari tahu kondisi seperti apa yang membutuhkan obat tetes kuping dan berapa harga obat sakittelinga di apotek atau di beberapa toko online.

Harga obat tetes telinga

Berikut ini rincian harga obat tetes telinga di apotik terdekat beserta mereknya yang bisa kamu beli.

1. Otopain 8 ml – Rp109.618

Kandungan polymyxin B sulfate, neomycin sulfate, fludrocortisone acetate, dan lidocaine HCl sebagai zat aktifnya pada Otopain dapat menyembuhkan penyakit Otitis eksterna akut (infeksi kulit tipis yang membungkus saluran telinga luar) dan otitis media kronis (radang telinga tengah) yang disebabkan oleh mikroorganisme.

Namun, obat tetes telinga Otopain termasuk golongan obat keras sehingga pada setiap pembeliannya harus menggunakan resep dokter.

Dosis penggunaan Otopain juga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaannya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

Kisaran harga obat tetes telinga merek Otopain ukuran 8 ml adalah Rp109.618.

2. Colme 8 ml – Rp55.398

Obat Colme adalah obat tetes telingan antibiotik yang mengandung Chloramphenicol. Obat ini digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada peradangan pada daun telinga atau liang telinga.

Cara kerja Colme yaitu menghambat pembentukan protein yang dibutuhkan oleh bakteri untuk membentuk dinding sel bakteri.

Obat tetes telinga ini termasuk golongan obat keras sehingga harus sesuai dengan resep dokter.

Lalu, berapa harga obat tetes telinga jenis ini? Kisaran harga obat tetes telinga Colme ear drops untuk ukuran 8 ml yaitu Rp55.398.

3. Otopraf 10 ml – Rp39.500

Otopraf adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi, nyeri, gatal dan peradangan pada telinga. Obat tetes telinga yang diproduksi oleh Pt Pradja Pharin ini mengandung antibiotik.

Kandungan fludrokortison asetat dalam Otopraf berfungsi sebagai hormon glukokortikoid, polimiksin B sulfat dan Neomisin sulfat merupakan antibiotik, dan lidokain HCl berfungsi sebagai anestesi lokal yang berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit.

Untuk harga obat tetes telinga Otopraf dengan ukuran 10 ml adalah Rp39.500.

4. Erlamycetin 10 ml – Rp13.952 

Erlamycetin dapat meringankan gejala infeksi telinga akibat bakteri karena mengandung zat aktif kloramfenikol.

Kloramfenikol adalah obat golongan antibiotik yang dapat mengganggu pertumbuhan bakteri dengan cara menghambat sintesis protein dan mengikat subunit 50s ribosom bakteri, sehingga transfer asam amino ke rantai peptida menjadi terhambat.

Selain mengetahui harga obat tetes telinga ini, kamu juga harus tau obat ini harus menggunakan resep dokter. Adapun harga obat tetes telinga merek Erlamycetin kemasan 10 ml yaitu Rp13.952.

5. Forumen 10 ml – Rp35.896

Obat tetes telinga selanjutnya yaitu merek Forumen. Obat ini termasuk obat tetes telinga untuk mengeluarkan kotoran di apotik dan mengandung Natrium Docusate.

Kandungan ini dapat membantu menghilangkan serumen atau kotoran telinga. Cara kerja Forumen yaitu dengan mengencerkan kotoran yang menumpuk di dalam telinga agar lebih mudah keluar.

Obat tetes telinga ini aman untuk anak-anak, orang dewasa, hingga lanjut usia (lansia) dan hanya dapat dibeli dengan resep dokter. Namun dalam penggunaannya tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Harga obat tetes telinga Forumen kemasan 10 ml adalah mulai dari Rp35.896.

6. Vital Ear Oil 10 ml – Rp18.169 

Vital Ear Oil adalah cairan tetes telinga yang dapat membantu mengeluarkan kotoran telinga yang keras dan sulit dikeluarkan. Terlalu banyak kotoran telinga dapat menghalangi saluran telinga dan mengurangi pendengaran.

Obat ini memiliki sejumlah kandungan yang baik untuk mengobati permasalahan telinga. Kandungan tersebut yaitu:

  • Thymol bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri dan jamur.
  • Menthol & Camphor yang bisa mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi peradangan.
  • Paraffin liquid berkhasiat untuk mengobati penumpukan kotoran telinga dengan membantu melembutkan, melepaskan, dan menghilangkan kotoran telinga.

Harga obat tetes telinga vital ear oil di apotik maupun di beberapa toko online berbeda-beda tergantung lokasi pembelian. Namun, di apotek online harga obat tetes telinga ini berada di kisaran Rp18.169.

Kondisi yang membutuhkan obat tetes telinga 

Umumnya, sakit telinga tidak selalu membutuhkan pengobatan. Bahkan, beberapa kasus penyakit telinga dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2-3 hari sebagaimana telinga memiliki sistem perlindungan alami terhadap serangan infeksi.

Namun, tidak ada salahnya untuk mewaspadai beberapa kondisi yang mungkin membutuhkan pengobatan, yaitu:

1. Radang telinga bagian luar (otitis eksterna)

Penyebab infeksi di daerah ini sering kali adalah jamur dan bakteri. Biasanya infeksi terjadi di bagian saluran telinga yang terletak di antara gendang telinga dan telinga bagian luar.

Pemicu radang ini yaitu akibat masuknya air kotor atau rusaknya saluran telinga akibat proses membersihkan telinga yang salah atau terlalu keras Selain itu, bisa juga karena air kotor yang masuk dalam bagian ini.

2. Radang telinga bagian tengah akut (otitis media)

Kamu dapat menggunakan obat tetes telinga ketika mengalami radang telinga tengah yang sifatnya akut. Namun, pengobatan utamanya adalah menggunakan antibiotik oral. Kebanyakan kasus ini terjadi karena virus. Namun, bakteri juga dapat menjadi penyebab radang ini.

Radang telinga tengah sering menyerang anak yang mengalami flu maupun batuk, juga menutupnya saluran eustachius. Tertutupnya saluran Eustachius yang menjadi saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan rongga hidung ini juga bisa jadi penyebab otitis media.

3. Radang telinga bagian tengah kronis 

Bakteri dan jamur jadi penyebab terjadinya radang jenis ini. Bagian telinga yang menjadi sasaran adalah pada saluran telinga yang berada di antara telinga luar dan gendang telinga.

Radang telinga ada juga yang disertai dengan cairan di telinga bagian tengah. Banyaknya cairan di belakang gendang telinga ini biasanya tidak mengganggu pada anak-anak.

Penyebabnya bisa kerusakan pada saluran telinga akibat membersihkan telinga terlalu keras atau salah atau bisa karena air kotor yang masuk dalam bagian ini.

Cairan tersebut biasanya akan hilang setelah beberapa minggu atau beberapa bulan. Namun jika tak kunjung hilang maka sudah tentu wajib diobati.

Manfaatkan asuransi kesehatan yang bisa menanggung biaya obat-obatan

Asuransi kesehatan adalah produk perlindungan keuangan yang bisa menanggung biaya perawatan kesehatan dan biaya obat-obatan.

Keuntungan punya asuransi kesehatan adalah kamu tidak perlu khawatir lagi dengan tagihan di rumah sakit atau klinik karena nantinya akan ditanggung oleh asuransi.

Nah khusus untuk menanggung biaya obat-obatan, kamu butuh perlindungan dari asuransi rawat jalan. Tapi produk yang satu ini tidak cuma menanggung obat ya karena masih ada perlindungan tambahan biaya rawat inap dan bahkan santunan tunai untuk membiayai persalinan.

Premi bulanan asuransi rawat jalan pun bervariasi. Mulai dari Rp50 ribu sebulan saja, kamu sudah bisa dapat perlindungan rawat jalan, rawat inap, dan santunan tunai.

Kamu bisa temukan rekomendasi produk asuransi kesehatan dan asuransi rawat jalan yang sesuai dengan kebutuhanmu di Lifepal.

Jika kamu khawatir dengan biaya obat, lebih baik persiapkan dana darurat sebagai persiapan dalam mengantisipasi adanya pengeluaran mendadak seperti ini yang akibatnya bisa menguras tabungan. Berapa dana darurat yang ideal sesuai bujetmu? Hitung menggunakan kalkulator dana darurat berikut ini.

Kalau kamu masih punya pertanyaan terkait tips-tips mengelola keuangan dan ingin mencari tahu manfaat memiliki asuransi kesehatan selengkapnya, konsultasikan saja di Tanya Lifepal.

Efek samping obat tetes telinga

Sebagian besar harga obat tetes telinga memang tidak terlalu mahal, tetapi harus diperhatikan penggunaannya. Kamu harus mengetahui efek samping dari obat tetes telinga ini, berikut ini diantaranya:

  • Jika obat tetes telinga dipakai dalam waktu lama akan memicu pertumbuhan jamur dan menyebabkan infeksi jamur baru.
  • Dosis yang terlalu besar dan jangka waktu yang terlalu lama bisa juga menimbulkan peradangan dan eksim di liang telinga.
  • Penggunaan obat tetes telinga juga dapat meningkatkan risiko tuli akibat obat, khususnya pada orang yang mengalami telah mengalami perforasi (pecahnya) gendang akibat infeksi.
  • Pendengaran terasa berdenging.
  • Telinga terasa gatal, panas, atau perih.
  • Terdapat ruam di sekitar telinga.
  • Mengalami pusing.

Jika terjadi efek samping yang parah, sebaiknya segera hubungi dokter. Segera periksakan dirimu juga ke dokter jika setelah menggunakan obat tetes telinga, gejala yang dialami tidak kunjung sembuh dan/atau bertambah parah.

Tips dari Lifepal! Untuk mencegah adanya infeksi pada telinga kamu, sebaiknya kamu harus tahu cara menjaga kesehatan telinga kamu, ya. Beberapa hal yang harus dilakukan seperti:

  • Jangan terlalu sering mengorek telinga
  • Menjaga kebersihan telinga
  • Lindungi telinga dari suara keras
  • Rutin membersihkan headset kamu
  • Rutin melakukan pemeriksaan ke dokter

Simak ulasan mengenai biaya membersihkan telinga di artikel Lifepal lainnya!

Tanya jawab seputar harga obat tetes telinga 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.