Ilustrasi bermain ranjang suami istri. (Foto: Iqbal Afrian/GenPI.co)

GenPI.co – Momen Hari AIDS Sedunia tanggal 1 Desember mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga badan dan menjauhi kegiatan beresiko. Penyakit ini masih menjadi salah satu pembunuh mematikan di dunia.

Human Immunodeficiency Virus atau HIV terdengar menakutkan. Berdasarkan data dari UNAIDS, penderita HIV dan AIDS lebih banyak diderita oleh kaum wanita, yakni sebanyak 18,2 juta penderita. Sementara laki-laki sebanyak 16,9 juta penderita.

Tak melulu dari hubungan seks tidak sehat alias gonta-ganti pasangan, rupanya penyakit ini bisa ditularkan melelaui 4 kegiatan beresiko. Apa saja? Simak ulasannya dilansir dari Healthline.

1. Berbagi Jarum Suntik

BACA JUGA:  Gejala dan Pertolongan pada Bayi dengan HIV Positif, Catat Bunda!

Penggunaan jarum suntik secara bergantian dengan pengidap HIV, merupakan salah satu cara untuk menularkan virus ini. Contohnya, menggunakan jarum suntik saat menggunakan Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA).

Enggak cuma itu, orang yang menyuntikan obat, steroid, atau hormon juga dapat terinfeksi HIV bila menggunakan jarum suntik secara bergantian.

BACA JUGA:  3 Cara Mencegah HIV dalam Circle Aplikasi Kencan, Catat!

Kok bisa? Kata ahli, hal ini disebabkan ada darah yang masih menempel pada jarum suntik dari pengguna sebelumnya yang terinfeksi HIV.

2. Transfusi Darah

Ingat, darah merupakan media penularan virus HIV. Oleh sebab itu, virus ini bisa menular ketika seseorang menerima donor dari pengidap HIV.

3. Bekerja di Rumah Sakit

BACA JUGA:  3 Penyebab Utama HIV yang Wajib Diwaspadai, Selain Bermain Kotor

Petugas kesehatan juga memiliki risiko terinfeksi HIV. Sebab, mereka amat sering berurusan dengan darah pasien atau berbagai jarum suntik yang bisa menjadi media penularan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.