OPPO Reno8 Pro adalah model ponsel teratas dalam ponsel seri Reno8 yang belum lama ini diperkenalkan oleh OPPO. Untuk meningkatkan hasil fotografi, ponsel tersebut disematkan NPU MariSilicon X.

Beberapa waktu lalu OPPO resmi memboyong ponsel OPPO Reno8 Pro 5G beserta seri Reno8 lainnya (OPPO Reno8 5G, OPPO Reno8 Z 5G, dan OPPO Reno 8 4G). Di antara seri Reno8 lainnya, OPPO Reno8 Pro 5G adalah varian yang tertinggi. Ponsel ini dilengkapi dengan prosesor MediaTek Dimensity 8100-Max dengan fabrikasi 5 nm. Terdapat dua kapasitas RAM yang digunakannya, yaitu 8 GB dan 12 GB. Ada pun penyimpanan internalnya adalah 256 GB.

Untuk layarnya, Reno8 Pro 5G menggunakan panel berteknologi AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi 1080 x 2414 piksel Tidak ketinggalan pula refresh rate 120 Hz agar pergerakan konten pada layar terlihat lebih mulus. Layar dengan kecerahan maksimal 950 nit ini mengusung lapisan proteksi Corning Gorilla Glass 5 agar kuat terhadap goresan yang tidak disengaja.

Salah satu sisi yang ditonjolkan pada Reno8 Pro 5G adalah bagian fotografinya. Pada bagian belakang, ponsel ini menampilkan tiga kamera yang terdiri dari kamera utama beresolusi 50 MP, kamera kedua hadir dengan lensa ultra lebar beresolusi 8 MP, dan kamera terakhir adalah lensa makro dengan resolusi 2 MP.

Hal yang tidak kalah menarik dalam sektor fotografi pada ponsel tersebut adalah hadirnya Neural Processing Unit (NPU) MariSilicon X yang sebelumnya hanya ada pada perangkat ponsel flagship OPPO seperti OPPO Find X5 Pro.

NPU premium MariSilicon X ini dibuat untuk membantu proses pengolahan pencitraan pada perangkat ponsel OPPO agar menjadi jauh lebih baik, lebih cepat, dan tetap irit daya. Dengan disematkannya teknologi ini pada Reno8 Pro 5G, dapat dipastikan ponsel generasi terbaru seri Reno ini akan memiliki kemampuan potret malam hari yang telah ditingkatkan.

Berbicara seputar fotografi Reno8 Pro 5G, saya kebetulan telah menjajal kamera dari ponsel tersebut. Percobaan pertama menggunakan lensa ultra lebar. Berkat kecerdasan buatan (AI) yang dimilikinya, Reno8 Pro 5G mampu menghadirkan warna langit biru natural. Dalam hal detail, tekstur pada gedung terlihat jelas. Selain itu, tidak ada gangguan distorsi pada pinggiran foto.

 

Pada kamera utama, respons kecerdasan buatan (AI) yang dimiliki Reno8 Pro 5G cukup cepat. Selain itu, akurasi dari teknologi tersebut termasuk tinggi karena dengan cepat mendeteksi subjek yang saya foto (seperti gedung-gedung di tengah perkotaan). Warna langitnya terlihat natural. Selain itu, porsi masing-masing eksposure tertata cukup rapi.

Kamera utama

 

Kebetulan saya mulai memotret pada sore hari sehingga datangnya sinar matahari berasal dari arah samping. Kesempatan ini saya mencoba dengan mencoba performa HDR yang diberikannya. Reno8 Pro 5G cukup tanggap mendeteksi subjek yang membelakangi cahaya dan secara otomatis mengaktifkan mode HDR. Hasil yang diberikannya sangat memuaskan karena tidak ada eksposure yang saling tumpang tindih.

HDR kamera utama

 

Secara keseluruhan, hasil yang diberikan kamera lensa ultra lebar dalam mode HDR menampilkan hasil foto yang sama. Tidak ada gangguan exposure yang saling tumpang tindih antara subjek utama dan latar belakang. Warna hijau daun beserta teksturnya telihat jelas. Detail pada gedung tinggi tampak telihat jelas jendela-jendelanya. Warna langit pun terlihat alami.

Ultra wide HDR

 

Performa autofocus (AF) yang dimiliki Reno8 Pro 5G cukup cepat menentukan titik fokus meski pada subjek yang bergerak. Selain itu, kamera ponsel ini juga menampilkan minim shutter lag yang berguna untuk memotret subjek yang sedang bergerak. Ini dapat dibuktikan ketika saya memotret orang yang sedang bermain skateboard.

Reno8 Pro 5G minim shutter lag

 

Tidak ada zoom optik pada Reno8 Pro 5G. Dengan demikian, ketika kamu akan melakukan zoom, maka dapat dilakukan secara digital. Pada zoom digital 2x, hasil yang diberikannya masih terlihat baik tanpa ada penurunan ketajaman. Ini dapat dilihat pada jendela gedung-gedung dan pepohonan.

Zoom 2x

 

Meski tidak ada kamera depth sensor pada konfigurasi tiga kamera belakang di Reno8 Pro 5G, kamu masih dapat menampilkan efek bokeh pada latar belakang. Ada pula filter yang bernama Bokeh Flare Portrait yang memungkinkan latar belakang terlihat efek bulatan bokeh, seperti layaknya mengambil menggunakan kamera dengan aperture sangat besar. Selain itu, pemisahan antara subjek dan latar belakang terlihat bagus.

Bokeh Flare Portrait

 

Bokeh Flare Portrait

 

Bokeh Flare Portrait

 

Tidak ketinggalan pula filter dengan nama AI Color Portrait. Filter ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memilih warna subjek yang ada di dalam fokus. Ini dapat menonjolkan subjek beserta warnanya, sementara latar belakangnya menampilkan warna hitam dan putih. Performa yang dihadirkan oleh AI Color Portrait sangat akurat memilih warna pada subjek.

AI Color Portrait

 

AI Color Portrait

 

AI Color Portrait

 

Tentu saja bukan masalah bagi OPPO Reno8 Pro 5G ketika memotret pada malam hari. Pasalnya, hasil yang diberikannya cukup memuaskan tanpa ada banyak gangguan noise. Pada bagian langit, bahkan terlihat awan yang cukup jelas di antara gedung-gedung. Selain itu, memotret Portrait pada malam hari juga menghasilkan foto yang bagus sehingga subjek terlihat terang.

Hasil malam

 

Hasil malam

 

Hasil malam

 

Hasil malam

 

Hasil malam

 

Hasil malam

 

Kamera depan OPPO Reno8 5G memiliki sensor beresolusi 32 MP. Hasil dari kamera depan ini cukup memuaskan bagi pecinta fotografi selfie. Selain itu, performa malamnya juga dapat diandalkan karena menawarkan hasil yang terang meski memotret pada keadaan minim cahaya. Tersedia pula berbagai filter, termasuk AI Flare Portrait.

Selfie malam

 

Itulah dia hasil-hasil foto dari ponsel OPPO Reno8 5G terbaru. Secara keseluruhan, hasil yang diberikannya cukup bagus dan dapat diandalkan pada berbagai kondisi cahaya. Terlebih lagi, kamu dapat berkreasi lebih mendalam dengan kelengkapan filter dan beragam fitur lainnya.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.