Ekonomi

5 Definisi Status Pasien jika Terkena Hepatitis Misterius

Waspada Dini Hepatitis Akut, Periksa jika Kulit Kuning dan Urine Gelap

JawaPos.com – Sejumlah data menyebutkan angka kasus hepatitis misterius berbeda-beda. DKI Jakarta menyebutkan 21 anak diduga tertular hepatitis misterius. Sementara menurut Kemenkes, saat ini total baru 18 kasus secara nasional yang tergolong hepatitis misterius. Lalu mana data yang benar?

Dalam konferensi pers, Direktur RS Pusat Infeksi Sulianti Saroso (RSPI) dr. Mohammad Syahril yang ditunjuk sebagai RS rujukan hepatitis misterius mengungkapkan ternyata sejauh ini belum ada kasus yang memang resmi dinyatakan sebagai positif atau terkonfirmasi hepatitis misterius. Sehingga semuanya dinyatakan sebagai probable dan suspek atau epi-linked/kontak erat.

“Karena penyebabnya apa masih diselidiki hingga saat ini, maka kita belum bisa menyatakan itu adalah terkonfimasi. Belum ada yang terkonfirmasi di Indonesia,” tegasnya dalam konferensi pers, Jumat (13/5).

Maka terdapat beberapa status yang ditetapkan pada pasien yang datang dengan gejala seperti diare, mual, muntah, demam, dan sakit kuning. Sedikitnya ada 5 status pasien yang harus diketahui. Apa saja?

1. Terkonfirmasi

Belum tersedia saat ini. Hal itu karena para ahli masih menyelidiki apa penyebab penyakit ini.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top