Ekonomi

Ahli Inggris Tegaskan Adenovirus Tak Pernah jadi Penyebab Hepatitis

Ahli Inggris Tegaskan Adenovirus Tak Pernah jadi Penyebab Hepatitis

JawaPos.com – Para ahli masih bingung menentukan penyebab munculnya wabah hepatitis misterius. Sebagian mengaitkannya dengan Covid-19, yang lainnya menduga adenovirus sebagai penyebabnya. Pasalnya sebanyak 74 anak yang tertular hepatitis misterius memiliki paparan adenovirus di tubuhnya.

Apa itu adenovirus?

Adenovirus adalah virus penyebab penyakit diare secara umum atau diare biasa. Dan virus ini tak pernah menyebabkan hepatitis. Hal itu diungkapkan seorang profesor virologi di Universitas Nottingham, Will Irving. Dia mengatakan kepada Xinhua baru-baru ini dalam sebuah wawancara eksklusif.

Penyelidikan menunjukkan hubungan dengan Adenovirus. Menurut Badan Kesehatan Inggris UKHSA, adenovirus adalah virus yang paling sering terdeteksi dalam sampel yang diuji.

Irving mengatakan adenovirus telah ditemukan pada sekitar tiga perempat dari anak-anak yang dilaporkan, tetapi itu adalah infeksi yang sangat umum pada anak-anak. Ia meyakini bahwa adenovirus bukan virus yang dikaitkan dengan bentuk hepatitis apa pun, apalagi hepatitis yang sangat parah.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top