Ekonomi

Ampuh Minta Pemerintah Segera Selesaikan Persiapan Haji Khusus

Ilustrasi jamaah umroh. Jumlah izin umroh Arab Saudi melonjak selama Ramadhan

IHRAM.CO.ID,JAKARTA–Afiliasi Mandiri Penyelenggara Umroh Haji (Ampuh) berharap pemerintah segera selesaikan persiapan penyelanggaraan haji khusus. Karena waktu keberangkatan jamaah haji sudah semakin dekat.

 

“Pelaksanaan haji khusus tahun ini sudah semakin dekat, sementara banyak sekali hal-hal terkait penyelenggaraan haji khusus ini yang harus segera diselesaikan,” kata Sekjen Ampuh Tri Winarto saat dihubungi Republika, Jumat (13/5/2022). 

Tri mengapresiasi upaya Kemenag yang terus berkoordinasi dengan asosiasi penyelenggara umroh dan haji khusus. Koordinasi ini penting untuk mempercepat penyelesaian persiapan haji 2022.

“Kemarin telah diadakan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Dir Bina Umroh Haji Khusus Ditjen PHU Kementerian Agama bersama PIHK dan asosiasi Haji dan umrah,” katanya.

Tri menyampaikan, ada beberapa hal yang telah disepakati akan dikerjakan Kemenag dari kegiatan rapat koordinasi tersebut. Pertama akan egera diterbitkannya pedoman pelunasan haji khusus.

“Termasuk tahapan-tahapan pelunasan penggabungan jamaah, pelimpahan nomor porsi petugas Haji dan dokumen-dokumen lain,” katanya.

Kedua Kementerian Agama akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik, dan maksimal kepada jamaah haji khusus dan PIHK. Ketiga Kementerian Agama akan berkoordinasi dengan BPKH terkait pengembalian dana haji khusus bersama nilai manfaatnya.

“Kemudian Kemenag juga akan memfasilitasi jika diperlukan untuk pertemuan-pertemuan antara asosiasi dan muassasah terkait kontrak-kontrak layanan haji khusus,” katanya.

Pada rapat koordinasi itu juga bahwa kantor urusan haji (KUH) akan segera mengupayakan agar user ID jama haji segera bisa diterbitkan dalam waktu dekat. Hal ini ntuk mempercepat proses memasukan data haji. 

“Demikian update terkini terkait dengan kegiatan Haji Tahun 2022,” katanya.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top