Ekonomi

Attack Mode, Salah Satu Keunggulan Sirkuit Formula E Jakarta

Attack Mode, Salah Satu Keunggulan Sirkuit Formula E Jakarta

Vice President Infrastructure & General Affairs Organizing Committee (OC) Jakarta EPrix 2022 Irawan Sucahyono mengatakan, desain sirkuit Formula E Jakarta berbeda dengan negara lain.

Sirkuit di Ancol tersebut memiliki attack mode yang memungkinkan terjadinya overtake atau menyalip. Meskipun tak mudah bagi pebalap untuk melakukannya.

“Ada yang namanya attack mode, di mana tenaga mobil balap akan diperbesar secara elektronik. Kalau pebalap masuk ke attack mode, dia akan dapat tenaga tambahan sehingga akan terjadi overtaking. Tapi overtake tak bisa terjadi jika mobil di depan pembalap ada di racing line yang benar,” kata Irawan di Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Dengan begitu, Irawan yakin ajang balap jet darat listrik yang baru pertama kali di Indonesia itu bakal jadi tontonan seru dan menarik.

“Balapan ini untuk tontonan. Bagaimana agar tontonan ini menarik? Harus ada banyak overtake, harus ada banyak kompetisi di antara pebalap,” katanya.

“Karena bentuk sirkuit di Ancol memungkinkan adanya overtaking, maka event ini akan menarik sekali. Mungkin akan menjadi awal dari bentuk sirkuit Formula E yang lain,” ujarnya menambahkan.

Irawan mengatakan, desain sirkuit Formula E di Jakarta sulit diikuti oleh negara lain.”Karena geometri jalan yang mereka (negara lain) pakai tidak memungkinkan membuat dimensi yang lebih besar pada saat mau masuk tikungan. Biasanya kalau overtake kan dapatnya selalu di trek lurus agak panjang. Nah, di sini kita melibatkan banyak sekali posisi-posisi itu,” ujarnya.

Saat ini, pembangunan sirkuit sepanjang 2,4 kilometer itu sudah 100 persen rampung dan sedang dalam tahap finalisasi untuk membangun fasilitas pendukung seperti panggung penonton, garasi mobil pembalap (paddock) dan pagar pembatas.

Panitia penyelenggara menyediakan sekitar 60 ribu tiket dengan harga paling murah Rp250 ribu dan paling mahal seharga Rp10 juta.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top