Ekonomi

Berlayar Tepi Laut dengan Kapal Pinisi di Pelabuhan Tanjung Perak

alexametrics

Para pengunjung wisata Surabaya North Quay (SNQ) kini punya hiburan anyar. Tidak hanya nongkrong, makan, dan melihat kapal bersandar. Wisatawan juga bisa menaiki kapal pinisi, melihat cagar budaya, dan berlayar menuju Jembatan Suramadu.

EKO HENDRI SAIFUL, Surabaya

KAPAL pinisi Flores Utama Indah jadi primadona anyar pengunjung Pelabuhan Tanjung Perak. Banyak orang yang penasaran dan ingin menaikinya. Bentuk kapal yang artistik jadi daya tarik bagi masyarakat Kota Pahlawan.

Sejak didatangkan Februari lalu dari Labuan Bajo, aktivitas kapal pinisi memang padat. Long trip ke sejumlah pulau terpencil di kawasan Madura sudah dilakoni. Kini kapal menetap di Dermaga Ujung, Pelabuhan Tanjung Perak.

Meski begitu, bukan berarti kapal menganggur. Justru aktivitasnya semakin padat. Sebab, PT Pelindo Properti Indonesia (PPI) bersama pemilik kapal menggelar kegiatan Berlayar Tepi Laut (BTL) secara rutin untuk meramaikan wisata pelabuhan.

Ada short trip yang ditempuh kapal pinisi. Rutenya, Pelabuhan Tanjung Perak–Jembatan Suramadu pulang-pergi (PP). Kegiatan berlayar sambil menikmati pemandangan di sekitar pelabuhan tampak mengasyikkan.

Dan keseruan itu terlihat saat rombongan Universitas Ciputra melakukan kegiatan Special Trip, Sail with Pinisi Boat akhir bulan lalu. Ada 22 orang yang mengikuti kegiatan berlayar. Mereka tampak senang bisa menaiki kapal yang dirancang pada 2017 tersebut. ”Rasanya senang banget. Kami bisa belajar banyak tentang pinisi,’’ kata Vechia Pozinky, salah seorang peserta kegiatan berlayar.

Mahasiswa UC itu berkali-kali selfie di atas kapal. ”Mumpung ada pemandangan menarik,’’ tambah Vechia sambil tersenyum. Ungkapan serupa dilontarkan peserta yang lain. Mereka kagum dengan keperkasaan kapal pinisi. Laju kapal bisa dipercepat atau diperlambat. Angkutan wisata itu juga bisa dibuat diam dan mengapung sambil menunggu penumpangnya selfie.

Program BTL digelar setiap hari. Perjalanan wisata dimulai dari Pelabuhan Tanjung Perak. Selain kawasan pelabuhan, kapal juga mengunjungi kaki Jembatan Suramadu.

”Bukan hanya menunjukkan keindahan alam. Kami juga ingin memberikan pengetahuan terkait kepelabuhanan,’’ kata Manajer Pemasaran PT PPI Mahde Kumar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top