Ekonomi

CDC AS Sebut Zona Merah Hepatitis Misterius Meluas ke 24 Negara Bagian

5 Anak Meninggal Akibat Hepatitis Misterius, Mayoritas Dirawat

JawaPos.com – Amerika Serikat terus mencatat penambahan kasus hepatitis misterius. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS sedang menyelidiki 109 kasus yang meluas ke 24 negara bagian dan Puerto Rico.

Wakil Direktur CDC dr. Jay Butler menyelidiki 5 kematian di AS terkait wabah tersebut. Sebagian besar dari 109 anak memerlukan rawat inap dan 8 anak membutuhkan transplantasi hati.

“Dua minggu lalu, hanya 11 kasus di AS yang telah diidentifikasi. Di seluruh dunia, setidaknya 228 kasus serupa telah dilaporkan di 20 negara,” sebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Hepatitis mengacu pada peradangan hati, yang biasanya disebabkan oleh salah satu virus hepatitis yakni hepatitis A, B, C, D dan E. Akan tetapi, dalam kasus baru-baru ini, virus ini tak jelas apa penyebabnya.

Kasus pertama yang dilaporkan di AS terjadi di Alabama pada Oktober 2021. CDC lantas mengeluarkan peringatan dan laporan tentang 9 kasus. Anak usia antara 1 dan 6 tahun, dinyatakan positif adenovirus. Dan, 5 dari anak-anak di Alabama dites positif untuk jenis adenovirus tertentu yakni adenovirus 41.

“Dalam kasus di AS secara keseluruhan, adenovirus terdeteksi pada setengah dari pasien,” kata CDC.

Berikut negara bagian di AS yang melaporkan kasus hepatitis misterius:

Alabama
Laporan pertama CDC tentang hepatitis misterius pada sekelompok 9 kasus yang tersebar di berbagai bagian Alabama. CDC mengatakan Alabama adalah salah satu dari 24 negara bagian yang sedang menyelidiki kasus tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top