Ekonomi

Cirebon Community Center Diresmikan, Masyarakat Bisa Olah Raga dan Berwisata Pustaka

Cirebon Community Center Diresmikan, Masyarakat Bisa Olah Raga dan Berwisata Pustaka
Peresmian Cirebon Community Center. (Dok Humas Cirebon Power) 
Peresmian Cirebon Community Center. (Dok Humas Cirebon Power)

CIREBON – Cirebon Community Center di Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajpaura, Kabupaten Cirebon resmi dihadirkan bagi masyarakat. Mereksa bisa berolah raga maupun membaca buku di tempat tersebut.

Cirebon Community Center merupakan ruang publik untuk masyarakat yang dibangun oleh Korean Midland Power (Komipo), salah satu investor dalam konsorsium Cirebon Power. Ada beberapa fasilitas yang bisa diakses oleh warga, di antaranya adalah Gelanggang Olah Raga (GOR) dan Perpustakaan.

‘’GOR dan Perpustakaan ini dirancang dan dibangun sejak tahun 2019, seiring dengan pembangunan Pembangkit Cirebon Power unit 2, dan rampung pada 2022,’’ ujar Vice President Komipo, Youngkyu Park, saat meresmikan Cirebon Community Center, beberapa hari yang lalu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di dalam GOR, terdapat beberapa fasilitas olah raga, seperti futsal, bulutangkis, tenis meja dan basket. Sedangkan di dalam perpustakaan, tersedia ribuan buku.

Young menegaskan, pusat komunitas tersebut terbuka untuk masyarakat umum, sekolah dan kelompok masyarakat lainnya. Fasilitas itu juga bisa dimanfaatkan untuk menggelar berbagai kegiatan masyarakat.

Young berharap, Cirebon Community Center bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan siswa secara luas. Pihaknya juga akan mengembangkan program-program khusus di fasilitas tersebut, untuk bisa mengembangkan impian dan merancang masa depan masyarakat.

‘’Cirebon Power akan mengembangkan program-program khusus, bukan hanya menyediakan bangunan,’’ kata Young.

Sementara itu, penanggung jawab Perpustakaan Cirebon Power, Mese Romdhonah, mengatakan, perpustakaan tersebut memiliki lebih dari 2.000 buku, baik buku pendidikan formal maupun non formal.

Beberapa program juga dilaksanakan di perpustakaan, baik itu untuk siswa tingkat sekolah dasar, sekolah menengah maupun bagi pendidik.

‘’Ada wisata kepustakaan untuk siswa SD dan SMP, serta pelatihan dan workshop untuk pengajar,’’ terang Mese.

Beberapa program lainnya, juga kerap dilaksanakan di Perpustakaan Cirebon Power. Seperti, perlombaan literasi dan non literasi maupun kegiatan pembelajaran lainnya untuk siswa. (Lilis Sri Handayani)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top