Ekonomi

Deretan Tokoh yang Mengecam Ruhut Sitompul Soal Meme Anies Baswedan

Kronologi Kasus Ruhut Sitompul Unggah Foto Editan Anies Baswedan, Ujung-ujungnya Minta Maaf

Suara.com – Baru-baru ini, Politikus PDI Perjuangan, Ruhut Sitompul menjadi sorotan publik lantaran mengunggah foto editan wajah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan menggunakan pakaian adat Papua, yakni koteka di media sosial Twitter.

Sontak unggahannya tersebut menuai banyak komentar bahkan kecaman dari berbagai pihak. Bahkan di media sosial Twitter muncul tagar #RuhutLanggarUUITE.

Lantas siapa saja tokoh yang mengecam aksi Ruhut Sitompul tersebut? Berikut ulasannya:

1. Tokoh NU

Baca Juga:
May Day Fiesta, Presiden Partai Buruh Sentil Anies soal Warga Jakut Kesulitan Air Bersih

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Umar Sadat HasibuanIa menilai unggahan Ruhut Sitompul sudah keterlaluan serta kelewatan batas. Tidak hanya itu, tokoh yang akrab disapa Gus Umar ini juga menilai Ruhut Sitompul menjijikkan karena cuitan hoaks dan rasismenya kali ini.

Ruhut ini sudah kelewatan batas hina Anies. Kebenciannya ke Anies sampai sebar hoaks dan hina Anies secara fisik. Ruhut menjijiknya,” tulis Umar Sadat Hasibuan di akun media sosial Twitternya.

2. Eks anggota Ombudsman RI

Mantan anggota Ombudsman RI, Alvin LieIa menilai Ruhut Sitompul hanya menyebar kebencian ketimbang menjadi oposisi yang sehat terhadap Anies. Karena seperti diketahui, Anies Baswedan akan menjadi calon presiden pada 2024 mendatang.

Beda pendapat, beda haluan politik, bahkan rival atau lawan dalam persaingan bidang apapun, tidak patut menjadi alasan untuk memfitnah, mempermalukan, apalagi membenci seseorang,” tulisnya di akun Twitter miliknya.

Baca Juga:
Kronologi Kasus Ruhut Sitompul Unggah Foto Editan Anies Baswedan, Ujung-ujungnya Minta Maaf

3. Mantan Komisioner Komisi Nasional HAM

Mantan Komisioner Komisi Nasional HAM, Natalius Pigai mempertanyakan maksud Ruhut Sitompul mengunggah meme Anies Baswedan yang memakai koteka. Ia mengatakan bahwa apabila foto itu editan, maka unggahan foto Anies Baswedan di Twitter Ruhut Sitompul termasuk ke dalam penghinaan.

4. Komisaris PT Ancol sekaligus loyalis Anies Baswedan

Komisaris PT Ancol, Geisz ChalifahIa mengatakan bahwa penghinaan yang dilakukan oleh Ruhut Sitompul di akun Twitternya terhadap Anies Baswedan itu, tidak usah dibalas.

Biarkan saja mereka dengan masalah sakit jiwanya. Masa kita mau counter orang sakit jiwa, kan tidak mungkin,” sentilnya di akun Twitter.

5. Panglima Komandan Patriot Revolusi 

Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev), Petrodes Mega MS Keliduan atau Mega melaporkan Ruhut atas unggahan meme Anies. Menurutnya, Ruhut telah menyinggung SARA dan menimbulkan kebencian antar suku, ras, dan golongan karena postinganya itu.

Laporan tersebut masuk ke Polda Metro Jaya tertanggal 11 Mei 2022.

Kontributor : Agung Kurniawan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top