Ekonomi

Gresik Berstatus KLB, Nekat Buka Pasar Kambing, Dibubarkan Satgas PMK

alexametrics

JawaPos.com- Kasus meluasnya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Gresik sudah dikategorikan kejadian luar biasa (KLB). Sejumlah pasar hewan pun ditutup atas instruksi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo beberapa waktu lalu. Namun, masih banyak pedagang yang mokong dengan nekat berjualan.

Kemarin (12/5) pagi, di Pasar Balongpanggang dijumpai banyak hewan ternak seperti kambing. Maklum, setiap Kamis biasanya merupakan jadwal pasar tersebut buka. Tidak berselang lama, para pedagang itu pun dibubarkan paksa oleh satgas penanganan PMK.

Camat Balongpanggang Muhammad Amri menyatakan, Kamis memang jadwalnya pasar hewan di Balongpanggang buka. Namun, surat edaran bupati tertanggal 9 Mei memerintahkan penutupan sementara seluruh pasar hewan. Karena itu, para penjual tersebut langsung dibubarkan.

Para pedagang itu terlihat menjual kambing. Meski di Gresik kasus PMK banyak menyerang sapi, kambing juga termasuk yang berisiko. Menurut Amri, para pedagang tersebut datang dari kecamatan luar Balongpanggang. Sebab, para peternak Balongpanggang sudah waswas karena menjadi salah satu wilayah persebaran.

’’Tidak berlangsung lama, pasar sudah steril. Padahal, kemarin para pedagang sudah diimbau agar tidak mengeluarkan ternaknya dulu. Kemudian, informasi pasar ditutup juga sudah menyebar. Tapi, masih ada yang nekat,’’ ujarnya.

Ke depan, pihaknya tetap akan terus mengawasi aktivitas pasar yang ditutup tersebut. Terutama saat jadwal pasar buka pada Selasa dan Kamis. ’’Nanti sejak pagi, ada petugas di sana apabila masih ada yang nekat,’’ tutup Amri.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top