Ekonomi

Hunian Ini Perwujudan Hobi Ngumpul dan Inspirasi dari Traveling

Hunian Ini Perwujudan Hobi Ngumpul dan Inspirasi dari Traveling

Sebuah rumah hendaknya menunjukkan jati diri pemiliknya. Proyek residensial Sharon 21 yang dirancang arsitek Marchela Saragih ini salah satunya. Rumah tersebut merupakan perwujudan dari hobi traveling dan berkumpul yang digemari sang pemilik.

UNTUK bagian depan rumah yang terletak di Kota Bandung tersebut, Marchela tidak bisa banyak merombak karena adanya peraturan developer. Dia pun lebih banyak mengeksplorasi layout dan eksterior bagian belakang rumah itu.

Untung, rumah tersebut memiliki tanah sisa yang cukup luas di bagian belakang. Area itu pun dijadikan taman. Taman itulah yang menjadi sumber masuknya udara dan sinar matahari ke ruangan di dalamnya. Terlebih, ruangan di lantai 1 dibuat open-plan. Ruang tamu yang berada di bagian depan langsung terhubung dengan ruang keluarga, dapur, dan ruang makan tanpa adanya sekat.

EKSPLOR DI BELAKANG: Layout sisi belakang project Sharon 21. Tampak ruang tengah yang menjadi tempat berkumpul dan kamar utama yang terhubung langsung dengan taman. (Marchelarchitect)

Menurut Marchela, hal itu bertujuan mengakomodasi kebutuhan pemilik rumah yang sering menerima tamu. ’’Saat Lebaran kemarin pun penuh dengan keluarga. Tapi, ruangan tetap mumpuni untuk menampung banyak orang,’’ ujar arsitek prinsipal firma arsitektur Marchelarchitect itu kepada Jawa Pos Kamis (12/5) lalu.

Ruangan itu pun makin lega karena bisa terhubung langsung dengan taman belakang. Taman tersebut sengaja dibuat lapang. Hanya terdapat sebuah pohon dan tanaman-tanaman kecil yang mengelilinginya. Lalu, ditempatkan satu set meja kursi piknik yang santai. ’’Memang tidak diberi banyak tanaman agar bisa dipakai untuk berkumpul. Nanti bisa ditempatkan bean bag dan semacamnya,’’ terangnya.

SERASA KAMAR HOTEL: Master bedroom dengan kamar mandi berpintu kaca. Kamar mandi itu dilengkapi bathtub yang dirancang custom dengan material teraso ala resort Bali. (Marchelarchitect)

Keunikan lain dari rumah itu terletak pada kamar utama. Pemilik meminta secara spesifik bentuk kamar yang diinginkan. Sebagai pencinta traveling, pemilik menunjukkan referensi kamar hotel yang pernah didatanginya. ’’Dia ingin merasa seperti tidur di hotel setiap hari,’’ ucap Marchela. Kamar utama pun diperbesar hampir dua kali lipat dari ukuran aslinya. Kemudian, ditambahkan kamar mandi di dalamnya.

Kamar mandi dibuat terbuka dengan dikelilingi pintu kaca. Lalu, bagian dalamnya dilengkapi wastafel dan bathtub yang dirancang custom. ’’Kami cari yang bahannya teraso supaya terasa seperti di Bali,’’ katanya.

Nuansa berlibur pun semakin kental karena kamar itu memiliki akses langsung ke taman belakang. Memberi kesan dekat dengan alam yang menciptakan suasana tropis.


HIGHLIGHTS

(Foto: Marchelarchitect)

Terdapat spot khusus yang dihiasi papan tulis bertulisan menu camilan dan minuman. Spot itu dilengkapi rak untuk menyimpan beragam snack dan gelas serta coffee maker. Area tersebut mengakomodasi kebutuhan pemilik rumah yang suka membeli jajanan. Tamu pun bebas mengambil makanan dan minuman dari spot itu.

Pemilik merupakan penggemar tegel kunci. Material itu menjadi penghias salah satu sudut di kamar mandi tamu. Tegel kunci yang terdiri atas beragam motif dan warna itu meramaikan dinding dan lantai abu-abu polos yang mendominasi kamar mandi.

(Foto: Marchelarchitect)

Mengusung konsep modern minimalis, Marchela tidak ingin rumah itu terasa dingin. Solusinya, ditempatkan beberapa unsur kayu. Di antaranya, meja makan, meja TV, dan lemari dari kayu jati solid. Ada juga kitchen set yang terbuat dari plywood dan decking teras luar dari kayu bengkirai.

Di lantai 2 bagian belakang rumah itu terdapat balkon besar. Balkon itu dibuat multifungsi. Salah satunya menjadi tempat utak-atik sepeda bagi pemilik yang menggemari sepeda.

Sharon 21

  • Arsitek: Marchela Saragih (@marchelarchitect)
  • Luas tanah: 200 meter persegi
  • Luas bangunan: 195 meter persegi
  • Lama pengerjaan: 7 bulan
  • Lokasi: Bandung

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top