Ekonomi

Instruksi Kapolri soal Penanganan Virus PMK yang Serang Hewan Ternak

alexametrics

JawaPos.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memerintahkan kepada jajarannya untuk turut serta melakukan pemgawasan terkait penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak sapi. Koordinasi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) juga terus dilakukan.

Dengan begitu, dinas peternakan di daerah sebagai leading sector terkait adanya penyakit itu, dapat melakukan koordinasi dengan kepolisian setempat. Sehingga tidak terjadi penyebaran penyakit tersebut ke luar wilayah temuan.

“Polri akan bekerja sama dengan Dinas Peternakan Daerah untuk membantu mengawasi penanganan penyakit tersebut agar tidak terjadi pergeseran ke luar dari wilayah temuan,” kata Sigit kepada wartawan, Rabu (11/5).

Mantan Kabareskrim Polri ini menyatakan, dengan adanya sinergitas antara dinas peternakan dan jajaran Polri di setiap wilayah, dapat dilakukan tracing dan pengecekan untuk mencegah penyebaran penyakit ke hewan ternak lainnya. “Sehingga penyakit tersebut bisa kita bantu lokalisasi dan tidak meluas dengan bantuan penjagaan dan pengawasan,” imbuhnyam

Sigit menuturkan, pihaknya siap untuk mendukung langkah Kementan melakukan lockdown sebagai upaya untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut. Pihak Kepolisian juga akan ikut membantu melakukan pengecekan ketat terhadap proses perdagangan hewan ternak.

“Melakukan pengawasan dengan cara penyekatan perdagangan hewan ternak keluar atau masuk pada wilayah tersebut yang mengacu pada dokumen hasil pemeriksaan dokter hewan dari Balai Karantina Dinas Pertanian dan Peternakan,” jelas Sigit.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Sabik Aji Taufan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top