Ekonomi

Kemenag Yakin Penyelenggaraan Haji 2022 Sukses

Biaya Puncak Haji di Arafah Mina Belum Ditetapkan Arab Saudi. Foto: Afiliasi Mandiri Penyelenggara Umroh Haji (Ampuh), menggelar diskusi publik Menuju Sukses Haji Tahun 2022

IHRAM.CO.ID,JAKARTA–Kementerian Agama yakin penyelenggaraan ibadah haji Tahun 2022 sukses dan berjalan lancar sesuai rencana. Hal itu disampaikan Plt Direktur Bina Umroh Haji Khusus

 

Kemenag RI Mujib Roni, saat menjadi pembicara diskusi publik ‘Menuju Sukses Haji Tahun 2022’ yang digelar Afiliasi Mandiri Penyelenggara Umroh Haji (Ampuh), Sabtu (14/5/2022).

“Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 ini yakin akan sukses,” kata Mujib. 

Mujib mengatakan kesuksesan itu dapat dicapai jika semua pihak yang berkepentingan dengan umrah haji baik pemerintah maupun swasta dapat bekerjasama. Karena kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji setiap tahunnya menjadi tanggung jawab bersama.

“Tetapi catatannya adalah satu yang utama adalah kita harus bersinergi,” ujarnya.

Mujib menegaskan, sekuat apapun kemampuan pemerintah mengkoordinasi  penyelenggaraan ibadah haji ini tidak akan berarti. Jika tidak ada kerjasama dari pihak swasta dalam hal ini penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) sebagai penyelenggara haji khusus.

“Artinya sekuat dan sebesar apapun fower yang dimiliki negara, seperti dikata Pak Dirjen PHU, kalau kemudian tidak mendapatkan support dan kerja sama yang baik dengan para PIHK dengan asosiasi menurut saya ini adalah sebuah kemustahilan,” katanya.

Mujib menegaskan, keterbatasan waktu persiapan penyelenggaraan ibadah haji harus disikapi dengan percaya diri. Jangan sampai singkatnya waktu persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini mengurangi rasa optimisme sukseskan penyelenggaraan ibadah haji. 

“Maka kemudian keterbatasan-keterbatasan yang ada harus kita sikapi secara optimis,” katanya.

Menurutnya, saat ini tidak ada pilihan lain selain optimis bahwa penyelenggaraan ibadah haji harus disukseskan. Untuk itu pihak swasta dalam hal ini PIHK membantu kerja pemerintah mempersiapkan persiapan penyelenggaraan ibadah haji.

“Kita harus optimis, kita harus bersinergi, kita harus berangkat dan duduk bersama untuk bisa menyelenggarakan haji khusus ini dengan sebaik – baiknya,” katanya.

Mujab mengatakan semua tahu bahwa persiapan penyelenggaraan haji tahun ini sangat singkat. Sehingga membuat banyak kekurangan dalam beberapa hal. 

“Meskipun kita punya berbagai keterbatasan, perusahaan juga keterbatasan SDM nya waktunya dan seterusnya,” katanya.

Menurutnya, selain swasta yang memiliki banyak keterbatasan, pemerintah juga sama dibatasi dengan waktu dan sumber daya manusia (SDM) untuk mempersiapkan penyelenggaraan haji tahun ini

“Di sisi yang lain kami juga punya keterbatasan, keterbatasan anggaran juga terbatas SDM, kemudian waktu juga sangat terbatas,” katanya.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top