Ekonomi

LRT Jabodebek Beroperasi Secara Komersial Desember 2022 atau Awal Tahun 2023

LRT Jabodebek Beroperasi Secara Komersial Desember 2022 atau Awal Tahun 2023

Suara.com – Light Rail Transit atau LRT Jabodebek akan beroperasi secara komersial di bulan Desember 2022 atau paling telat awal tahun 2023. Hal itu dinyatakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI.

Kekinian proyek LRT masuk tahap operasional komersial LRT Jabodebek. Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan bahwa nanti pada Agustus 2022 akan ditandai dengan demo daripada grade of automation (GOA) 3 di beberapa lintas pelayanan.

Kemudian akan diteruskan pada Oktober 2022 akan dilakukan trial run.

Pada saat trial run akan diskenariokan LRT ini sudah beroperasi seperti biasa, namun belum ada penumpangnya.

Baca Juga:
Capai 45.980 Pemudik Manfaatkan Jasa Kereta Api Ketika Libur Idul Fitri 1443 Hijriah

Sampai dengan saat ini total progress proyek secara menyeluruh yakni 81,75 persen. Milestone-milestone yang ada sekarang itu KAI sedang menjalankan testing dan commissioning.

“Baru pada saat Desember 2022 atau awal tahun 2023, akan dimulai tahap operasional komersial daripada LRT Jabodebek ini. Mohon doa restu masyarakat agar penyelesaian ini bisa berjalan lancar, dan Insya Allah ini akan kita mulai di akhir 2022 atau awal tahun 2023,” ujar Didiek dalam seminar daring di Jakarta, Kamis.

“Dengan demikian kalau masyarakat melihat ada lintasan-lintasan LRT yang sedang dijalankan, maka itu dalam rangka melakukan testing dan commissioning,” lanjut Didiek.

LRT Jabodebek merupakan proyek strategis nasional yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan transportasi dalam mendukung pembangunan di wilayah Jabodebek.

Pemerintah menginisiasi pelaksanaan percepatan pembangunan sarana dan prasarana Light Rail Transit (LRT) terintegrasi dengan menugaskan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) selaku BUMN yang juga memiliki tujuan sebagai agen pembangunan (Agent of Development).

Baca Juga:
Ratusan Calon Penumpang Ditolak Naik Kereta Api Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022, Kenapa?

LRT Jabodebek diharapkan menjadi salah satu moda yang dapat diandalkan untuk mengurangi kemacetan di Jabodebek.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top