Ekonomi

Masih Banyak Calon Penumpang KA Belum Paham Aturan Baru

alexametrics

JawaPos.com– Sosialisasi terkait dengan aturan naik kereta api (KA) sudah dilakukan secara masif. Meski begitu, belum semua memahami dan menegakkan aturan tersebut. Puluhan calon penumpang gagal naik KA karena tak memenuhi persyaratan.

Berdasar catatan PT KAI Daop 8 Surabaya, tercatat ada 36 calon penumpang yang ditolak selama masa angkutan Lebaran 2022 periode 22 April hingga 9 Mei 2022. Penolakan terjadi lantaran penumpang tak memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan melalui Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 39 dan 49 Tahun 2022.

Manajer Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif menjelaskan, penumpang tak diizinkan berangkat karena beberapa persoalan. Ada yang tak bisa menunjukkan bukti vaksinasi. Selain itu, ada calon penumpang yang baru mendapat vaksin dosis pertama dan tak bisa menunjukkan hasil tes PCR.

”Ketidaklengkapan persyaratan diketahui saat boarding,” kata Luqman. Menurut dia, instansinya berkomitmen menegakkan aturan. Tindakan tegas dilakukan untuk mencegah persebaran virus.

PT KAI Daop 8 Surabaya mencatat, ada 256.528 pelanggan KA jarak jauh yang berangkat selama 22 April sampai 9 Mei 2022. Jumlah penumpang turun mencapai 265.081 orang. Kereta yang mengarah ke Jakarta, Bandung, dan Banyuwangi paling banyak dinaiki masyarakat.

”Pada masa angkutan Lebaran 2022 ini, puncak tertinggi arus mudik terjadi pada Jumat (29/4) atau H-2 sebanyak 21.764 pelanggan yang berangkat,” jelas Luqman.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top